Buat Memori HP Lega dengan Menghapus File Lainnya di Xiaomi

Bagi pengguna Xiaomi, mendapati notifikasi Pengunduhan Gagal sudah biasa. Umumnya hal itu terjadi karena kapasitas memori penyimpanan yang sudah terlalu penuh sehingga membuat pengunduhan aplikasi, gambar, video, dokumen atau jenis file lainnya pun gagal untuk dilakukan maka perlu adanya cara menghapus file lainnya di Xiaomi.

Biasanya file yang penuh dikarenakan adanya file sampah, cache, data aplikasi, thumbnail, data MIUI dan lain sebagainya. Untuk file cache banyak yang menghapusnya secara berkala di saat performa hp terasa lambat kinerjanya. Namun tak demikian dengan jenis file lainnya yang banyak memiliki status tersembunyi.

Secara otomatis harus dilakukan proses pembersihan secara khusus dengan menggunakan prosedur yang ada di dalam hp Xiaomi. Dan tenang saja, karena untuk cara ini tak membutuhkan aplikasi karena yang dibutuhkan adalah tahapan untuk menghapus file lainnya yang tersimpan di dalam memori penyimpanan hp Xiaomi.

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Agar Memori HP Lebih Lega

Dalam artikel berikut ini, akan dibahas tentang cara menghapus file lainnya di ponsel Xiaomi agar supaya kapasitas memori hp menjadi lebih lega. Hal itu akan memudahkan proses pengunduhan file lainnya yang dibutuhkan untuk disimpan di HP.

1. Buka File Manager di HP yang digunakan. Lalu klik menu yang ada di pojok kiri sebelah atas, pilih opsi Setelan untuk mencentang Tampil Berkas Tersembunyi.

2. Setelah menu Tampil Berkas Tersembunyi sudah diaktifkan, selanjutnya kembali ke tampilan File Manager bagian depan.

3. Pilih menu folder yang memiliki ikon bergambar folder yang berada di sebelah atas di bagian kanan dari ikon bergambar jam.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Video, Foto Dan File di Xiaomi

4. Akan terlihat berapa kapasitas memori penyimpanan yang sudah terpakai. Jika lebih dari 80 persen, hal itulah yang menyebabkan memori menjadi cepat penuh dan proses unduh pun akan terhambat.
Nanti akan coba dilakukan perbandingan berapa persen kapasitas memori penyimpanan setelah dilakukan cara menghapus memori penyimpanan.

5. Berikutnya adalah dengan memilih folder MIUI, klik opsi tersebut untuk kemudian memilih menu Gallery lalu pilih Cloud dan yang terakhir pilih opsi Cache.

6. Akan terlihat semua file sampah yang tersimpan dalam HP. Tandai semua file tersebut hingga tanpa sisa. Lalu klik untuk menghapus file tersebut.

7. Setelah proses itu selesai dilakukan, berikutnya adalah dengan mengetik di menu pencarian untuk kata kunci Thumb. Setelah itu akan segera muncul semua file yang sudah tidak terpakai di hp. Tandai semua file kemudian hapus dengan cara menghapus file lainnya di Xiaomi.

8. Masuk kembali ke menu pencarian untuk mengetik kata kunci “cnt”, pilih semua file yang tampil untuk kemudian dilakukan proses penghapusan.

9. Ketik kata kunci “apk” yang kemudian akan muncul file sampah dari aplikasi yang pernah diinstall namun gagal. Tandai dan hapus semuanya.

10. Lalu ketik kembali kata kunci “web” di kolom pencarian. Akan tampil semua stiker WhatsApp yang sudah pernah dikirimkan oleh teman WA. Tandai dan hapus semuanya tanpa sisa.

11. Ketik juga kata kunci “PNG” akan tampil file dengan format PNG yang sudah tak terpakai lagi. Tandai dan hapus semua file tersebut.

12. Masih di kolom pencarian, ketik kata kunci “gif” kemudian setelah tampil semua file gif berikutnya bisa dihapus semuanya.

13. Ketik kata kunci berikutnya yaitu “xml”. Setelah terlihat file sampah yang ada, tandai dan hapus semuanya.

14. Langkah yang terakhir adalah untuk kata kunci “cy”. Akan muncul tampilan semua menu duplikat yang ada. Tandai dan hapus semuanya tanpa sisa.

15. Nonaktifkan kembali opsi Tampil Berkas Tersembunyi yang tadi baru saja dibuka di langkah pertama. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari terhapusnya file system secara tidak sengaja jika file tersebut masih terlihat di deretan file yang ada di memori penyimpanan hp.

Baca juga : Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di Xiaomi

Setelah semua proses yang disebutkan di atas sudah selesai dilakukan. Berikutnya adalah untuk menonaktifkan smartphone beberapa saat. Setelah itu nyalakan kembali smartphone tersebut. Akan terlihat di file manager adanya perbedaan yang cukup jauh jika dilakukan cara menghapus seperti yang diberitahukan pada ulasan di atas.

Proses menghapus file lainnya juga bisa dilanjutkan untuk menghapus sisa file yang tak terpakai namun masih tersimpan di HP. Biasanya masih banyak file dengan format foto, video hingga dokumen yang tertinggal karena masih terhitung file baru di hp tersebut.

Lakukan dengan teliti dan cermat agar supaya tak kehilangan file penting yang seharusnya disimpan di hp tersebut.

Itulah beberapa langkah mudah untuk cara menghapus file lainnya di Xiaomi agar supaya memori penyimpanan hp menjadi lebih lega. Dan cara tersebut dilakukan pada jenis hp Xiaomi sehingga mungkin saja pengaturan yang ada bisa berbeda pada jenis hp lainnya. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar