Corel Draw X8 Tidak Bisa Diinstal? Ini Penyebab & Solusinya

corel draw tidak bisa diinstal

Corel Draw adalah salah satu software editing dengan banyak pilihan fitur canggih, Anda bisa membuat denah, desain baju dan lainnya menggunakan software ini. Namun tidak jarang ada orang yang kesulitan mencari solusi Corel Draw tidak bisa diinstal khususnya pada Windows 10.

Saat ini, versi Corel Draw paling tinggi adalah X8 dengan tambahan fitur dan sedikit perubahan tampilan pada setiap bagian menunya dibanding versi yang lama, bagi Anda yang ingin menginstal versi terbaru mungkin akan mengalami sedikit masalah pada proses instalisasi.

Tutorial ini kami buat berdasarkan pengalaman pribadi dan sudah terbukti berhasil pada Windows 10, gagal install Corel Draw X8 biasanya ditandai dengan pesan berbahasa inggris, jika ditermahkan kurang lebih artinya adalah:

Anda tidak dapat menginstal produk ini karena versi lain sudah diinstal. Untuk menginstal produk ini, Anda harus terlebih dulu menghapus instalasi versi yang ada

corel draw tidak bisa diinstal

Solusi Corel Draw Tidak Bisa Diinstal

Peringatan error diatas sebenarnya bisa menjadi petunjuk jika Anda mencoba mencari tahu apa arti dari peringatan tersebut, penyebab corel draw X8 gagal di instal khususnya pada windows 10 adalah karena:

1. Corel Draw Lama Masih Terinstal

Dari peringatan diatas, maksudnya adalah masih ada produk lain yang terinstall di perangkat Anda, produk tersebut bisa berupa corel draw yang belum dihapus, jadi ketika ingin menginstall corel draw X8 pastikan Anda sudah mencopot corel draw versi lamanya agar tidak bentrok

2. Uninstall Microsoft Visual C++

Saya sudah menghapus corel draw versi lama tetapi kenapa peringatan error masih tetap ada? berarti produk yang dimaksud bukanlah karena adanya corel draw yang belum dihapus.

Jika Anda perhatikan, saat proses instal berlangsung pesan error muncul ketika Corel Draw mencoba memasang Microsoft Visual Studio 2015 dan Microsoft C++.

Jadi Anda harus uninstall aplikasi pendukung diatas, untuk Windows 10 caranya cukup mudah, simak tutorial dibawah ini:

  • Pertama, buka Control Panel pada Windows 10 Anda.
  • Lalu pilih tulisan ” uninstall program (dibawah menu Programs) “
  • Akan ada banyak daftar software yang terinstal di perangkat Anda, cari dan hapus aplikasi pendukung dengan nama Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable X64 bit & X32 bit, jika tidak ada versi 2015, Anda bisa menghapus versi 2017 atau Microsoft Visual C++ lainnya yang lebih tinggi dari 2015.
corel draw tidak bisa diinstal
  • Setelah berhasil di uninstall, restart perangkat Anda dan silakan coba menginstal Corel Draw X8 kembali.
  • Selamat, proses instalisasi berjalan dengan lancar tanpa adanya pesan peringatan! Cukup mudah bukan?

Jika proses instal gagal namun dengan peringatan yang berbeda, kami sarankan Anda untuk memahami apa maksud peringatan tersebut dan mencoba mencari tahu penyebabnya.

Sekali lagi kami tekankan tutorial ini hanya berlaku untuk Corel Draw X8 dengan peringatan error seperti diatas, selain versi tersebut kami belum pernah mencobanya.

Kesimpulannya, masalah seperti ini tidak selalu terjadi setiap kali menginstall software tersebut di windows 10, namun biasanya hanya terjadi ketika ingin menginstal versi X8 saja.

Sekarang masalah corel draw tidak bisa diinstal sudah teratasi! Anda sudah bisa mulai mengedit dan membuat desain menggunakan Corel Draw versi terbaru, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *