Kenapa Bluetooth Tidak Bisa Pairing? Berikut Solusinya

Kenapa Bluetooth Tidak Bisa Pairing? Pertanyaan ini sudah sering sekali ditanyakan oleh banyak orang, kenapa? Karena memang terkadang sering ada masalah error pada bluetooth baik itu di smartphone Android, IOS ataupun diperangkat lainnya seperti PC dan Laptop  masalah ini bisa kita ketahui ketika ingin mengirim file melalui bluetooth namun perangkat yang satu dengan yang lainnya tidak dapat atau sulit terhubung padahal kan udah dinyalain bluetooth di kedua perangkatnya, nah kenapa tidak bisa terhubung? Tentunya ada penyebab kenapa masalah ini bisa terjadi, di artikel ini Tengku akan coba membagikan cara bagaimana cara mengatasinya, Anda pensaran dan ingin tahu kelanjutannya? Yuk baca sampai selesai.
Bluetooth adalah salah satu fitur yang sudah ada pada perangkat smartphone dan komputer, ini adalah fitur yang bisa dibilang sudah jadul namun masih sangat berguna sekali walaupun sekarang banyak aplikasi pengirim file selain bluetooth yang lebih cepat seperti Shareit atau Sharecloud namun tetap saja fitur bluetooth masih tetap berguna dan sangat dibutuhkan, nah kenapa alasannya? 
Kenapa Bluetooth Tidak Bisa Pairing?
Walaupun banyak aplikasi pengirim file seperti yang Tengku katakan tadi yaitu Shareit, tetap saja bluetooth diperlukan karena untuk mengirim file shareit keperangkat lain, nah tetapi banyak juga nih yang ngeluh bluetooth error susah dihubungkan dengan perangkat lain.
Kenapa bluetooth tidak dapat terhubung? Tentunya ini menjadi masakah yang harus Anda cari tahu kenapasih sebabnya bisa seperti itu? Apa karena memori penuh atau karena hal lain yang belum Anda ketahui? Nah penyebab umum kenapa bluetooth sulit untuk menyambungkan adalah karena jarak perangkat satu, dengan perangkat dua tidak berdekatan atau terlalu jauh, seperti yang kita ketahui, bluetooth adalah fitur pengirim file jarak dekat, jadi jika terlalu jauh maka akan sulit terkoneksi dengan perangkat yang lainnya, paham? Lalu apa lagi keluhan yang lainnya?
Selain itu, ada lagi masalah pada bluetooth dan yang paling sering adalah bluetooth tidak bisa diaktifkan, nah lho gimana kalo nggak bisa diaktifin? Ya jelas kita tidak akan bisa mengirim file melalui bluetooth bukan? Selain itu, terkadang masalah muncul difitur lain seperti wifi tidak bisa dinyalakan atau malah kadang kadang hidup sendiri padahal kita nggak ngerasa idupin, horror ya hehe… Tapi jangan khawatir, semua masalah itu bisa diatasi dengan mudah kok kawan, yuk baca sampai selesai artikel ini.
Hmmm pertama Tengku akan membahas bagaimana solusi bluetooth tidak bisa pairing, yuk simak…

Kenapa Bluetooth Tidak Bisa Pairing? Nih Cara Ampuh Untuk Mengatasi Error Pada Bluetooth

Jadi begini, semua masalah itu pasti ada jalan keluarnya bukan? Jadi Anda harus yakin dulu nih bahwa Anda pasti bisa mengatasi error pada bluetooth, kalo udah yakin duluan biasanya bakal berhasil lho kawan, jadi jangan pesimis ya, tenang aja, Tengku akan bimbing sampai selesai keakar akarnya, dan diartikel ini Tengku tidak akan hanya membahas satu permasalahan saja, namun beberapa masalah yang berhubungan dengan bluetooth, Lets Go!

1. Coba Deh Restart Dulu Ponselnya

Anda pasti sudah tahu kan fitur menyalakan ulang yang biasanya sudah ada pada ponsel smartphone? Nah jangan malah didiemin, fitur ini dibuat tentunya memiliki tujuan dan kegunaan yang sangat penting untuk ponsel, manfaat dari restart yang pertama adalah dapat meningkatkan kinerja ponsel Anda menjadi 2X Lipat, yang tadinya ponsel Anda lemot, bisa lho dioptimalkan hanya dengan merestart ponsel.
Lalu selain dapat meningkatkan kinerja ponsel, bisa apa lagi? Selain itu, restart juga bisa mengatasi bug pada Android, bug itu ada macam macam , yaa intinya error yang sering terjadi seperti yang pertama adalah masalah bluetooth error, tidak bisa dimatikan, tidak bisa dinyalakan dan bluetooth tidak dapat terhubung dengan baik ( Pairing ) , lalu bug yang lainnya adalah kamera tidak bisa dibuka, dan masih banyak yang lainnya.
Setelah mengetaui apa saja kegunaan luar biasa hanya dengan memanfaatkan fitur restart, Jadi sebenarnya bluetooth yang tidak dapat dioperasikan bisa diatasi dengan cara menyalakan ulang ponsel yang Anda miliki, kalau nggak ada pilihan restart, biasanya ada pilihan reboot, nah klik saja yang reboot karena fungsinya sama yaitu merefresh atau menyegarkan ponsel agar lebih bekerja secara maksimal lagi.
Nah Tengku ada trik nih bagaimana cara merestart Android dengan perintah ketikan melalui aplikasi Terminal Emulator untuk Android dan disarankan untuk Android yang sudah dalam kondisi Root, dengan aplikasi terminal emulator, Anda bisa menyalakan ponsel dengan perintah tulisan dengan mengetik “Reboot” lalu klik “Enter” maka otomatis ponsel smartphone akan restart sendiri, oh iya, terminal emulator hanya untuk Android ya, kalo untuk IOS Tengku kurang paham…
Sampai disini sudah paham kan???…

2. Coba Mati/Nyala Bluetooth (Refresh)

Tenang aja, kalo cara yang pertama belum bisa juga menyelesaikan error pada bluetooth, Anda bisa mencoba cara yang satu ini yaitu dengan mati dan nyalakan bluetooth secara berulang ulang, kenapa harus begitu? Ya namanya juga ponsel buatan manusia, terkadang ada errornya juga, nah ini adalah suatu usaha untuk memperbaiki bluetooth yang sulit terkoneksi, bukannya nggak ada kerjaan mati nyalain berulang ulang, tapi emang gini caranya, jadi sama saja menyegarkan bluetooth gitu lho.
Menyalakan dan mematikan bluetooth secara berulang ulang ampuh untuk memperbaiki bluetooth tidak bisa pairing dan juga error tidak bisa dinyalakan, nah sangat berguna bukan? Coba deh nyalain matiin ulang ulang sampai 5X aja, dan coba untuk kirim file ulang dan menyandingkan ulang, apakah bisa terhubung dengan perangkat yang satunya atau tidak? Kalo masih belum bisa juga, coba cara yang satu ini…

3. Jangan Lupa Hapus Cache/Dalvik Bluetooth

Setiap aplikasi biasanya menyimpan cache dan dalvik tersendiri, contohnya saja seperti halnya aplikasi sosial media seperti instagram, pasti difile manager ada folder Instagram dan didalamnya berisi file file sampah, berupa thumbnail gambar dan foto yang tidak sengaja tersimpan, begitu juga bluetooth, karena ini juga termasuk Aplikasi, namun bedanya bluetooth adalah aplikasi sistem atau sudah tertanam pada saat ponsel itu diproduksi.
Apakah aplikasi sistem menyimpan cache dan dalvik juga? Ya benar, bukan hanya aplikasi pihak ketiga saja, bluetooth dan aplikasi sistem lainnya juga menyimpan file cache dan dalvik tersendiri, nah semakin lama maka file akan semakin bertambah, biasanya kalo udah penuh akan membuat kinerja aplikasi berkurang bahkan sering muncul error, jika cache bluetooth terlalu banyak akan menyebabkan sulit terkoneksi, tidak bisa menyala dan tidak bisa dinonaktifkan, nah solusi amannya adalah membersihkan cache dan dalviknya.
Gimana cara bersihin cache dan dalvik???

Begini Cara Membersihkan Cache Dan Dalvik Bluetooth

1. Yang pertama coba klik menu “Pengaturan”
2. Pilih Opsi Manager Aplikasi
3. Lalu Cari Bluetooth, geser kekiri sampai bacaan “Semua”
4. Klik bluetooth dan pilih “Hapus Data”
Gimana? Gampang kan?

4. Paksa Berhenti Bluetooth

Ini cara yang simple tapi pernah juga ampuh, hanya dengan memaksa berhenti bluetooth juga bisa lho memperbaiki masalah sulit pairing, cara ini hampir sama dengan yang ketiga, jika yang ketiga adalah dengan menghapus data cache dan dalvik bluetooth, cara ini hanya dengan ” Paksa Berhenti ” atau bisa juga memberhentikan aplikasi yang berjalan dilatar belakang, ternyata memberhentikan aplikasi yang berjalan dilatar belakang memiliki manfaat yang luar biasa lho kawan.
Apa manfaat membersihkan aplikasi yang berjalan dilatar belakang? Nah manfaatnya adalah dapat meringankan beban kinerja ponsel Anda, jika terlalu banyak aplikasi berjalan dipenyimpanan RAM akan menyebabkan ponsel Anda bekerja terlalu capek, ya seperti manusia saja, kalo kebanyakan olahraga juga kan gak baik untuk kesehatan, malah bisa sakit, nah samahalnya jika aplikasi yang berjalan terlalu banyak bahkan melebihi kapasitas akan menyebabkan umur ponsel berkurang.

5. Factory Reset

Kenapa Bluetooth Tidak Bisa Pairing? Nah cara memperbaikinya bisa dengan memilih dan memanfaatkan opsi Pengaturan Pabrik pada ponsel, apasih kegunakaan Factory Reset itu? Pada dasarnya itu berguna untuk membersihkan seluruh file dan mengembalikan ponsel seperti semula pada saat diproduksi dipabrik, intinya jadi seperti baru, jika Anda tidak membackup seluruh data terlebih dahulu, maka data akan terhapus, jadi sebelum melakukan factory reset jangan lupa untuk mencadangkan seluruh data Anda terlebih dahulu.
Nah Factory Reset juga bisa memperbaiki error pada bluetooth lho, seperti mengatasi bluetooth tidak dapat pairing, tidak dapat terhubung dan tidak dapat dinyalakan, karena factory reset dapat mengembalikan Ponsel seperti semula dan bisa juga bluetooth kembali normal lagi, lalu bagaimana cara factory reset?

Cara Factory Reset Android

1. Pertama Klik “Pengaturan”
2. Klik Opsi “Mencadangkan Dan Setel Ulang”
3. Lalu Klik “Hapus Data”
Tengku ingetin sekali lagi, jangan lupa Backup Data sebelum melakukan factory reset.

6. Flashing Ponsel

Apa itu flashing? Nah sebelumnya Tengku sudah pernah membuat pengertian dan kegunaan dari flashing ponsel Android, jadi jika Anda ingin memgetahui apasih itu flashing, manfaatnya apa ? Nah Anda bisa melihat di artikel sebelumnya.
Pada dasarnya flashing dapat mengatasi bug bug yang tersimpan pada sebuah perangkat, bisa mengatasi bootlop, hang, mentok dilogo dan masih banyak yang lainnya, nah kenapa bluetooth tidak bisa pairing? Anda hanya perlu mencoba flashing saja, maka bluetooth akan kembali normal seperti semula, jika Anda tidak bisa flashing sendiri, maka Anda harus menggunakan jasa orang lain dan tentunya berbayar, berapa biaya flashing? Untuk mengetahui biaya flashing 2019, maka coba baca Artikel Sebelumnya.
Baca Juga:

Kesimpulan

Demikian solusi kenapa bluetooth tidak bisa pairing, semoga 6 cara diatas tidak sia sia dan semoga dapat memperbaiki masalah error pada bluetooth diponsel Anda, nah Tengku ingatkan sekali lagi, cara diatas bisa dicoba bukan hanya untuk masalah sulit terhubung saja, namun bisa juga atasi masalah bluetooth tidak dapat dinyalakan, dinonaktifkan dan yang lainnya, sekian dari Tengku, jangan lupa baca artikel menarik lainnya, Terimakasih…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *