4 Cara Mengatasi HP Android Dicas Malah Berkurang

2 min read

hp android dicas malah berkurang

Semahal apapun HP Android yang Anda miliki tetap saja cepat atau lambat akan mengalami kerusakan, karena memang begitulah kekurangan dari barang elektronik. Admin sendiri sudah cukup lama menjadi pengguna Android dan sudah mengalami banyak kerusakan, salah satunya adalah HP Android dicas malah berkurang, sudah nunggu semaleman eh ternyata baterai tidak terisi.

Masalah pada saat mengisi daya baterai Android memang banyak dialami orang dan banyak terjadi dihampir semua merk Android, mulai dari Samsung, Xiaomi, OPPO, Vivo, Realme, dan kebetulan admin sendiri sudah berhasil mengatasi masalah ini, pada saat itu Admin menggunakan Android Aldo AS9.

Sebenarnya banyak sekali penyebab baterai hp tidak terisi saat dicas, salah satu penyebab yang jarang disadari orang lain adalah kebiasaan bermain game online di Android ketika sedang dalam keadaan dicharger, ini kebiasaan yang sangat beresiko, bukan hanya merusak baterai saja, sudah banyak kasus Android mati total karena kebiasaan ini.

Sebenarnya bukan hanya karena bermain game online saja, intinya kebiasaan menggunakan Android ketika dalam keadaan dicas itu tidak baik dan sangat disarankan untuk menghilangkan kebiasaan itu, karena memang dapat menurunkan performa software maupun hardwarenya.

Berikut ini beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi HP Android Dicas malah berkurang, silakan baca artikel ini sampai selesai ya, kami jamin diantara tutorial dibawah ini pasti ada yang berhasil!

Cara Mengatasi HP Android Dicas Malah Berkurang

1. Pastikan Charger Tidak Bermasalah

Mulai dengan memeriksa kondisi charger dulu, jangan langsung kebagian yang rumit! Untuk mengetahui kondisi charger dalam keadaan baik atau sudah rusak bisa dilakukan dengan mudah kok, coba Anda tes charger tersebut di Android lain, jika memang sama sama dicas malah berkurang, berarti masalahnya ada pada charger.

Masalah charger yang kami maksud disini bisa jadi ada pada kabel USBnya yang berkualitas rendah, ataupun ada komponen yang short didalam kepala charger, jadi silakan pastikan terlebih dahulu kabel USB dan kepala charger tidak bermasalah. Oke lanjut ke langkah kedua:

2. Pastikan Baterai Tidak Bermasalah

Setelah melakukan pengecekan pada charger, sekarang saatnya memastikan bahwa baterai Android Anda masih dalam optimal, jika memang sudah rusak atau bocor biasanya ditandai dengan baterai yang cepat habis, atau tiba-tiba mati sendiri.

Kasus ini memang paling sering terjadi, padahal solusinya hanya tinggal mengganti baterai HP saja lho! Anda bisa mencoba mengganti baterai HP dengan tipe yang sesuai, bisa langsung beli yang baru atau pinjam dulu ke teman yang merk Androidnya sama dengan milik Anda.

Baca juga: Cara Menghidupkan HP Tanpa Baterai

Selain itu juga, Anda bisa mencoba beberapa aplikasi yang memiliki fungsi untuk memeriksa kesehatan baterai Android secara real-time, segera ganti jika memang baterainya yang bermasalah, agar ketika dicas tidak berkurang.

3. Periksa Kondisi Konektor Charger

Ini juga tidak kalah penting, selain karena baterai yang bermasalah, konektor charger juga bisa menyebabkan pengisian baterai tidak sempurna lho, contohnya seperti karena ada banyak kotoran didalam konektor charger, atau ada benda kecil lainnya yang menghambat pengisian daya.

Baca juga: Cara Menghapus File Bandel di Android

Namun umumnya, para teknisi langsung mengganti dengan konektor charger yang baru, tapi ada baiknya bersihkan dulu konektor dengan sikat gigi dan cairan tiner, jika memang tidak ada perubahan barulah ganti dengan yang baru, harganya juga tidak mahal kok! apalagi jika Anda bisa memasang sendiri dirumah, pasti lebih murah meriah!

4. Ganti IC Charger

Kami menyusun langkah-langkah ini sesuai urutan mulai dari yang mudah sampai yang sulit, Nah langkah keempat ini termasuk sulit dan sedikit beresiko, kecuali Anda langsung menyerahkan masalah ini kepada ahlinya, disarankan jangan dilakukan sendiri jika tidak memiliki pengalaman yang cukup.

Tetapi ada beberapa Android yang tidak menggunakan IC ini, jadi solusinya periksa semua komponen-komponen kecil disekitar wilayah pengisian daya, biasanya ada yang short, Anda bisa mengukurnya menggunakan multitester.

IC Charger menjadi komponen utama saat pengisian daya Android, biasanya yang menyebabkan IC Charger cepat rusak adalah karena menggunakan charger yang tidak kompatibel dan kebiasaan menggunakan Android ketika dicas.

Baca juga: Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Terhubung

Rusaknya komponen IC Charger juga bisa menyebabkan Android mati total, jadi jangan spelekan komponen yang satu ini ya!

Nah itulah penyebab dan solusi HP Android dicas malah berkurang, jadi kesimpulannya lakukan pengecekan pada langkah yang paling mudah dulu dan jangan lakukan sendiri jika tidak memiliki pengalaman, sekian terimakasih.

Cara Mengatasi “Application Not Installed” di Android

Cara Mengatasi Application Not Installed Android – Hallo kawan! Selamat datang di Blog Tengku Tutorials! Kali ini yang akan Tengku bahas adalah mengenai masalah...
Yoga Perdana Saputra
5 min read

Cara Mengatasi Hp Lenovo Sering Mati/Restart Sendiri

Cara Mengatasi Hp Lenovo Sering Mati/Restart Sendiri – Hallo kawan! Selamat datang di Blog Tengku Tutorials! Apa Anda tahu apa yang akan menjadi pembahasan...
Yoga Perdana Saputra
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *