Cara Mudah Memperbaiki TV Tidak Ada Suara Tetapi Gambar Ada

Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara – Kerusakan pada tv sering terjadi biasanya karena umur yang sudah terlalu tua atau karena kurang perawatan, kerusakan tersebut bisa terjadi pada tv LCD atau LED dan juga tabung, salah satu kerusakan yang umum terjadi adalah tv tidak ada suara tetapi ada gambar.

Tentunya kurang asik jika kita menonton acara di televisi namun hanya bisa melihat gambarnya saja tanpa mendengarkan audio, bukan karena berisik atau yang lainnya, tetapi memang tv tersebut rusak pada bagian suaranya, penyebab kerusakan ini bervariasi.

memperbaiki tv tidak ada suara

Biasanya tv yang tidak ada suaranya rusak pada bagian speaker yang putus, namun selain pada bagian itu juga, ada komponen lainnya yang perlu Anda cek jika ingin memperbaiki kerusakan tersebut, kasus ini biasa terjadi pada TV samsung, sharp dan LG.

Baca: Cara Cek Mosfet Menggunakan Multitester

Pada kesempatan kali ini Admin akan mencoba membagikan pengalaman mengenai cara memperbaiki tv rusak tidak ada suara, di artikel ini Admin akan memberikan beberapa solusi dan penyebab kenapa suara tv tidak ada, sudah penasaran? berikut tutorialnya :

Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara

1. Periksa Kondisi Speaker

Pada dasarnya audio atau suara yang keluar dari TV berasal dari speaker dan biasanya setiap tv memiliki setidaknya 2 speaker di bagian kanan dan kiri, jika komponen ini rusak, sudah jelas tidak akan ada suara yang keluar dari tv Anda selain gambar saja.

Pertama yang harus Anda cek adalah bagian speaker, bisa di cek menggunakan multitester analog ataupun digital, apakah speaker masih dalam keadaan baik atau sudah rusak (putus).

Jika memang benar speaker tv tersebut putus, Anda harus segera mengganti dengan yang lainnya dan tentunya masih dalam keadaan baik, jangan lupa mencoba dulu sebelum menutup bagian casing tv Anda.

Baca: Cara Membuka TV Cina Yang Terkunci Atau Muncul Gambar Gembok

Namun jika ternyata keadaan speaker normal tidak putus atau tidak ditemukan kerusakan pada bagian speaker, berarti ada komponen lainnya yang rusak atau lemah dan tentunya masih berhubungan dengan speaker yaitu IC Audio.

2. Periksa Kondisi IC Audio

Penyebab lain yang mengakibatkan tv kesayangan Anda menjadi Bisu adalah karena terjadi kerusakan pada komponen IC Audio atau IC Suara, biasanya karena ada bekas solder yang tidak benar benar menempel sempurna.

IC Audio tidak berfungsi biasanya disebabkan karena ada beberapa solderan yang tidak menempel dengan benar atau longgar dan biasanya kurang timah yang menyebabkan IC Audio tidak bisa terkoneksi dengan speaker TV.

Jadi pastikan keadaan IC Audio benar benar dalam keadaan baik, lalu jangan lupa juga cek spekaer apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, jika ada bagian yang longgar  Anda bisa menyolder ulang sampai benar benar menempel.

Anda juga harus mengecek kondisi Elco dan Resistor yang posisinya masih berdekatan dengan IC Audio, biasanya jika keadaan IC Audio normal tetapi suara tetap tidak Ada, Anda harus periksa juga elco dan resistornya.

Selain Elco dan Resistor, Anda juga harus mengecek kondisi Dioda yang masih menuju ke IC Audio, cek kondisinya dan pastikan apakah Dioda tersebut rusak atau masih berfungsi dengan baik.

Jika ternyata Speaker, Elco, Resistor dan Dioda yang menuju IC Audio normal, berarti kerusakan ada pada IC Audio dan Anda harus mengganti dengan yang baru dan sesuai dengan tipe IC Audio yang ada pada TV Anda.

Akhir Kata

TV tidak ada suara serig terjadi pada berbagai merek yang berbeda, diantaranya adalah tv samsung, sharp, lg, sanken, baik itu Led, Lcd ataupun tv tabung, untuk memperbaikinya berbeda cara anatara tv tabung dan led atau lcd, jadi Anda harus mencari tutorial yang lebih rinci lagi.

Baca: Cara Cepat Flashing TV LED Toshiba

Itulah beberapa tips untuk mengatasi masalah suara tidak ada pada tv sesuai pengalaman Admin sendiri, jika ada pertanyaan mengenai kerusakan televisi lainnya, Anda bisa bertanya melalui menu Contact pada bagian paling bawah, jika ada waktu luang pasti Admin akan segera merespon pertanyaan Anda, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *