Daftar Emulator Android untuk PC Ringan dan Cepat

Sedang mencari emulator android untuk pc yang ringan dan tidak membenani performa hardware? Ya, untuk kebanyakan android emulator yang kita kenal memang memiliki ukuran yang besar sehingga dapat memakan resource PC yang cukup banyak. Akibatnya kinerja PC akan menurun dari waktu ke waktu, bahkan jika dipakai pada perangkat dengan spek rendah tentu dapat menyebabkan kegagalan sistem.

Sejatinya android emulator merupakan software yang digunakan oleh para programmer dan developer untuk menguji aplikasi / game android yang telah mereka buat. Namun akhir-akhir ini pemanfaatan android emulator cukup meluas, diantaranya ialah digunakan oleh para gamers agar dapat memainkan game android di PC Windows.

Emulator Android untuk PC Ringan dan 100% Gratis

Sebagai sistem operasi mobile terpopuler, android memang memiliki banyak sekali aplikasi dan game dari berbagai kategori yang berbeda. Namun sayangnya memainkan game di smartphone tidaklah semulus saat memainkannya di PC. Untuk itu banyak developer yang membuat program khusus untuk mengemulasikan android pada Windows. Ini dia beberapa di antaranya:

1.      NoxPlayer – Emulator Android Terbaik

NoxPlayer merupakan emulator android untuk pc ringan terbaik dan paling powerful. Dengan interface yang ramah pengguna, serta opsi kustomisasi yang lengkap menjadikan setiap pengalaman gaming kita jadi luar biasa.

Kalian dapat menggunakan NoxPlayer untuk tampilan HD maupun Full HD dengan lancar karena sudah terintegrasi dengan fitur OpenGL dan DirectX. Selain itu, ada pula pengaturan untuk mengelola penggunaan kapasitas CPU dan RAM.

2.      LDPlayer

Sudah mencoba berbagai android emulator tapi tetap mengalami lag? Memang kebanyakan android emulator tidak akan bekerja dengan baik pada PC / laptop dengan spek menengah ke bawah. Namun tidak dengan LDPlayer, pengalaman “lag free” dijamin akan kalian rasakan begitu menggunakannya.

Hampir semua aplikasi mobile games bisa kita mainkan dengan LDPlayer secara gratis dan tanpa ada iklan. Bahkan kalian akan benar-benar mendapatkan pengalaman yang luar biasa sama halnya saat memainkan game PC yang begitu kompleks, lancar, dan powerful.

Baca juga: Game Ukuran Kecil Offline Terbaik Sepanjang Masa

3.      BlueStacks 4 – Emulator Android untuk PC Ringan Terpopuler

BlueStacks 4 merupakan emulator android untuk pc yang sangat terkenal di kalangan gamer. Dengan jargonnya “simple, fast, more powerful” tentu mencerminkan bahwa Bluestacks begitu ringan dan mudah penggunannya. Bahkan dari developernya sendiri mengatakan bahwa Bluestack 4 lebih cepat hingga 6 kali dibanding Samsung Galaxy S9+.

Jika dibandingkan dengan Bluestack 3, Bluestack 4 memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan fitur yang lebih banyak. Untuk itu bila kalian sebelumnya menggunakan Bluestack 3, maka upgrade dulu ke Bluestack 4 untuk mendapatkan pengalaman yang lebih cepat.

4.      MEMU Play

Walau tak sepopuler LDPlayer, Bluestack ataupun NoxPlayer, Memu Play memiliki UX yang begitu smooth baik digunakan untuk membuka aplikasi maupun game. Bagi kalian yang memiliki perangkat berkapasitas rendah pun tak perlu khawatir lagi bila menggunakan emulator android untuk pc ringan satu ini.

Memu Play didesain secara khusus untuk gaming sehingga baik dari performa, kapabilitas, hingga fitur yang tersedia sangat mumpuni. Beberapa fitur yang menarik ialah smart keymapping, dukungan AMD dan Intel, dan kompatibilitas layar dengan resolusi 4K. Bila kalian menggunakan laptop dengan dukungan touchscreen maka bisa melakukan kustom kontrol langsung dari layar.

Itulah beberapa rekomendasi emulator android untuk pc ringan yang bisa kalian coba. Selamat bermain!

Tinggalkan komentar