Ide Modifikasi Android Setelah di Root

Ide Modifikasi Android Setelah Di Root – bagi Anda yang baru saja melakukan rooting pada ponsel Android kesayangan dan masih bingung ingin di apakan Android yang sudah di root tersebut maka Anda nggak usah khawatir nggak usah kebingungan karena Admin akan memberikan beberapa ide yang bisa Anda lakukan setelah Android di Root. Banyak sekali kelebihan root Android salah satunya adalah mudah sekali untuk di modifikasi, karena hak aksesnya sudah bebas dan tidak ada halangan saat di modifikasi.
Modifikasi Android Setelah di Root
Banyak yang kebingungan sebenarnya untuk apa sih root Android itu? Selain untuk hack atau yang lainnya, ternyata untuk melakukan modifikasi pada Android sangat membutuhkan hak akses root karena kebanyakan adalah dengan mengganti sistem, seperti icon atau perintah lainnya, seperti memasang tweak build prop dan yang lainnya, bagi Anda yang belum paham sebenarnya apa kegunaan root, maka Admin akan memberitahu kegunaan dan manfaat yang jarang orang lain ketahui, berikut manfaatnya :

Manfaat Android di Root

Ada beberapa manfaat dengan melakukan proses rooting dan membuka kemanan sistem pada ponsel Anda, berikut manfaatnya :

1. Meningkatkan Performa Android

Yang pertama yang belum banyak orang lain ketahui adalah kelebihannya bisa membuat kinerja ponsel Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya, kenapa? Karena Anda bisa memodifikasi dan juga akan mendapatkan hak akses sebebas bebasnya atas ponsel Android Anda yang dapat dimaksimalkan tanpa ada batasan lagi, seperti yang Admin katakan sebelumnya, salah satu cara meningkatkan performa Android setelah di root adalah dengan mengganti build prop yang sudah di modifikasi, atau disebut, Tweak build.prop yang bisa Anda dapatkan di Google, seperti build prop khusus hemat baterai bahkan dapat meningkatkan kecepatan saat internetan.

2. Baterai Menjadi Lebih Hemat

Bagi Anda yang mengeluhkan ponsel yang sudah mulai cepat habis daya baterai nya, maka bisa mencoba untuk melakukan rooting dahulu sebelum memilih untuk mengganti baterai, karena hanya dengan mendapatkan akses root saja Anda sudah dapat menghemat baterai bahkan bisa membuat baterai seperti baru lagi, salah satunya adalah dengan melakukan kalibrasi baterai menggunakan aplikasi Baterai Calibrasi yang bisa diinstal hanya di Android Rooted.

3. Penyimpanan Internal Lega

Banyak sekali yang mengeluhkan kenapa penyimpanan internal selalu terasa cepat penuh padahal memiliki penyimpanan yang lumayan besar, nah salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak aplikasi bawaan yang kurang berguna di Android Anda, jika belum di root maka aplikasi tersebut tidak dapat di copot dan tentunya membuat penyimpanan menjadi sempit, namun jika sudah mendapatkan akses root maka aplikasi bawaan yang membuat sempit penyimpanan internal bisa di copot lho.

4. Dapat Memodifikasi Android

Manfaat root yang terakhir adalah dapat dengan mudah ketika ingin melakukan modifikasi pada Android kesayangan Anda, maksud modifikasi disini bukanlah mempercantik casing atau tampilan luar ponsel, namun dengan mempercantik tampilan dengan mengedit beberapa sistem seperti aplikasi bawaan SistemUI dan yang lainnya, banyak sekali maksud modifikasi disini, seperti dapat menginstal custom rom yang dapat membuat Android Anda lebih menarik lagi.
Dibalik kelebihannya pasti ada kekurangannya juga, jika Anda sudah tahu apa saja manfaatnya, maka Anda juga harus tahu apa kekurangan dan resiko jika melakukan rooting Android.

Kekurangan Root Android

Ada beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui, apa saja? Berikut artikelnya:

1. Dapat Menghilangkan Garansi Resmi

Bagi Anda yang baru saja membeli ponsel anyar, maka sangat tidak disarankan melakukan ini apalagi masa garansi nya masih panjang, karena yang harus Anda tahu, dengan melakukan root Android dapat menyebabkan garansi resmi hilang alias tidak berlaku lagi jika ingin di claim sewaktu waktu, oleh karena itu Admin sangat tidak menyarankan root Android yang masih baru dan masih ada garansi resminya.

2. Resiko Terkena Malware ( Virus )

Dengan melakukan rooting maka keamanan sistem Android akan lebih terbuka dibanding sebelumnya, nah ini bisa menjadi jalan malware masuk dan menyerang software bisa melalui aplikasi yang sudah terisi virus dan masih banyak lagi jalannya, sebaiknya setelah Android di root Anda harus lebih berhati hati, jangan menginstal aplikasi dari sumber tidak jelas dan sesekali harus scan virus menggunakan aplikasi Antivirus yang bisa didownload secara gratis.

3. Malfungsi Sistem

Yang dimaksud malfungsi sistem adalah kesalahan sistem yang  menyebabkan kerusakan kerusakan tertentu, seperti bootlop, sodtbrick atau dapat membuat Android menjadi lemot, Anda harus berhati hati ketika ingin melakukan proses rooting dan jangan sampai salah langkah.
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Admin rasa Anda sudah dapat mempertimbangkan dari sisi baik dan resiko yang mungkin akan Anda alami ketika melakukan proses rooting. Nah sekarang Admin akan memberikan beberapa ide modifikasi Android setelah di root, apa saja? Berikut daftarnya :

Ide Modifikasi Android Setelah di Root

1. Mengganti Custom Rom

Anda bosan melihat tampilan ponsel gitu gitu aja? Nah salah satu solusi menghilangkan rasa bosan tersebut adalah dengan mengganti custom rom yang baru dan yang sudah di modifikasi, misalkan Android Anda adalah xiaomi dan Anda ingin mengganti semua tampilannya seperti samsung, maka bisa dilakukan dengan cara mengganti custom rom yang cocok dengan tipe dan merek Android Anda.
Namun resiko mengganti custom rom lumayan besar, bagi Anda yang belum terlalu paham maka disarankan untuk membaca panduan mengganti custom rom dengan benar, karena jika ada kesalahan sedikit saja, maka sistem akan error, seperti masalah yang sering dialami ketika sedang mengganti custom rom adalah Android menjadi bootlop atau hanya stuck di logo saja tidak bisa booting ke menu awal, bahkan bisa menyebabkan Android mati total, jadi berhati hati ketika ingin mengganti custom rom ya kawan.

2. Menggunakan Tweak Build.Prop

Sebelumnya Admin sudah membagikan tweak build prop keren yang bisa diterapakan di ponsel Android Anda. Build prop adalah kumpulan perintah perintah ( command ) yang letak filenya di folder System, untuk melihat folder tersebut maka Anda harus menginstal aplikasi Root Explorer yang bisa di download secara gratis.
Banyak sekali manfaat mengganti tweak build prop dengan yang sudah di modifikasi, salah satunya kumpulan build prop hemat baterai dan mempercepat koneksi internet, meningkatkan kinerja ram serta masih banyak yang lainnya, dengan cara menambah perintah atau menghapus perintah yang Ada.

3. Memodifikasi SystemUI.Apk

Seluruh tampilan yang ada di ponsel Android Anda paling banyak tersimpan adalah di systemUI.Apk, seperti icon icon yang ada di status bar bisa Anda ganti dengan cara mengedit systemui Android, bagi Anda yang mempunyai Android dengan OS Kitkat, Admin sudah membuat tutorialnya cara edit systemui kitkat Android, dan bagi yang OS Lollipop, Admin juga sudah menyediakan Cara edit systemui Lollipop, tutorialnya lengkap disana, jadi bagi Anda yang senang memodifikasi Android, maka jangan ketinggalan untuk edit systemui juga ya!
Sebenarnya masih banyak sekali Ide modifikasi android setelah di root, namun Admin hanya memberikan garis besarnya saja, intinya hal yang paling seru dilakukan setelah Android di root adalah dengan mengedit sistem, seperti yang Admin katakan yaitu SystemUI.Apk, Framework.Apk dan masih banyak yang lainnya, jika ingin di ganti semua tampilannya maka disarankan untuk sekaligus mengganti Custom rom.
Artikel Terkait :
Demikian artikel dengan judul ide modifikasi Android setelah di root, semoga Anda puas dengan saran yang Admin berikan, nah sekali lagi, jangan sampai ada kesalahan saat memodifikasi sistem Android ya, karena resikonya sangat besar, kecuali Anda mempunyai banyak smartphone, rusak satu nggak kerasa, tapi hanya sebatang kara, maka harus ekstra hati hati, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *