Cara Paling Mudah Edit SystemUI Lollipop

Cara paling mudah edit systemUI lollipop adalah cara yang sering dicari bagi Orang yang ingin bisa mengedit system di Andoid,Biasanya yang mencari tutorial ini yaitu cara edit systemui lollipop adalah tukang oprek atau programmer pemula yang ingin bisa merombak system, pertama system android dulu, baru beralih ke komputer, karena System Android lebih mudah di edit dari pada komputer. ada banyak jenis systemUI yang ada diandroid ini, salah satunya SystemUi.Apk Jelly bean, Kitkat, Lollipop, Marsmellow, Nougat dan yang paling terbaru adalah systemUi Oreo. Di hp yang berbasis Android pasti sudah diinstal apk bernama systemUi, karena jika Android tidak diinstal itu tidak bisa dioperasikan karena dikatakan belum sempurna. pada dasarnya semua SystemUI bisa di Edit salah satunya SystemUI Lollipop. Simak tutorial cara edit systemui Lollipop.

Selain SystemUi, ada banyak lagi bagian bagian di Android, salah satunya adalah Framework. Framework tidak jauh beda fungsinya dengan systemUi hanya saja framework lebih penting dibanding systemUI, apa saja bagian dari Framework? Salah satunya adalah Default Walpaper, dan icon icon yang ada di Android, begitupun Systemui, tetapi ukurannya lebih besar Framework. Sudah bisa dikatan hebat jika Anda bisa edit atau meretas system Android, karena skill seperti itu jarang digunakan, seperti skill HTML, CSS+ dan bahasa program lainnya.
Saya sendiri sering mengedit systemUi khususnya Lollipop, Framework, mengedit aplikasi, dan masih banyak lagi yang sudah saya coba, apakah itu mudah? Tentu saja untuk pertama kali mencoba saya gagal, kenapa? Karena ada cara yang terlewat, Lalu Bagaimana Jika Anda Salah Mengedit System Android? Banyak permasalahan yang diakibatkan dari salah edit, seperti handphone Bootlop atau stuck dilogo, Status bar hilang, Corrupt systemui atau kerusakan pada system Android dan masih banyak lagi, tetapi dengan belajar dan belajar dari pengalaman sebelumnya. Akhirnya saya bisa dan sudah lancar dalam soal edit systemui Android. Menurut saya lebih mudah mengedit sinyal di Android karena hanya mengganti icon.png saja, misalkan awalnya Android Anda sinyalnya H+, anda bisa mengantinya menjadi 4g, 5g ,6g dan seterusnya. Keren bukan?

Apa Itu SystemUi.Apk Lollipop?


System Ui adalah sistem user interface atau penghubung / tatap muka dimana memuat pengaturan segala hal tentang tampilan. Dengan mengubah system Ui kita bisa mempercantik tampilan Android misalnya mengubah Icon default, Status bar, perintah tulisan misalnya Tulisaan Baterai lemah, kita bisa ubah sesuka Hati. Seperti yang saya jelaskan diatas, SystemUI di Android ada banyak jenisnya, yang terbaru adalab Oreo. Tapi sekarang saya akan bahas edit systemUI lollipop saja. Oleh karena itu sebagai pengguna Android wajib tahu juga apa yang ada di Android , tidak cuma memakainya saja, karena berkreasi bisa dimanamana. 

Lalu Apa saja kelebihan Android yang ber systemUI Lollipop? Tentunya Android canggih sekalipun memiliki kekurangan dan kelebihan. Berikut kelebihan SystemUI Lollipop :

  • Tampilan Iconnya Keren
  • Fiturnya Canggih
  • Ringan
  • Tampilannya Modern
  • Memiliki fitur yang tidak ada di systemUI dibawahnya.
Kekurangan SystemUI Lollipop:

  • Selama saya menggunakan smartphone Dengan Os lolipop, saya belum menemukan Bug atau kekurangannya. Agar lebih jelas coba Anda cari digoogle 😀
Selain itu, ada syarat sebelum kita mengedit sistem Android. Apa itu syaratnya? Yaitu Android kita harus sudah dalam kondisi ROOT. Sering mendengar kata ROOT tapi belum paham artinya? Berikut penjelasan ROOT:

Pengertian Root Android


Root adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna smartphone khususnya Android, Tablet dan smartphone lain pada sistem operasi Android untuk mendapatkan Hak akses sebebas bebasnya pada berbagai subsistem yang terdapat pada Android. (wikipedia) nah jika sudah pahan semuanya sekarang kita Akan mulai tutorialnya.

Oke langsung saja berikut cara Edit SystemUI Lollipop di Android paling Mudah dan cepat:
Apa saja syarat untuk mengedit sistem Android? Berikut syaratnya :
•Android sudah keadaan ROOT ( Gunakan aplikasi KingRoot jika belum di Root)
•Siap Menanggung Resiko. DWYR.
Bahan yang harus disiapkan:
• Smartphone Android
•Aplikasi ROOT Eksploper (Download Diplay store.
•Menyiapkan bahan yang ingin diedit.
Stepnya sebagai berikut :
1. Pertama install dan buka aplikasi Root Eksploper pada Smartphone Anda.
2. Cari folder yang bertuliskan System. Lihat gambar dibawah ini.
Cara edit systemUI.apk Di Android lolipop
3. Selanjutnya, buka folder system dan cari Folder Priv App ( Untuk Android Lolipop+) jika Kitkat atau Jelly bean maka Buka folder App.
4. Setelah itu, cari dan buka folder yang bertuliskan SystemUI.
5.jika sudah ada SystemUI.apknya, selanjutnya Tap / klik tahan lalu pilih Ekstrak seperti gambar dibawah ini.
6. Tunggu proses ekraksinya selesai. Jika sudah selesai pilih tulisan Go To Eksrak. Seperti gambar dibawah ini.
Cara edit systemUI.apk Di Android termudah
7.Anda akan dialihkan kefolder SystemUi hasil ekstrak tadi, buka SystemUI>Res>Lalu cari folder yang ingin Anda edit. Jika ingin edit sinyal buka Folder Drabwle Hdpi-V4 setelah folder Res tadi.
8. Jika sudah selesai edit, langkah selanjutnya kembali kefolder yang bertuliskan SystemUI hasil Ekstrak tadi. Lihat gambar ini :
9.Tap folder systemui tadi lalu pilih folder zip this folder. Tunggu prosesnya selesai. Kemudian pilih tulisan Go to Zip.
10. Anda akan dibawa ke file hasil Zip tadi, filenya bernama SystemUI.Zip. nah lalu tap dan tahan sistemUi zip tadi. Lalu pilih Rename ( Ganti nama) menjadi SystemUI.Apk seperti gambar dibawah ini:
Cara edit systemUI.apk Di Android lolipop dan kitkat
11.jika sudah diganti namanya klik OK, lalu tap dan tahan lagi file yang tadi di ganti nama, lalu pilih tulisan Move.
12.setelah pilih move, pilih tulisan ROOT dipojok kanan atas. Seperti gambar dibawah ini :
Cara edit systemUI.apk Di Android
13.setelah klik root, lalu klik tulisan Move here dipojok kiri bawah. Lihat gambar dibawah :
Cara mengatasi sistemUI telah berheti
14. Jika sudah klik move ,nanti ada izin akses root. Klik saja Ijinkan. Lihat gambar dibawah ini:
Cara mempercantik tampilan Android
15. Lalu cari file SystemUI.Apk yang di move ( pindahkan) tadi. Dan tap tahan file systemui.apknya lalu pilih tulisan Permissions. Lihat gambar dibawah ini.
Cara decompile recompile
16. Setting permission harus seperti gambar dibawah ini:
17. Lalu klik ok. Cari lagi file systemui.apk yang diubah permissionsnya tadi. Lalu klik tap tahan dan pilih MOVE.  Pindahkan kefolder System>Priv-app>SystemUI> lalu klik move dipojok kiri bawah.
Cara edit systemUI.apk Di Android tebaru!
18. Selesai, restart Android anda. Jika berhasil maka tampilan yang Anda edit akan berubah sesuai kemauan Anda tadi.
Semoga setelah melihat artikel Cara mudah edit systemui lollipop ini anda bisa lebih paham lagi mengenai sistem android. Dan Anda juga bisa membagi ilmunya keteman atau siapapun yang minat belajar soal ini. Jika ada yang kurang jelas, tanyakan di kolom komentar dibawah. 
Semoga bermanfaat , lain waktu saya akan buat tutorial edit framework di Android. Sekian dan terimakasih…

Jika Artikel Ini Membantu, Bagikan Ke Sosial Media Anda : )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *