Jenis – Jenis Tanaman Yang Cocok Dijadikan Usaha

Jenis – jenis tanaman yang cocok dijadikan usaha – Tanaman memegang peranan yang sangat penting bagi bumi dan kehidupan manusia. Tanaman menyerap karbondioksida yang ada di udara sehingga sangat membantu untuk mengatasi polusi. Selain itu tanaman juga mengeluarkan oksigen yang akan menjadikan udara menjadi segar.

Selain manfaat tersebut, ada lagi satu manfaat dari tanaman yang sangat berguna bagi kita, yaitu tanaman dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan, sehingga akan memberikan keuntungan dari sisi finansial bagi Anda.

Bagi Anda yang memiliki hobi berkebun, tentunya berbisnis di bidang tanaman ini akan sangat cocok untuk Anda. Di samping hobi Anda akan tersalurkan dalam bisnis ini, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari sisi finansial. Terdapat berbagai macam tanaman yang bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang sangat baik.

Di antara tanaman – tanaman tersebut, ada tanaman yang membutuhkan lahan yang luas untuk dapat menjalankan usaha, namun ada juga tanaman yang hanya membutuhkan lahan sempit untuk menjadikannya sebagai bisnis. Hal ini tergantung dari jenis tanaman yang Anda pilih, berikut ini adalah beberapa jenis tanaman tersebut.
Jenis – jenis Tanaman Yang Cocok Dijadikan Usaha

Baca Juga : Deretan Peluang Usaha di Desa Yang Pasti Menguntungkan

Daftar Isi

Jenis Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan jenis tanaman yang mempunyai bentuk dan tampilan yang menarik sehingga akan indah dipandang oleh mata orang yang meihatnya. Beberapa jenis tanaman yang dapat dikategorikan sebagai tumbuhan hias di antaranya adalah semua jenis tanaman bunga. Seperti kaktus, maupun tanaman berdaun hijau seperti gelombang cinta dan aglaonema.

jenis tanaman hias untuk usaha

Saat ini tanaman hias dapat dijadikan peluang usaha bagi Anda dengan menjual tanaman – tanaman hias tersebut kepada para pecinta tanaman atau menyewakan tanaman hias tersebut untuk acara – acara penting seperti pernikahan atau acara penting lainnya. Anda juga tidak membutuhkan lahan yang besar untuk memulai bisnis tanaman hias.

Tanaman Sayur

Jenis tanaman kedua yang dapat dijadikan peluang bisnis bagi Anda adalah jenis tanaman sayur yang meliputi bayam, kangkung, wortel, brokoli, kubis, dan berbagai jenis tanaman sayur lainnya. Untuk menjalankan bisnis tanaman sayur ini, sebaiknya Anda menyediakan lahan yang cukup luas dan berada di daerah dataran tinggi yang memiliki udara sejuk.

25 Rekomendasi Peluang Bisnis Pertanian Yang Menjadi Trend Saat Ini

jenis tanaman sayur
Foto oleh Magda Ehlers dari Pexels

Pasalnya tumbuhan sayur dapat tumbuh dengan baik dan optimal di daerah yang memiliki udara sejuk seperti di dataran tinggi. Anda juga perlu waspada terhadap serangan hama dalam menjalankan bisnis tanaman sayur.

Tanaman Buah

Jenis tanaman yang ketiga yang dapat Anda jadikan peluang bisnis adalah jenis tanaman buah. beberapa contoh jenis tanaman buah yang dapat dijadikan bisnis di antaranya tanaman mangga, durian, pisang, nanas, pepaya, manggis, apel, dan berbagai buah lainnya lainnya. Anda perlu memperhatikan iklim yang sesuai untuk masing – masing tanaman buah yang akan Anda tanam untuk dapat menghasilkan buah yang banyak.

Jenis Tanaman souvernir

Jenis tanaman ini adalah tanaman yang paling sering dijadikan pajangan atau koleksi. Selain itu banyak juga yang menjadikan tanaman ini sebagai kenang-kenangan untuk acara tertentu. Misalnya seminar, pernikahan, dll. Bentuk tanaman souvernir ini kecil sehingga bisa dibungkus secara menarik.

Salah satu contoh yang termasuk tanaman souvernir diantaranya ada kaktus, anthurium, aneka jenis bunga kecil, dll. Meskipun dari segi bentuk tergolong kecil, namun tumbuhan-tumbuhan ini memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.

Cara Budidaya Buah Durian Agar Buah Terasa Nikmat

Akhir Kata

Demikianlah artikel mengenai jenis – jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai peluang bisnis Anda. Bagi Anda yang gemar berkebun, pastinya bisnis tanaman ini sangatlah sesuai dengan Anda.

Tinggalkan komentar