Kenali Gejala Virus Corona Secara Mandiri

2 min read

Saat ini dunia tengah dibuat kelabakan oleh makhluk kecil yang sebelumnya sama sekali tidak pernah muncul membuat kegaduhan dan mengambil kontribusi untuk menyakiti manusia.

Benar! Makhluk kecil yang sedang kita bicarakan tidak lain adalah Virus COVID 19 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Virus Corona.

Awal Kemunculan Virus Corona

Jika berbicara mengenai awal pertama kali munculnya virus Corona, sebenarnya virus ini sudah ada sejak tahun 1960an.

Tentu saja, jenis virus ini sangat bervariasi, beberapa ahli menyebutkan bahwa Virus Corona yang ditemukan saat awal pertama kali, yakni tahun 1960an adalah jenis virus Corona S yang tidak memiliki agresivitas tinggi sebagaimana virus Corona jenis L yang saat ini merebak.

Ketika awal kemunculan, Corona virus hanya menginfeksi saluran pernapasan pada ayam, yang disebut dengan bronkitis infeksius pada ayam, serta 2 virus yang berasal dari rongga hidung manusia, yang saat itu dikenal sebagai flu biasa.

Saat itu 2 virus ini disebut dengan human coronavirus 229E, dan human coronavirus OC43. Mulai detik itulah, virus Corona menunjukkan progressnya, hingga bermunculanlah anggota virus Corona lainnya.

Seperti SARS-CoV yang ditemukan pada tahun 2003, atau HCoV NL63 yang ditemukan pada tahun 2004, HKU1 yang ditemukan pada 2005, MERS-CoV ditemukan pada tahun 2012, serta SARS-CoV-2 yang ditemukan pada 2019 silam.

Dan hampir keseluruhan dari virus-virus ini, selalu terkait dengan masalah infeksi saluran pernapasan yang cukup dan sangat serius.

Jika anda sedang mencari berapa jumlah korban Virus Corona sampai hari ini di Indonesia, silahkan klik link ini.

Mengenal Gejala Virus Corona

Selain mengetahui tentang bagaimana awal kemunculan virus Corona atau COVID 19, yang tidak kalah pentingnya yaitu kita juga harus mengetahui apa saja gejala yang ditimbulkan, saat seseorang teridentifikasi atau dicurigai telah terinfeksi oleh COVID 19 atau virus Corona ini.

Dan berikut di bawah ini, adalah beberapa bentuk gejala atau tanda-tanda yang bisa dikenali saat seseorang tersebut “mungkin” telah terinfeksi virus Corona.

1. Demam

Meskipun demam bukan merupakan tolak ukur mutlak untuk menetapkan status seseorang sebagai penderita, namun secara umum diantara gejala awal yang dialami oleh penderita yang terinfeksi COVID 19 adalah demam.

Oleh sebab itu, sebagai bentuk atau langkah preventif untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan adalah dengan menjaga kondisi agar tidak mengalami demam, terlebih untuk saat-saat ini.

Mengingat virus Corona ini dapat lebih mudah menginfeksi seseorang yang kondisi tubuhnya sedang tidak dalam keadaan fit.

Dan sekiranya kondisi kita terlanjur mengalami demam, segeralah berobat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Jika anda berprofesi sebagai guru, anda sedang mencari website untuk pembelajaran jarak jauh, Ini 5 Rekomendasi Website Jarak Jauh Gratis Untuk Pembelajaran Online

2. Batuk

Diantara gejala lainnya yang merupakan tanda awal bahwa seseorang terindikasi COVID 19 adalah batuk. Benar!

Tidak semua orang yang menderita batuk adalah orang yang terjangkiti Corona virus, namun berdasarkan riset para dokter yang menangani kasus Corona virus, batuk adalah salah satu gejala awal yang dialami oleh para penderita COVID 19.

Oleh sebab itu, langkah terbaik saat ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus, menekan jumlah penyebaran, atau mengambil tindakan yang cepat, memeriksakan diri saat tubuh telah mengalami demam dan batuk adalah yang terbaik.

3. Gangguan Pernapasan

Apabila seseorang telah mengalami rentetan gejala diatas, seperti demam, batuk, apalagi ditambah dengan gangguan pernapasan, maka hendaklah segera melakukan pengobatan ke rumah sakit.

Terlebih jika seseorang tersebut ternyata baru saja kembali dari kunjungan tempat dimana wabah virus Corona menyebar.

Atau pun bisa jadi, ia baru saja terlibat kontak fisik dengan seseorang yang baru saja kembali dari perjalanan, dimana tempat berkembangnya virus COVID 19 atau Corona Virus.

Artikel ini sebenrnya hanyamembahas gejala-gejala awal jika ada orang mengidap virus corona. Anda bisa kenali gejala awal virus corona seperti di atas.

Jika anda merasa terkena virus corona silahkan jangan panik, lakukan analisis tentang keseharian mu kemarin pergi ke mana saja, dan silahkan lapor ke call center pusat : 021-5210411 dan 081212123119

Lebih baik anda melakukan isolasi secara mandiri dan lakukan tips di bawah ini untuk Mengatasi Virus Corona Secara Mandiri.

Jika artikel Kenali Gejala Virus Corona ini bermanfaat, share ke teman yang lain, anda di sarankan jangan panik dan lakukan perintah pemerintah untuk Stay From Home. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *