Cara Membuat Iklan Melayang (Float Ads) Di WordPress

iklan melayang di wordpress

WordPress adalah salah satu dari berbagai platform blogging ternama yang berbayar dan tentunya memiliki fitur lebih dari yang lainnya, tidak sedikit orang yang sukses menggunakan platform ini, kunci sukses blog salah satunya adalah penempatan iklan yang tepat, Anda bisa membuat iklan melayang di wordpress agar pendapatan meningkat.

Floating Ads atau iklan melayang yaitu iklan yang ketika di scroll mengikuti dan berhenti di tempat yang sudah di tentukan sebelumnya, bisa disebelum komentar footer dan lain lain, iklan melayang ini (fixed) hanya berlaku ketika blog dibuka diperangkat PC atau laptop.

Sudah tidak menjadi rahasia lagi, paltform ini menyediakan ribuan plugin untuk meningkatkan SEO blog Anda, mulai dari kecepatan loading, kualitas artikel, tampilan template dan lain lain, dengan adanya plugin memudahkan kita dalam mengelola blog.

Berbicara mengenai pemasangan iklan, penempatan iklan yang tepat dan paling banyak digunakan adalah floating (melayang) biasanya hanya dengan menempatkan kode iklan di widget yang sudah mendukung floating, biasanya diletakan di sidebar blog.

Bagi Anda pengguna wordpress sebenarnya sangat mudah sekali untuk membuat widget fixed yang nantinya akan dijadikan tempat untuk menyimpan kode atau script iklan dan otomatis akan melayang, untuk membuatnya Anda bisa menggunakan plugin bernama Q2W3 Fixed Widget yang bisa diunduh secara gratis.

Cara Membuat Iklan Melayang di WordPress

Pada kali ini kita tidak akan membuat widgetnya secara manual, tetapi otomatis menggunakan plugin khusus yang nantinya akan membuat sidebar Anda menjadi sticky widget.

Pertama silakan Anda unduh pluginnya bernama Q2W3 Fixed Widget.

Seperti biasanya, ketika sudah diunduh Anda harus menginstal pelugin tersebut, caranya buka dashboard wordpress Anda lalu klik Plugin > Tambah Baru > Unggah Plugin.

Pada langkah ini Admin anggap Anda sudah berhasil menginstal plugin tersebut, lalu Anda harus mengaturnya, caranya klik Tampilan > Fixed Widget Options.

cara membuat iklan melayang di wordpress

Untuk mengatur lokasi berhentinya iklan tersebut saat di scroll adalah dengan menentukan tempat atau element iklan berhenti melayang, seperti di komentar, di footer dan lain lain dengan cara memasukan ID elementnya.

cara membuat iklan melayang di wordpress

Untuk memasukan ID tempat iklan berhenti agar tidak bablas ke bawah adalah di tulisan Stop ID seperti gambar diatas, Anda harus tahu apa nama ID footer, komentar pada template wordpress Anda, pada gambar diatas Admin memasukan ID Colophon dimana itu adalah ID footer template wordpress ini.

Langkah selanjutnya pergi ke Tampilan > Widget > HTML Khusus > Sidebar Kanan > Selesai, lalu masukan kode iklan pada kolom HTML dan jangan lupa centang tulisan Fixed Widget seperti gambar dibawah ini:

membuat floating ads di wordpress

Agar pendapatan iklan meningkat, Anda bisa memasang iklan berukuran 300 x 600 di wigdet fixed tadi, karena ukuran iklan seperti itulah yang cocok dipasang di widget sticky dan mengalihkan perhatian pembaca untuk mengklik iklan tersebut.

Iklan biasanya tidak akan langsung tampil, jadi Anda harus mununggu beberapa waktu, sekian tutorial memasang iklan melayang di wordpress dengan menggunakan plugin, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan ketinggalan artikel lainnya! terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *