Investasi Saham vs Crypto : Lebih Baik Yang Mana?

Melakukan investasi merupakan sesuatu hal yang lumrah untuk dilakukan. Ada banyak jenis investasi yang bisa anda lakukan seperti reksadana, emas, obligasi, saham dan yang terbaru yaitu crypto. Crypto atau mata uang digital yang ada di dunia maya.

Crypto ini memiliki banyak jenisnya seperti bitcoin, dogecoin, ripple, litecoin dan lain sebagainya. Crypto pertama kali diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 yaitu Bitcoin. Sejak itu, banyak bermunculan mata uang digital yang lainnya.

Lalu jika anda merasa bingung ingin melakukan investasi yang mana, anda bisa kenali terlebih dulu jenis investasi tersebut. Kita akan membahas terlebih dahulu mengenai Crypto.

Crypto atau cryptocurrency adalah mata uang digital yang menggunakan sistem cryptography sehingga kecil kemungkinan uang digital ini dipalsukan. Dan semenjak tahun 2010, crypto mengalami kenaikan yang terbilang cukup signifikan.

Disalin dari www.investbro.id dibawah ini merupakan kelebihan investasi crypto.

Kelebihan Investasi Crypto

Berlaku universal

Untuk dapat melakukan investasi crypto, anda tidak memerlukan persyaratan khusus seperti membuka rekening di bank. Ini berarti siapa saja dapat berinvestasi crypto.

Proses yang cepat

Dalam melakukan transaksi crypto, anda hanya membutuhkan waktu dalam hitungan beberapa menit atau jam. Berbeda halnya dengan anda melakukan transaksi ke rekening di luar negeri yang prosesnya bisa memakan waktu hingga sehari atau beberapa hari.

Baca juga : Broker Crypto Terbaik Saat Ini Tahun 2021

Anda sebagai pemegang kontrol

Tidak ada pihak ketiga atau perantara dalam investasi crypto ini. Sehingga anda memegang kontrol sepenuhnya terhadap investasi anda.

Bersifat transparan

Semua pemilik investasi crypto dapat melihat daftar transaksi apa saja yang pernah dilakukan. Transaksi yang ditampilkan hanya berupa angka, sehingga tidak ada yang tahu mengenai transaksi apa dan milik siapa kecuali anda sendiri.

Terhindar dari uang palsu

Seperti yang tertulis di atas, mata uang digital ini memiliki kemungkinan yang kecil untuk dipalsukan. Lain halnya dengan uang kertas yang sering terjadi kasus pemalsuan.

Kekurangan dari investasi crypto

Lupa password

Karena menggunakan sistem digital, tentu saja anda membutuhkan akun dan password untuk menyimpan uang digital anda. Akan tetapi jika anda lupa dengan password tersebut, uang anda tentu saja bisa hilang.

Rawan kejahatan

Banyak orang yang memanfaatkan uang digital ini untuk melakukan transaksi yang bersifat ilegal. Hal ini dikarenakan penggunaan uang tidak bisa dilacak, tidak seperti uang pada umumnya yang non-digital.

Fluktuasi yang ekstrim

Kenaikan dan penurunan terhadap investasi crypto ini tentunya tidak dapat diprediksi. Nilainya bisa meroket secara tiba-tiba di jam ini, lalu di jam berikutnya bisa merosot drastis. Maka dari itu investasi kripto memiliki risiko yang tinggi sekali.

Dapat mempengaruhi sistem keuangan negara

Baca juga : Cara Investasi Saham di Bank BRI

Berkaitan dengan poin nomor dua, investasi crypto dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang melakukan transaksi ilegal dan dijadikan sumber dana untuk kegiatan terorisme dan melakukan pencucian uang lewat crypto agar tidak dapat terlacak. Ini tentunya dapat mempengaruhi sistem keuangan negara.

Nah setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan mengenai investasi mata uang digital atau crypto, kita akan membahas investasi saham. Investasi yang satu ini sudah banyak dilakukan sejak lama. Simak tulisan di bawah ini mengenai saham.

Saham adalah investasi dengan membeli surat berharga dari suatu perusahaan. Dengan membeli saham, berarti anda adalah pemilik dari perusahaan tersebut.

Kelebihan investasi saham

Dividen

Jika perusahaan mengalami laba, maka pemilik saham dari perusahaan tersebut juga akan mendapatkannya. Ada 2 jenis dividen yaitu dividen tunai dan dividen saham. Untuk dividen tunai, pemilik saham akan diberikan uang tunai dengan hitungan per satu lembar saham. Sedangkan dividen saham, perusahaan akan memberikan tambahan saham kepada pemilik saham atau investor.

Capital gain

Ini adalah keuntungan yang anda dapatkan jika menjual harga saham lebih tinggi dari harga saat anda membelinya.

Tetap berharga

Walaupun harganya juga cenderung naik turun, tetapi anda tidak akan rugi. Anda tidak harus menjual saham yang harganya turun tersebut. Karena sewaktu-waktu harganya bisa kembali naik. Ini tentu berbeda dengan investasi crypto yang jika sudah tidak memiliki peminat, maka uang anda pun akan lenyap begitu saja.

Diawasi oleh OJK

Perusahaan atau emiten yang ada di Bursa Efek Indonesia (BFE) tentunya sudah terdaftar dan berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini tentunya menjadikan anda terhindar dari kecurangan dalam investasi saham.

Kekurangan dari investasi saham

Capital loss

Ini adalah kerugian yang dialami jika menjual saham dengan harga lebih rendah dibandingkan harga beli. Atau saat perusahaan yang anda beli sahamnya mengalami bangkrut, anda tidak dapat melakukan pencairan dana dan tentu saja mengalami kerugian.

Membuat emosi cenderung tidak stabil

Hal ini dapat disebabkan banyak faktor seperti, anda harus rutin mengecek perkembangan saham atau perusahaan tempat anda menanam modal. Juga membuat anda mudah terpengaruh untuk menjual atau membeli saham karena informasi yang anda dapatkan.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai investasi crypto dan saham, lalu manakah yang lebih baik? Setelah mempelajari masing-masing kelebihan dan kekurangan jenis kedua investasi tersebut anda dapat memilih sesuai dengan preferensi anda. Ada baiknya jika anda baru ingin memulai berinvestasi untuk memilih saham.

Investasi saham memiliki risiko yang lebih sedikit dibandingkan dengan crypto. Dan juga dalam investasi saham anda dapat memulainya dengan jumlah yang sedikit terlebih dulu. Jadi untuk menjawab pertanyaan investasi mana yang lebih baik antara saham vs crypto, berdasarkan pembahasan diatas jawabannya adalah lebih baik untuk berinvestasi saham.

Tinggalkan komentar