Cara Mudah Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

2 min read

hardisk eksternal tidak terbaca

Sekarang ini Hardisk adalah salah satu perangkat keras yang sudah bisa ditemukan dimana-mana, baik itu di Playstation yang berfungsi untuk menyimpan berbagai game, ataupun dilaptop yang disebut dengan Hardisk Internal, dan ada juga Hardisk eksternal yang wajib dimiliki bagi Anda yang merasa kurang dengan penyimpanan utama.

Tidak heran sudah banyak merk Hardisk ekternal yang bisa Anda temukan diberbagai toko offline maupun online, bahkan sudah banyak yang dijual dengan harga sangat murah, namun Anda tidak boleh langsung tergiur dengan harga yang ditawarkan, karena tidak jarang ada kasus Hardsik Ekternal tidak terbaca, jika sudah begini cukup sulit untuk diperbaiki, tetapi bukan berarti tidak bisa diperbaiki.

Hardisk eksternal memiliki fungsi utama yaitu sebagai penyimpanan tambahan dan juga bisa dipakai khusus untuk mencadangkan data yang ada pada Hardisk Internal, jadi ketika semua data dilaptop terhapus, maka Anda bisa dengan mudah mengembalikannya, karena dari awal sudah membackupnya di Hardisk Eksternal.

Melihat banyaknya orang yang mengeluh mengenai masalah Hardisk ekternal rusak tidak terbaca, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca, agar tidak salah paham kami sarankan untuk membaca artikel ini sampai selesai:

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda coba sebagai langkah penyelamatan Hardisk rusak yang didalamnya berisi data-data penting, sebelum lebih parah, tidak ada salahnya mencoba tips berikut ini:

1. Bersihkan Hardisk

hardisk eksternal tidak terbaca

Kerusakan yang paling ringan adalah disebabkan karena kotoran debu yang sudah menumpuk sehingga mengganggu transfer data antara hardisk ekternal dan laptopnya, jadi yang pertama Anda bisa mencoba untuk membersihkan hardisk ekternal dengan cara menitupnya, menggunakan Cleaner khusus sampai benar-benar tidak ada debu yang menghalangi port USB.

Anda bisa memanfaatkan benda-benda disekitar untuk membersihkan Hardisk eksternal, seperti menggunakan kuas master, sikat gigi dan sedikit cairan tenner, lakukan ini sampai benar-benar bersih, lalu coba lagi untuk menghubungkannya ke laptop.

2. Gunakan Port USB Lain

hardisk eksternal tidak terbaca

Jika sudah dibersihkan namun tetap tidak bisa terbaca, maka tips yang kedua adalah dengan menggunakan Port USB lain, seperti yang diketahui, laptop saat ini biasanya dilengkapi dengan dua port USB, yang satunya adalah sebagai cadangan.

Mungkin saja Hardisk eksternal rusak tidak terbaca disebabkan karena masalah pada Port USB laptopnya, oleh karena itu silakan coba hubungkan Hardisk Eksternal melalui port USB lain, dan pastikan sudah terhubung dengan benar.

3. Instal Ulang Hardisk

Metode yang ketiga ini cukup ekstream apalagi sudah banyak data-data dan file penting yang tersimpan didalam hardisk tersebut, karena jika melalukan reinstall maka Anda harus bisa merelakan semua file tersebut terhapus.

Tetapi agar tidak penasaran, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk reinstall hardisk ekternal tersebut, siapa tahu dengan mengikuti langkah yang terakhir ini Hardisk eksternal Anda kembali normal dan bisa terbaca, berikut ini langkah-langkah reinstall hardisk eksternal:

  • Pertama silahkan Anda coba klik kanan pada this computer, atau my computer, kemudian klik kanan pada my computer lalu pilih properties
  • Setelah itu silahkan Anda cari saja device manager, biasanya letaknya ada dibagian kiri.
  • Jika sudah ketemu maka berikutnya Anda harus mencari drivernya, biasanya bernama usb attached SCSI (UAS) MASS Storage Device.
  • Kemudian silahkan Anda klik kanan saja pada device itu,
  • Lalu akan ada update driver software, Anda harus mengklik itu.
  • Langkah selanjutnya yaitu silahkan Anda klik saja pada bagian browser my computer for driver software.
  • Kemudian silahkan klik pada baian let me pick dsb.
  • Pada bagian ini, ada hal yang harus diperhatikan yaitu pada bagian show compatible hardware, pastikan tercentang yes.
  • Langkah terakhir tinggal klik next, lalu install saja.

Nah itulah 3 cara mudah mengatasi Hardisk eksternal tidak terbaca, kesimpulannya Anda bisa mencoba tips diatas sebelum memutuskan untuk membeli hardisk baru, jangan lupa bagian artikel ini jika dirasa bermanfaat, terimakasih!

Cara Riset Seller Amazon Ship Indonesia (Mudah)

Cara Riset Seller Amazon Ship Indonesia – Hallo kawan! Selamat datang di blog Tengku Tutorials! Kali ini Tengku akan membahas artikel tidak mengenai Android,...
Yoga Perdana Saputra
3 min read

Cara Mengatasi Hp Lenovo Sering Mati/Restart Sendiri

Cara Mengatasi Hp Lenovo Sering Mati/Restart Sendiri – Hallo kawan! Selamat datang di Blog Tengku Tutorials! Apa Anda tahu apa yang akan menjadi pembahasan...
Yoga Perdana Saputra
3 min read

Cara Menghilangkan Bug di Xiaomi Secara Cepat

Cara menghilangkan bug di xiaomi secara cepat – hallo kawan! Berjumpa lagi di blog Tengku Tutorials! Kali ini yang akan dibahas adalah all about...
Yoga Perdana Saputra
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *