Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android

1 min read

file yang tidak bisa dihapus di android

Sekarang kita bisa dengan aman dan mudah menyimpan file pada HP Android, baik itu berupa foto, video, ataupun berkas-berkas penting lainnya. Walaupun demikian, kita tidak bisa menyimpan banyak file karena memang penyimpanan yang tersedia terbatas, dan jika penuh maka harus menghapus beberapa file yang ada.

Terkadang ketika membuka file manager pada penyimpanan android akan terlihat banyak sekali folder dengan nama yang berbeda-beda, tentunya ini sangat mengganggu dan cukup memakan ruang penyimpanan apalagi itu tidak terlalu penting.

Masalahnya, tidak sedikit file atau folder yang tidak bisa dihapus, kenapa ini bisa terjadi? ada banyak penyebab kenapa file tidak bisa dihapus di Android, mungkin saja HP Anda terkena virus atau masalah lainnya yang jarang disadari.

Berbicara mengenai masalah tersebut, kami akan memberikan solusi bagi Anda yang masih dibuat bingung oleh file yang bandel tidak bisa dihapus, demi menghemat ruang penyimpanan, berikut tindakan yang bisa Anda lakukan:

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android

1. Restart Android

Ini adalah langkah awal yang harus Anda lakukan, sebelum mencoba metode lain kami sarankan untuk menyalakan ulang terlebih dahulu HP Androidnya, karena tidak jarang terjadi malfungsi sistem pada Android apalagi jika terlalu dikorsir penggunannya, ini adalah hal yang wajar terjadi.

Salah satu akibat terjadinya malfungsi sistem adalah masalah pada file yang tidak bisa dihapus, jadi langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan Restart Android dan mencoba untuk menghapusnya kembali.

Saya sudah mencoba itu, namun file tetap tidak bisa dihapus? jangan panik dulu! Anda bisa mencoba cara lain dibawah ini:

2. Hapus Melalui Komputer atau Laptop

Punya laptop dirumah? coba manfaatkan itu untuk membantu menghilangkan file bandel pada Android Anda, biasanya hal ini terjadi karena sistem pada Android masuk “read only” yang artinya hanya bisa dibaca saja tetapi tidak bisa dihapus.

Kami sarankan Anda untuk mencoba menghapusnya melalui laptop atau komputer dengan cara menghubungkan HP Android melalui kabel data dan mengakses file tersebut via laptop / komputer lalu menghapusnya.

Biasanya cara ini sudah cukup ampuh sebagai solusi file yang tidak bisa dihapus di HP Android.

3. Menggunakan Aplikasi SDcard Cleaner

Jika file bandel tersebut tersimpan di SDcard, tidak ada salahnya Anda mencoba bantuan aplikasi pihak ketiga bernama SDcard Cleaner, fungsinya adalah untuk menghapus file yang error dan menampilkan file tersembunyi, aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis di Playstore.

4. Cadangkan & Format Data

Ini adalah metode yang cukup membuat Anda berfikir dua kali untuk melakukannya, pasalnya dengan melakukan Format data maka semua file yang tersimpan khususnya di penyimpanan Internal akan lenyap, hal ini tidak akan terjadi jika Anda melakukan Backup (mencadangkan) terlebih dahulu.

Kekurangan menggunakan metode ini adalah mungkin akan kehilangan banyak file apalagi jika tidak terbackup semua dengan alasan terlalu banyak file yang tersimpan disana, selain itu juga Anda harus mengatur ulang HP Android, mengunduh dan memasang ulang aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya, karena Android akan kembali ke pengaturan pabrik.

Kesimpulannya, untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android bisa dilakukan dengan 4 cara seperti diatas, penyebab masalah ini terjadi biasanya karena virus yang tidak sengaja tersimpan, file yang corrupt dan kesalahan sistem Android.

Demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan kali ini, jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di Inovatifku, semoga bermanfaat.

Cara Mudah Memunculkan Opsi Pengembang Di Semua Android

Kali ini saya akan membahas Cara Mudah Memunculkan Opsi Pengembang Di Semua Android- disemua android sudah tersedia banyak fitur canggih, karena sesuai namanya yaitu...
Yoga Perdana Saputra
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *