Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di Android

kartu sd tidak terbaca di android

Kartu sd atau kartu memori adalah salah satu alat eksternal yang berfungsi untuk membuat penyimpanan tambahan yang memiliki kapasitas penyimpanan berbeda beda, masalah kartu sd tidak terbaca di android adalah menjadi masalah penting yang harus di selesaikan.

Manfaat menggunakan kartu SD adalah dapat membuat penyimpanan baru di Android Anda, seperti yang kita ketahui, penyimpanan default android (internal) memang terbatas dan terkadang tidak cukup untuk menyimpan banyak file, bagaimana ingin memasangnya jika kartu sd rusak?

Semakin lama memang teknologi semakin berkembang pesat khususnya perkembangan smartphone yang saat ini menjadi salah satu benda yang harus kita miliki karena fungsinya yang dapat memudahkan kegiatan kita khususnya komunikasi, tempat menyimpan file dan lain lain.

Walaupun sudah banyak Android yang penyimpanan internalnya berkapasitas besar, tetapi tetap saja keberadaan SD Card masih sangat diperlukan, kenapa> karena selain menambah kapasitas penyimpanan, kartu sd juga dapat dijadikan tempat untuk mencadangkan berbagai file penting yang ada di android kita, oleh karena itu jangan sampai kartu sd tidak terbaca.

Ketika Anda membeli kartu SD pastikan yang Anda beli adalah barang yang tidak terlalu murah, karena biasanya murah itu kualitasnya tidak terjamin, karena banyak sekali kasus kartu sd rusak di android, dan selalu ada perintah untuk memformatnya, tentunya jika didalamnya terdapat file penting kita tidak akan bisa memformatnya.

Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di Android

Untuk memperbaiki kartu sd yang rusak membutuhkan sedikit pengetahuan dan percobaan, jika gagal jangan dulu untuk membeli yang baru, karena disini bukan hanya diberikan 1 cara saja, tetapi berbagai cara yang bisa Anda praktekan

#1. Penting! Anda jangan langsung memformat kartu SD, cobalah melakukan cara berikut ini yaitu dengan membersihkan kuningan kartu SD dengan menggunakan penghapus pensil.

kartu sd tidak terbaca di android

Untuk mendeteksi kartu ke Android pasti melalui kuningan, jika terdapat kotoran tentunya dapat menghalangi konektivitas keperangkat Android, Anda bisa mencoba untuk membersihkannya menggunakan penghapus pensil dengan satu arah, tips ini Admin coba dan akhirnya berhasil.

#2. Kedua, masih berhubungan dengan yang pertama, yaitu pastikan bagian tempat kartu SD tidak ada yang terlepas atau copot, hal ini dapat menyebabkan ponsel tidak dapat membaca kartu sd dengan benar, alhasil Anda tidak akan bisa menyimpan dan membuka file yang ada di kartu memori.

Untuk memastikannya, cobalah memasang kartu sd di Android lain atau di pc menggunakan card reader, jika memang di perangkat lain berjalan dengan sempurna tidak ada masalah, itu berarti Android Andalah yang bermasalah, biasanya pada titik hardware.

Selain itu juga perhatikan letak kartu sd saat dipasang, jangan sampai tidak pas, biasanya sudah ada penguncinya agar kartu sd tidak mudah bergerak.

#3. Masih belum berhasil juga? sekarang ini sudah banyak aplikasi canggih dengan berbagai fungsi yang berbeda beda, apakah Anda tahu bahwa ada aplikasi untuk fix kartu sd?

Anda bisa menjajal aplikasi bernama SDFix yang bisa di unduh secara gratis di playstore, aplikasi ini berfungsi untuk mengatasi kerusakan kartu memori dari segi sistem.

Maksudnya apa? karena banyak virus yang menjadi penyebab kerusakannya, tanda-tandanya ada file tidak dikenal yang tersimpan di memori Anda dan sulit untuk dihapus, bisa dicek melalui file manager.

Jika ada file tidak dikenal dan sulit dihapus, cobalah untuk menghapusnya melalui perangkat pc atau laptop.

#4. Terakhir Anda bisa memformat kartu SD untuk memulihkannya, namun ini sangat beresiko jikalau banyak hal penting yang tersimpan di memori, contohnya foto, video, musik atau file lainnya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kinerja RAM Dengan SD Card

Memang android juga menyarankan untuk format jika kartu sd rusak, Anda bisa menghapusnya melalui PC jika kartu sd tidak terbaca di perangkat Android, untuk menguhubungkannya bisa menggunakan card reader.

Cara Menjaga Kartu SD Agar Tidak Mudah Rusak

Ada sedikit tips nih untuk Anda, dijamin akan memperpanjang umur kartu memori dan tidak rentan rusak.

  • Bersihkan kuningan secara berkala menggunakan penghapus
  • Hapus file mencurigakan yang tersimpan sendiri di kartu SD
  • Usahakan tidak membiarkan kartu SD terisi terlalu penuh, sisakan ruang sedikitnya 100 MB.
  • Jangan sering mencopot dan memasang kartu sd ke android lain

Kesimpulan

Maaf apabila artikel ini masih banyak kekurangan terutama dari cara penulisan yang masih tidak beraturan, mungkin artikel ini tidak se-informatif yang lain, tetapi Admin harap bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga:Cara Mengatasi SD Card Write Protected (Terkunci)

Itulah beberapa cara mengatasi kartu sd tidak terbaca di android, beberapa tips diatas sudah pernah Admin coba sendiri dan berhasil, yang terpenting adalah membersihkan kuningannya, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *