Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error Tidak Berfungsi

fingerprint-xiaomi-tidak-berfungsi

Cara mengatasi fingerprint xiaomi error sebenarnya mudah, tetapi kenapa sidik jari tersebut bisa tidak berfungsi dengan normal? tentunya bukan karena satu penyebab saja, fungsi fingerprint pada hp xiaomi ini adalah salah satu fungsi andalan yang tidak boleh tidak ada.

Fingerprint adalah sebuah alat elektornik yang berfungsi untuk menerapkan fungsi sidik jari untuk membuka keamanan ponsel, fitur ini sudah hampir merata disetiap smartphone termasuk xiaomi, dengan adanya fingerprint keamanan ponsel kita menjadi lebih baik.

Membaca penjelasan diatas, fingerprint hanya sebuah alat elektronik yang artinya mudah sekali rusak apalagi terkena air atau benda yang lainnya, oleh karena itu tidak heran ada beberapa orang pengguna ponsel xiaomi yang mengalami masalah fingerprint xiaomi tidak berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi masalah itu Anda akan dipandu pada artikel ini mengenai langkah -langkahnya yang tentunya bisa dicoba sekarang juga, selain itu, sensor sidik jari yang rusak dapat menurunkan harga jual hp xiaomi Anda (jika ingin dijual) berikut cara mengataso fingerprint xiaomi error.

Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error Tidak Berfungsi

Sudah tidak menjadi rahasia lagi, xiaomi adalah smartphone yang selalu menyediakan update sistem terbarunya yaitu MIUI yang sekarang sudah tersedia sampai MIUI 10 lebih.

Kenapa saya berbicara tentang update MIUI? karena salah satu penyebab fingerprint tidak bergfungsi adalah karena Anda telat tidak memperbarui MIUI tersebut atau masih menggunakan versi lama padahal file update sudah tersedia.

Tujuan rutin xiaomi mempeberikan Update sistem adalah guna untuk memperbaiki Bug yang ada di versi sebelumnya, karena bug selalu muncul oleh karena itulah selalu ada notifikasi untuk memperbarui MIUI.

Selain itu juga, manfaat menggunakan versi terbaru adalah mengurangi adanya kesalahan fungsi sistem pada ponsel xiaomi Anda, misalnya jaringan 4G yang hilang, banyaknya kesalahan lainnya, iklan yang muncul karena katanya pihak xiaomi akan menghilangkan iklan yang mengganggu.

Kita harus tahu, fingerprint rusak juga bukan karena kerusakan pada hardware saja (perangkat keras) tetapi bisa juga karena kesalahan sistem, salah satu penyebab kesalahan sistem adalah karena Anda tidak pernah memperbarui sistem MIUI, oleh karena itu pastikan MIUI sudah versi terbaru.

Saya sudah memperbaruinya tetapi kenapa masih tetap error? lewati langkah pertama jika Anda sudah menggunakan versi terbaru, apakah Anda menggunakan rom asli xiaomi? jika Anda belum tahu, ada beberapa ponsel xiaomi yang masih menggunakan ROM abal-abal buatan cina.

ROM buatan cina masih dalam tahap pembuatan (BETA) yang tentunya masih banyak kekurangan dan tidak bisa menjalankan sistem dengan semestinya, untuk mengecek apakah hp xiaomi Anda menggunakan rom asli atau abal-abal adalah pastikan angka versi MIUI terdiri dari 3 titik pemisah Angka, contohnya adalah 10.2.3.0, bukan 10.3.2.1.0, berikut contoh rom asli xiaomi:

mengatasi-fingerprint-xiaomi-error

Gawat! ternyata saya menggunakan ROM abal-abal, apakah bisa diganti dengan ROM original? tentunya bisa! Anda harus flashing untuk menggantinya dengan ROM asli xiaomi, yaitu dengan mengunduh ROM asli dan segera melakukan flashing.

Cara memperbaiki fingerprint yang selanjutnya adalah dengan merelakan ponsel Anda untuk diatur ulang/pengaturan pabrik, karena tidak menutup kemungkinan ada virus yang masuk dan menyebabkan kerusakan pada sensor sidik jari.

Sebelum reset ulang ponsel, pastikan Anda tahu email dan kata sandi akun MI, kenapa? karena untuk melakukan pengaturan pabrik Anda terlebih dahulu harus login ke Akun MI, jadi jika tidak tahu atau lupa maka tidak bisa melakukan langkah ini, tetapi tenang, Anda bisa membaca artikel cara memulihkan akun MI lupa sandi/email:

Baca Juga: Cara Bypass Akun MI Cloud Tanpa PC

Kita lupakan masalah software, sekarang pikirkan masalah hardware, fingerprint error bisa saja karena memang ada kerusakan pada perangkat keras, bisa karena sebelumnya terkena air, masuk benda semacam logam kedalam mesin atau yang lainnya.

Pastikan jari Anda tidak basah saat menempelkan jari ke sensor sidik jari, cobalah untuk membersihkan sensor menggunakan lap kering dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel dan menghalangi sensor saat memindai sidik jari.

Selain itu juga bisa jadi flexibel yang menghubungkan sensor ke mesin longgar atau lepas, hal ini bisa terjadi ketika ponsel jatuh, oleh karena itu Anda harus mengecek dengan membuka casing hp dan melihat kondisi flexibel, jika tidak paham jangan nekat untuk memperbaikinya sendiri, karena bisa jadi malah menambah kerusakan, solusinya harus ditangani oleh ahlinya (servis)

Akhir Kata

Mungkin hanya itu tips yang bisa Admin bagikan untuk Anda, jadi intinya kenali dulu apa penyebab fingerprint rusak, barulah Anda bisa mengatasi fingerprint xiaomi error dengan mudah, semoga artikel ini bermanfaat, pastikan Anda sudah membagikan artikel ini ya! see you again!

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *