7 Jenis Buah Durian yang Enak dan Mudah di Budidaya

Jenis Buah Durian Yang Enak dan Mudah di Budidaya – Buah durian ??Yups, Siapa sich yang gak kenal dengan buah yang satu ini? Buah ini sangat identik dengan kulit buahnya yang berduri tajam dan aroma yang khas serta kuat ini.

Walaupun ada sebagian orang yang tidak begitu suka dengan buah ini karena aromanya yang sangat menyengat. Namun faktanya, buah durian ini selalu dinanti-nanti saat musim panennya tiba.

Bahkan, banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan buah durian yang dengan rasa yang enak berkualitas. Para pecinta durian sangat tergila-gila akan rasa yang dihasilkan oleh buah ini.

Buah durian ini memiliki banyak keunggulan dengan rasanya yang khas, buah ini memang kaya akan rasa mulai dari rasa manis legit hingga rasa manis menggelegar tergantung variasinya.

Baca : Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Ditambah lagi dengan tekstur buah yang lembut serta aromanya yang khas menjadikan buah ini paling banyak peminatnya.

Bahkan sebagian orang rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkan buah durian yang berkualitas unggul.

Nama Buah Durian sendiri dipetik dari ciri khas buah ini yakni kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Buah Durian ini memiliki julukan “si RAJA BUAH” (King of Fruit).

Meskipun mendapat gelar si raja buah, namun nyatanya buah durian merupakan buah yang kontroversial, hal ini karena, sebagian orang justru tidak menyukai bahkan alergi dengan buah ini karena aromanya.

Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu negara tempat asal tanaman buah durian karena mempunyai banyak varietas durian, baik durian yang sudah dibudidayakan secara komersil maupun durian yang dibudidayakan secara individu.

Dengan keadaan iklim, cuaca dan jenis tanah yang ada di indonesia membuat tanaman buah durian sangat cocok untuk pembudidayaan.

Berikut ini beberapa jenis bibit buah durian yang sangat populer untuk dibudidayakan di Indonesia :

1. Bibit Durian Musang King

Jenis Bibit Durian Musang King

Durian Musangking merupakan salah satu durian unggulan yang berasal dari negeri jiran malaysia. Durian ini memliki keunggulan tekstur buah yang lembut layaknya durian monthong, dengan aroma yang harum serta rasa yang manis dan legit.

Durian ini populer karena memiliki tekstur yang besar dan enak, jadi tidak salah jika banyak orang yang membudidayakan bibit durian musang king ini.

2. Bibit Durian Montong

Jenis bibit durian montong merupakan durian terbaik saat ini

Durian montong merupakan jenis durian yang berasal dari Thailand. Saat ini, durian montong menduduki peringkat teratas sebagai durian termahal di Indonesia!.

Keunggulan dari durian montong adalah rasanya yang sangat manis, memiliki daging buah yang tebal dengan biji yang kecil. Durian Montong termasuk jenis durian yang besar.

Berat durian ini bisa mencapai 2–4 kg. Buah Durian montong berbentuk lonjong memanjang, runcing di ujungnya. jadi jika kalian ingin membudayakan bibit durian, durian montong adalah yang the best.

3. Bibit Durian Bawor

Bibit durian bowar terbaik di banyumas

Durian Bawor merupakan salah durian unggulan asli indonesia yang berasal dari daerah Banyumas. Keunggulan durian bawor ini antara lain memiliki daging buah tebal dan berwarna orange, rasa yang manis, serta bijinya kecil.

Durian Bawor sudah bisa berbuah di usia 3–4,5 tahun dan dalam satu tahun bisa panen sebanyak 3 kali. Selain itu, Durian Bawor ini memiliki kemiripan dengan Durian Monthong, sehingga sering disebut sebagai Durian Monthongnya Banyumas.

4. Bibit Durian Duri Hitam / Oche

Buah durian oche

Durian Duri Hitam atau Ochee merupakan durian yang mampu mengalahkan pesaingnya yaitu durian musangking, hal ini tersebut karena keunggulan buahnya yang tidak lengket ketika dipegang namun begitu nempel dan legit ketika samapai di lidah.

Terdapat 5 kombinasi rasa ketika kita menyantap buah durian ochee ini seperti : gurih, manis, lembut, dan sedikit rasa pahit yang sudah menjadi ciri khas durian.

Keunggulan lain dari durian ochee ini adalah sangat ramah terhadap semua jenis tanah dan tahan terhadap cuaca kering. Jadi jika kalian yang berada di daerah yang kekurangan air, durian Duri Hitam menjadi pilihan.

5. Bibit Durian Petruk

Buah Durian Petruk

Durian petruk merupakan salah satu varietas tanaman buah durian unggulan di Indonesia, yang berasal dari Jepara.

Ciri khas dari buah petruk ini adalah memiliki bentuk seperti telur terbalik dimana bagian bawahnya terlihat agak runcing. Memiliki kulit buah tipis antara 3 mm, dan warnanya hijau kekuningan.

Buah Durian petruk memiliki daging buah yang berwarna kuning dengan serat yang halus agak lembek, rasa buah durian petruk cenderung manis dengan aroma yang gak begitu tajam.

Durian petruk ini juga dijuluki “bantal emas” karena dagingnya tebal mirip bantal keemasan. Jadi rasa dari durian petruk jelas enak sekali.

6. Bibit Durian Merah

Durian Merah Terbaik

Durian Merah merupakan salah satu durian lokal unggulan yang berasal dari daerah banyumas, Jawa Tengah. Sesuai dengan julukannya, si durian merah ini memiliki daging buah yang berwarna merah yang sangat unik.

Ciri – ciri Durian merah buahnya berbentuk bulat dengan ukuran yang cukup kecil, bobotnya rata-rata mencapai 1–2,5 Kg per buahnya. kulit buahnya berwarna kuning dengan duri kecil tidak terlalu rapat.

Keunggulan buah durian merah ini adalah rasanya sangat manis, ditambah lagi daging buahnya yang tebal dengan tekstur halus serta memiliki biji relatif kecil.

7. Bibit Durian Pelangi

Bibit Durian Pelangi dan Buahnya

Durian pelangi adalah durian lokal unggulan yang merupakan ciri khas buah dari Manokwari, Papua. Sesuai nama yang disandangnya, durian pelangi ini tersohor akan keaneka ragaman warna yang ada pada daging buahnya.

Buah durian ini menghasilkan warna mulai dari merah muda, krem, dan hijau layaknya sebuah pelangi. Keunggulan lain dari buah durian pelangi ini adalah Daging buahnya tebal, dengan tekstur lembut dan terasa agak lengket di dalam mulut.

Baca : Contoh Pekerjan Sampingan Yang Jarang Di Ketahui

Rasanya manis dan memiliki kadar alkoholnya rendah. Jadi jika kalian suka pusing ketika makan buah durian, kalian wajib coba Buah Durian Pelangi dari papua ini.

Jadi…

Untuk anda para pecinta tanaman & buah durian, Semoga informasi tersebut dapat memberi informasi tambahan tentang jenis-jenis buah durian terbaik denga keunggulannya masing-masing.

Dan bagi yang hendak bertanam durian, semoga informasi tersebut bisa menambah wawasan anda tentang jenis bibit durian yang paling cocok di tanam di daerah anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *