Penyebab & Cara Memperbaiki HP Samsung Mati Total

2 min read

Banyak sekali kerusakan HP yang sering terjadi dan tentunya memiliki penyebab dan cara memperbaikinya yang berbeda, biasanya setiap merk memiliki kelemahan tersendiri atau sering disebut cacat pabrik, salah satunya adalah masalah HP samsung mati total yang sering kali terjadi.

Sebenarnya HP mati total tidaklah hanya terjadi pada merk Samsung saja, sudah banyak smartphone lain yang mengalami kerusakan seperti ini, namun diartikel kali ini kami akan fokus membahas apa penyebab dan bagaimana cara memperbaiki HP Samsung mati total.

Ada banyak sekali penyebab HP mati total yang mungkin jarang kita sadari, mulai dari kebiasaan membiarkan smartphone sampai baterai lemah, dan kebiasaan yang mungkin kita anggap spele namun berdampak negatif pada HP kesayangan Anda.

Sebelum itu, tidak ada salahnya mengetahui penyebab kenapa HP Samsung mati total (matot), artikel ini dibuat sesuai pengalaman dan tambahan dari sumber-sumber terpercaya, untuk lebih jelasnya silakan simak artikel ini sampai selesai:

Penyebab HP Samsung Mati Total

Mati total singkatnya adalah tidak bisa hidup sama sekali, layar hitam, tidak ada tanda-tanda kehidupan, dan biasanya ketika dicharger hanya akan terasa hangat saja pada bagian belakang HP, itu menandakan adanya komponen yang mengalami kerusakan (short), penyebab umum yang sering terjadi adalah sebagai berikut:

1. Terlalu Lama di Charger

Ini adalah kebiasaan banyak orang, yaitu mengisi daya baterai HP terlalu lama bahkan didiamkan semalaman, terutama pada HP Samsung versi lama, kenapa begitu?

Ketika baterai HP sudah dalam kondisi penuh namun charger belum dicabut, maka daya akan terus bertambah, sehingga baterai mudah kembung, boros, overheat, kerusakan komponen hardware (biasanya IC utama) dan akhirnya mati total.

Jadi, kami sarankan bagi Anda yang ingin HP Samsungnya awet dan tidak mudah rusak, hindari kebiasaan seperti ini dari sekarang, setuju?

2. Bermain HP Sambil di Charger

Apakah Anda pernah bermain HP dalam kondisi di charger? pastinya semua orang pernah, yang harus kita ketahui, kebiasaan ini sangat berdampak buruk pada HP Samsung kesayangan Anda, karena akan menyebabkan baterai cepat habis, mesin panas dan akhirnya terjadi konsleting pada komponen hardware.

Apalagi jika sambil bermain game online, resiko hp mati total akan semakin tinggi, karena ketika bermain game online HP akan cepat panas, data seluler harus hidup, memakan daya baterai lebih cepat, dan tentunya membuat umur HP menjadi pendek.

Banyak kasus HP Samsung mati total karena kebiasaan ini, biasanya komponen IC Emmc atau IC CPU menjadi terlalu panas (overheat) yang menyebabkan kerusakan pada komponen utama tersebut.

3 .HP Samsung Jatuh atau Terbentur

Penyebab umum yang terakhir adalam karena HP jatuh atau terbentur lumayan keras, jika HP Samsung mati total karena hal ini, pastinya akan lebih mudah untuk diperbaiki, karena biasanya hanya ada komponen yang longgar saja akibat benturan tersebut, tetapi tidak jarang juga ada komponen yang retak sehingga kita harus menggantinya dengan yang baru.

Adapun penyebab lainnya yaitu tersiram air, ini cukup sulit untuk diperbaiki, biasanya semua komponen akan konslet.

Cara Memperbaiki HP Samsung Mati Total

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang saatnya untuk mencoba memperbaiki HP Samsung yang matot, Anda bisa mencoba beberapa metode dibawah ini:

1. Cabut Baterai

HP Samsung mati total karena terkena air? jika iya maka Anda harus segera mencabut baterainya beberapa menit lalu memasangnya lagi, jika menggunakan baterai tanam usahan segera mungkin untuk melepaskan socket baterai yang terhubung ke mainboard.

Sebenarnya ini tidak hanya berlaku untuk kasus yang terkena air saja, jadi metode awal yang bisa dicoba adalah dengan melepaskan baterai selama kurang lebih 7-10 menit, jika dirasa sudah cukup lama silakan pasang baterai kembali dan coba untuk menyalakannya.

2. Charger Baterai Menggunakan Desktop

Tidak menutup kemungkinan HP Samsung Anda hanya kehabisan baterai saja, bukan mati total. Biasanya jika baterai HP terlalu kosong akan sulit dicharger jika tidak menggunakan charger desktop (kodok), karena ini berfungsi untuk memancing daya baterai agar tidak terlalu kosong.

Jika masih penasaran, Anda bisa melakukan pengecekan tegangan baterai HP menggunakan Avometer digital ataupun analog, jika ternyata jarum tidak bergerak sama sekali ketika ujung probe merah dan hitam ditempelkan pada min (-) dan plus (+) baterai, maka bisa dipastikan baterai HP tersebut drop.

3. Menggunakan Bantuan Software

Mati total tidak melulu karena masalah pada hardware, bisa saja perangkat lunak yang terisntall mengalami crash dan malfungsi sehingga tidak dapat dijalankan dengan sempurna, kerusakan pada software juga bisa disebabkan karena penyimpanan terlalu penuh, atau terkena virus.

Solusinya bisa langsung menginstall ulang ROM sesuai merk tipe HP Samsung Anda menggunakan software yang sudah cukup terbukti ampuh yaitu One Clik Unbrick Tools, untuk tutorial flashingnya bisa Anda cari diinternet, karena sudah banyak yang membahas hal ini.

Kesimpulan

Kesimpulannya, ada banyak sekali yang menyebabkan HP Samsung mati total, metode-metode diatas bisa Anda coba sebagai upaya untuk memperbaiki HP samsung yang matot, jika masih belum berhasil juga kami sarankan untuk menyerahkan kepada ahlinya, agar kerusakan tidak semakin bertambah, terimakasih.

Cara Memfokuskan Kamera Samsung J7 (3 Langkah)

TengkuTutorials! Ternyata cara kamera samsung j7 sangat mudah. Hallo kawan! Selamat datang di blog Tengku Tutorials! Kali ini yang akan dibahas adalah mengenai kamera...
Yoga Perdana Saputra
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *