Cara Menyalakan Lampu Led Dengan Baterai

Cara Menyalakan Lampu Led Dengan Baterai ( Joule Thief ) – Hallo Kawan! Selamat datang di Tengku Tutorials, Web yang berisi artikel yang sangat bermanfaat dan dibuat dengan rapi demi kenyamanan pembaca, karena visitor is king, Artikelnya sangat bermanfaat termasuk Artikel yang satu ini mengenai Cara Menyalakan Lampu Led Dengam Baterai ( Joule Thief ) , rangkaian Joule Thief yaitu sebuah rangkaian yang dapat dengan mudah menyalakan lampu LED hanya denga menggunakan Aliran Baterai, Kali ini Tengku akan bahas tutorialsnya, simak baik baik ya kawan artikel Cara Menyalakan Lampu Led Dengan Baterai Nya.
Rangkaian ini serinv disebut dengan nama Joule Thief yang berarti bisa menyalakan lampu led hanya menggunakan daya dari Baterai saja, dan lampu led harus mempunya tegangan maksimal 3Volt, jangan lebih, dengan menggunakan 1 Baterai juga sudah cukup, ukuran Volt 1 buah baterai adalah 1.5 Volt.

Cara Menyalakan Lampu LED Dengan Baterai

Rangkaian Joule Thief ternyata bisa menyalakan lebih dari 1 lampu lho kawan ! bahkan bisa menyalakan lampu dengan jumlah 35 Lampu , Keren bukan? dengan mengikuti tutorial ini secara tidak langsung Anda juga sudah belajar mengenai teknik listrik, untuk mengikuti tutorial ini tidak perlu modal yang besar, bisa menggunakan komponen bekas Lampu, Charger dan lain lain.
Joule Thief bisa menjadi alternatif jika tiba tiba mati lamu, tidak ada lilin, senter habis baterainya, Gadget habis baterainya Anda bisa memanfaatkan baterai jam untuk menyalakan lampu Led sebagai penerangan saat mati lampu, manfaatnya banyak, Tengku akan bahas tutorialnya dibawah.
Jika Anda sudah pensaran bagaimanasih caranya menyalakan lampu Led dengan baterai? yang seperti apa rangkaian Joule Thief itu? Tenang kawan, tengku akan bahas tutorial dan bahan bahan yang diperlukannya, simak tutorial dibawah ini ya kawan :

Sebelum lanjut ke tutorialnya, ada bahan bahan yang harus Anda siapkan sebelumnya, apa bahan bahannya? berikut bahan untuk membuat Joule Thief :

  • Solder
  • Alat Penyedot Timah ( Attractor )
  • 1 Buah Obeng ( – )
  • Lampu Led Bekas, Kabel Secukupnya
  • Transistor 13002 atau 13001 ( Satu Buah )
  • Resistor Ukuran 33Ohm ( 1 buah ) dan Toroid atau kabel yang isinya hanya satu kawat saja. dan jangan lupa siapkan Timah
Bahan bahan diatas bisa Anda cari dibekws Komponen lampu yang sudah tidak terpakai. Jika bahan bahannya sudah lengkap, lanjut ketutorialnya, simak tutorialnya berikut ini:

  • Cari Mesin Bekas lampu yang sudah rusak, lalu buka sampai mesinnya bisa diambil.
  • Nah jika sudah dibuka maka akan seperti ini, lalu ambil komponen yang dilingkari kuning seperti gambar dibawah ini , Anda bisa mencopotnya menggunakan Solder dan sedikit timah.
Cara Menyalakan Lampu Led Dengan Baterai
  • Jika sudah dicopot, selanjutnya siapkan dua kabel dengan ukuran panjang yang sama, dan lilitkan satu arah pada komponen yang Anda copot Tadi ( Toroid )

  • Jika kedua kabel sudah dililit dengan rapi, selanjutnya perhatikan untuk kaki transistor 13001 atau 13002 , untuk contoh dibawwh menggunakan kaki B-C-E .
Joule Thief

  • Tidak semua kaki transistor sama, terkadang ada yang berbeda jadi Anda tinggal menyesuaikan saja.
  • Selanjutnya Tempelkan satu kabel dengan kabel yang lain, sebagai contoh digambar ini kanel ujung kuning dengan kabel berwarna hitam, Lihat gambar dibawah ini :
Joule Thief
Menyalakan lampu led dengan baterai

  • Terakhir Anda harus menyambungkan kabel Berlambang ( + ) dan ( V – ) dengan lampu LED ( V+ dan V- ) ke baterai berukuran 1,5Volt, Selamat Anda berhasil menyalakan lampu Led dengan baterai.
Demikian tutorial mengenai Cara Menyalakan Lampu Led Dengan Baterai ( Joule Thief ) jika Ada yang kurang jelas bisa Anda tanyakan dikolom komentar, semoga Artikel ini bermanfaat, jangan lupa Bagikan Artikel ini jika berhasil, Terimakasih telah mengunjungi Tengku Tutorials, Jangan ketinggalan Artikel menarik lainnya, Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *