7 Manfaat Google Classroom Untuk Pembelajaran Online

3 min read

Manfaat google classroom untuk pembelajaran online jarak jauh

Google Classroom Untuk Pembelajaran Online – Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan Google? Sebuah nama yang tenar dikenal sebagai mesin pencari internet terbesar di dunia.

Tapi tahukah anda? Ternyata Google bukan hanya sebuah mesin pencari yang bergerak dalam usaha search engine saja.

Google merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat yang bergerak luas dalam bisnis dunia internet. Mulai dari mesin pencari Google, YouTube, Android, Chrome, Google Play, Google Maps, Gmail, dan tidak ketinggalan pula produk Google yang belakangan ini naik daun akibat merebaknya wabah Covid 19 hampir di seluruh dunia.

Benar! Yang kita maksud adalah Google Classroom. Lalu, apa sih Google Classroom itu? Siapa saja yang bisa menikmati Google Classroom tersebut?

Dan apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari penggunaan produk Google tersebut? Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda seluk beluk Google Classroom dengan singkat, padat, dan akurat.

Apa itu Google Classroom?

Bagi Anda yang belum kenal apa itu Google Classroom, Google Classroom adalah salah satu perangkat lunak yang diproduksi oleh perusahaan multinasional asal Amerika Serikat, yakni Google.

Produk Google ini didedikasikan penuh untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas pendidikan atau edukasi masyarakat dunia yang bisa diakses oleh siapa saja, dengan catatan Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Manfaat Google Classroom Dalam Pembelajaran Online

Manfaat dari Google Classroom – Pembelajaran Jarak jauh Online

Sebagaimana produk besutan Google pada umumnya, kita akan menemukan banyak inovasi yang keren dan tentunya sangat bermanfaat dari Google Classroom ini.

Berikut dibawah adalah beberapa manfaat spesifik yang bisa kita dapatkan dengan pemanfaatan Google Classroom.

● Menghemat Waktu Instruktur/Pengajar

Dengan memanfaatkan Google Classroom, pengajar memiliki akses / Fitur Penambahan Siswa, yang dengannya seorang instruktur atau pengajar dapat dengan mudah menambahkan siswa ke dalam kelas, hanya dengan menggunakan kode khusus.

Dengan kemudahan menambahkan siswa ke dalam ruang kelas, instruktur memiliki waktu lebih luas untuk menyampaikan pengajaran kepada siswa atau peserta didik di Google Classroom.

Bukan cuma itu, dengan memanfaatkan Google Classroom pengajar dapat dengan mudah mengurutkan daftar siswa, melihat siapa saja yang sudah menyelesaikan tugas, membuat draft nilai, ataupun mengembalikan tugas yang sudah selesai dinilai kepada para siswa hanya dengan satu sentuhan jari.

● Memudahkan Interaksi Antara Pengajar maupun Siswa

Diantara manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan Google Classroom adalah membantu para instruktur, ataupun pengajar untuk lebih meningkatkan kualitas interaksi antara pedidik dan peserta didik.

Sehingga mampu menciptakan suasana kondusif dan asik untuk menelaah materi pelajaran. Apalagi Google Classroom dapat diakses dengan mudah, dimana dan kapan saja Anda berada. Selama Anda terhubung dengan jaringan internet, maka disitu pula Anda dapat menikmati fitur-fitur dari Google Classroom 7×24 jam.

● Real Time

Jika Anda seorang pengajar atau instruktur, Anda dapat mengomentari, bahkan mengedit tugas siswa secara real-time.

● Mengelola Ruang Kelas Menjadi Lebih Kondusif

Dengan Google Classroom, Anda sebagai pengajar di kelas memiliki Otoritas penuh untuk menjaga agar suasana belajar mengajar lebih kondusif.

Anda dapat mengontrol siapa saja yang bisa mengirim post ke dalam forum, atau pun Anda juga bisa menonaktifkan peserta didik tertentu dari berkomentar atau pun mengirim post.

Google Classroom juga bisa anda gunakan lewat HP android loh, anda bisa download di google play store. Kalau anda masih bingung untuk menyerahkan tugas ini Cara Menyerahkan Tugas Google Classroom Lewat HP

Kelebihan Google Classroom

Tidak sebatas memberi banyak manfaat bagi pengajar dan peserta didik, Google Classroom juga memiliki beragam keunggulan seperti:

  • Kemudahan dalam proses registrasi dan set-up Classroom. Meskipun tidak memiliki pengalaman e-Learning yang mumpuni.
  • Memberikan kenyamanan dalam berbagi bahan ajar.
  • Meningkatkan efisiensi waktu. Dimana guru atau pengajar dapat langsung mengoreksi tugas dan menentukan peringkat para peserta didik secara online/real-time.
  • Kemudahan dalam melakukan kolaborasi secara online.
  • Penyimpanan Data yang praktis dan efisien. Dimana pengajar dan peserta didik dapat mengakses tugas, maupun data penting dalam sebuah folder khusus yang tersimpan secara cloud. Anda dapat mengakses data kapan pun dan dimana pun.
  • Anda tidak perlu khawatir data penting yang Anda miliki hilang. Semua aman tersimpan.
  • Kemudahan dalam mendistribusikan data, file, atau informasi terkait pelajaran kepada siswa.

Kelemahan Google Classroom

Kelemahan dari google classroom

Setiap kelebihan pasti selalu dibarengi dengan kelemahan atau kekurangan. Begitu pula produk Google yang satu ini. Berikut dibawah ini beberapa kelemahan atau kekurangan dari Google Classroom.

  • Google Classroom hanya bisa dinikmati /diakses menggunakan akun Google. Jika LSM pada umumnya bisa diakses melalui akun/email lain, untuk menggunakan layanan Google Classroom, pengguna wajib masuk/daftar menggunakan akun Google.
  • Sedikit bersifat privasi. Maksudnya yaitu beragam aktivitas belajar mengajar yang berlangsung di Google Classroom tidak bisa dishare ke publik, sebagaimana aplikasi sosial media pada umumnya. Kita baru bisa ikut menyaksikan apabila telah diundang untuk join bersama kelas mereka.
  • Tidak ada indikator yang menggambarkan atau menunjukkan jumlah audiens atau tingkat kepopuleran, seperti like, ataupun sejenisnya.

Begitulah uraian singkat dari kita mengenai Google Classroom. Terlepas dari beberapa kekurangan yang terdapat padanya, kita tidak bisa pula menafikan segudang manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan Google Classroom.

Oleh sebab itu, semua kembali kepada kita mau memilih Google Classroom sebagai media pembelajaran jarak jauh, atau ingin memilih LSM lain untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar kita.

Terima kasih atas keluarganya waktunya, semoga artikel mengenai Google Classroom ini bisa bermanfaat.

Selain Google Classroom ada juga aplikasi lain yang di manfaatkan untuk Pembelajaran Online loh, Rekomendasi Website Untuk Belajar Jarak Jauh Gratis

Dan jangan lupa, jika memang Anda merasa artikel ini telah membantu, jangan lupa untuk menekan tombol share yah. Sampai jumpa pada kesempatan yang lainnya. Bye!

Soal dan Jawaban UAS Pemrograman Berorentasi Objek Kelas XI…

Kumpulan Soal UAS PBO RPL Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi – PBO atau Pemrograman Berorentasi Objek adalah sebuah mata pelajaran kejuruan RPL atau rekayasa...
Yoga Perdana Saputra
9 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *