Cara Mengatasi Disk 100% di Windows 7, 8 & 10

1 min read

disk usage 100%

Permasalahan yang sering dialami pengguna Windows adalah semakin lama kinerja laptop atau kompouter semakin melambat, padahal tidak banyak software atau file yang tersimpan, masalah ini sering ditemukan pada Windows 7, 8 dan 10. Salah satu penyebabnya adalah disk usage menjadi 100%, tentunya ini ada yang salah.

Jika disk usage 100 % di windows 7, 8 dan 10 tentunya akan membuat kinerja semakin melambat bahkan sering hang ketika sedang dioperasikan, jika masalah ini dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh pada HDD atau SSD yang terpasang di laptop Anda.

Penyebab disk usage 100% di windows bukanlah hanya satu saja, bisa karena terkena virus yang memakan ruang penyimpanan, masalah fungsi software dan masalah hardware, oleh karena itu, kami akan membantu Anda dengan membuatkan artikel berjudul cara mengatasi disk 100 % di windows, Anda bisa mencoba metode-metode dibawah ini:

Cara Mengatasi Disk 100% di Windows 7, 8 & 10

Ketika laptop terasa lebih lambat dari sebelumnya, maka patut dicurigai bahwa ada hal yang tidak beres, ketika dicek penyimpanan disk, ternyata sudah 100%, dibawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Scan Virus

Cara yang pertama adalah dengan melakukan scanning virus menggunakan software antivirus yang ada, banyak sekali jenis virus dan efeknya jika sudah menyerang laptop kita, inilah alasannya kenapa sangat penting sekali memasang dan mengaktifkan antivirus di windows.

Virus atau malware bisa masuk melalui celah mana saja, seperti file yang Anda download, software asing yang Anda install atau bahkan melalui website yang pernah Anda buka, untuk mencegah dan mengetahui keberadaan virus di windows, bisa dengan menggunakan Antivirus bawaan atau yang lainnya seperti Avast dan Bitdefender.

2. Disable Windows Search

Menonaktifkan fungsi windows search adalah solusi kedua jika cara pertama belum berhasil, dengan mematikan fungsi Windows Search maka kinerja windows akan lebih meningkat dari sebelumnya, mungkin saja bisa mengatasi disk usage 100%.

Disable windows search bisa dilakukan untuk sementara dan permanent, sebagai percobaan Anda bisa menonaktifkan fungsi ini untuk sementara waktu saja, lihat perubahannya apakah disk usage masih 100% atau berkurang.

Untuk melakukan ini bisa dengan menggunakan perintah Command Promt, buka CMD sebagai Admin, lalu masukan perintah seperti berikut net.exe stop “Windows search” lalu klik Enter.

Perintah diatas hanya mematikan fungsi windows search untuk sementara saja, jika ingin menonaktifkannya secara permanent, maka tekan Windows + R kemudian ketik service.msc setelah tekan enter, klik opsi “Windows Search” , maka akan terbuka popup menu windows search properties, dibagian startup type, pilih Disable, seperti gambar dibawah ini:

disk usage 100%

3. Disable SuperFetch Service

Metode terakhir yang harus dicoba adalah dengan mematikan fungsi Superfetch Service, biasanya setelah mematikan fungsi tersebut booting dan kinerja windows 7, 8 dan 10 akan lebih meningkat dan bisa juga memperbaiki disk usage 100%.

Cara menonaktikannya bisa menggunakan Command Promt, buka CMD sebagai Admin, lalu ketikkan perintah net.exe stop superfetch, tekan enter lalu restart laptop Anda, jangan lupa untuk cek penyimpanan disk usagenya.

Itulah beberapa cara mengatasi disk 100% di windows 7, 8 & 10 yang bisa Anda coba, jika cara tersebut masih belum berhasil maka disarankan untuk menginstall ulang windows atau mencoba untuk mengganti HDD, SSD yang terpasang di laptop Anda, semoga bermanfaat!

Cara Mengatasi “Application Not Installed” di Android

Cara Mengatasi Application Not Installed Android – Hallo kawan! Selamat datang di Blog Tengku Tutorials! Kali ini yang akan Tengku bahas adalah mengenai masalah...
Yoga Perdana Saputra
5 min read

Cara Riset Seller Amazon Ship Indonesia (Mudah)

Cara Riset Seller Amazon Ship Indonesia – Hallo kawan! Selamat datang di blog Tengku Tutorials! Kali ini Tengku akan membahas artikel tidak mengenai Android,...
Yoga Perdana Saputra
3 min read

Cara Mengatasi Hp Lenovo Sering Mati/Restart Sendiri

Cara Mengatasi Hp Lenovo Sering Mati/Restart Sendiri – Hallo kawan! Selamat datang di Blog Tengku Tutorials! Apa Anda tahu apa yang akan menjadi pembahasan...
Yoga Perdana Saputra
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *