Penjelasan Konsep MVC dalam Pemrogramn Website

Pengertian mvc dalam dunia pemrograman website

Konsep MVC dalam Pemrograman Website – Setelah mempelajari banyak sekali materi website, mungkin MVC harus masuk hal yang penting dalam pembangunan sebuah website.

Kenapa harus belajar MVC, mungkin kami nanti akan membahas lebih banyak tentang pengertian MVC dari para ahli dan fungsi kegunan dari MVC, dan macam-macam framework yang menerapkan MVC.

Pengertian Umum Tentang MVC

Penjelasan tentang konsep MVC

Model View Controller merupakan suatu konsep dalam pembangunan aplikasi web. Terdapat 3 jenis komponen yang membangun suatu mvc dalam aplikasi yaitu:

  • Model,merupakan bagian yang berhubungan dengan database untuk memanipulasi data seperti query, insert, update,dan search.
  • View mepurapak bagian yang menangani tampilan interface halaman web seperti kontak tels,dropdown,dll.
  • Controller, bisa di katakan sebagai relasi hubungan antara bagian model dengan bagian view, dimana controller berfungsi menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan di proses aplikasi.

Pengertian MVC Menurut Para Ahli

1. Pengertian MVC Menurut Ahli (Badiyanto,2013:49)

MVC adalah model pembuatan program yang menerapkan arsitektur aplikasi menjadi tiga bagian memisahkan antara tampilan proses, tampilan dan bagian yang menghubungkan dengan database dan memisahkan proses bisnis dari pertimbangan antarmuka user agar para pengembang bisa lebih mudah mengembangkan salah satu bagian dari aplikasi sehingga tidak mempengaruhi bagian yang lain.

2. Pengertian Model-View-Controller Menurut Ahli Badiyanto

  • Model

Model merupakan kelas yang mendasari logika proses dalam aplikasi perangkat lunak dan kelas yang yang terkait dengannya.

  • View

View merupakan kumpulan dari kelas yang mewakili unsur-unsur dalam antarmuka,dalam view terdapat nama yang dipakai untuk mengidentifikasi file script tampilan saat dipanggil lewat fungsi render.

  • Controller

Controller merupakan teks yang menghubungkan model dan view, digunakan untuk berkomunikasi antar kelas dalam model dan view.

3. Pengertian MVC Menurut Hakim

Dalam konteks Condelgnitter dan aplikasi berbasis web, maka penerapan konsep MVC mengakibatkan kode program dapat dibagi menjadi 3 katagori, yaitu:

  • Model

Kode program (berupa OOP class) yang digunakan untuk memanipulasi database.

  • View

Berupa template html/xml atau php untuk menampilkan data pada browser.

  • Controller

Kode program (berupa OOP class) yang digunakan untuk mengontrol aliran aplikasi (sebagai pengontrol model dan view).

Pengertian MVC menurut admin Inovatifku.com

  • Bagian view merupakan kelas-kelas yang mengimplementasikan user interface dari program yang dibangun
  • Bagian controller merupakan kelas-kelas yang mengendalikan  alur program secara keseluruan, mengandung business logic, dan sebagai penghubung antara view dengan model dan dao.
  • Bagian model pada java menggambarkan struktur data pada database.

Pengertian MVC Menurut Arsitektur

  • Model adalah mewakili data yang diproses oleh suatu aplikasi.
  • View adalah repsentasi visual dari user interface atau bisa dibilang tampilan suatu aplikasi
  • Controller Mewakili control flow logic.Keputusan mengenai view mana yang harus dipanggil untuk menampilkan data tertentu,bagai mana dari model yang harus diupdate ditangani oleh controller. Berperan sebagai perantara dari aplikasi dan mengambil tiap request.Lalu memanggil model yang cocok untuk meng-update atau mengambil data.Setelah itu memilih view yang cocok untuk menampilkan data.

Manfaat Penggunaan MVC

Dengan menggunakan Prinsip MVC, suatu aplkasi dapat dikembangkan secara terpisah antara layer application logic dan presentation. Ada beberapa manfaat yang didapatkan dalam pembangunan sistem dengan konsep MVC tersebut . Berikut ini merupakan beberapa manfaat penggunaan MVC.

  1. Komponen-komponen yang digunakan pada antarmuka dapat digunakan kembali pada sistem lain (user interface reusable component).
  2. Pengembangan aplikasi dengan antarmuka pengguna secara terpisah.
  3. Memiliki kemampuan pewarisan (inheritance) dari berbagai bagian yang berbeda pada suatu hirarki kelas.
  4. Kemudahan dalam mengatur tampilan (control style) yang menyediakan fitur umum secara terpisah dengan fitur yang akan ditampilkan oleh aplikasi yang dikembangkan.

Jenis – jenis MVC

Dengan menggunakan MVC, aplikasi akan lebih mudah untuk dikembangkan. Dalam pengembangannya aplikasi MVC memiliki tiga jenis yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan aplikasi.

  1. Server side MVC biasanya digunakan pada aplikasi web tradisional,ketidak melibatkan client side seperti javascript,java applet, flash,dan lain-lain.server side MVC menyerahkankeseluruhan proses bisnis pada server,aplikasi pada sisi user hanya dapat menerima.jenis ini juga disebut THIN CLIENT.
  2. Mixed client side and server side MVC 1(mixed MVC 1) tidak menggunakan model sebagai penghubung untuk melakukan komunikasi pada server,dibandingkan dengan server side MVC arsitektur ini tingkat kompleks yang lebih tinggi karena banyak komponen yang terlibat.
  3. Application MVC Rich Internet Application(RIA) erupakan aplikasi web yang memiliki kemampuan dan fungsi yang hampir sama seperti aplikasi desktop.

Sebenarnya masih banyak pengertian MVC dari berbagai ahli, tapi admin cuma menambah seperti itu, admin akan mebahas tentang fungsi framework yang berkaitan dengan MVC.

Fungsi MVC dalam Framework

Mengenal tentang fungsi mvc dalam framework

Framework merupakan sebuah software yang memudahkan programmer untuk membuat aplikasi atau web yang di dalamnya terdapat berbagai pligin,fungsi,dan kumpulan-kumpulan instruksi yang dapat digunakan untuk membangun sebuah sistem.

Dengan menggunakan framework,struktur aplikasi maupun web akan lebih rapih. Framework berisi kumpulan script yang dapat digunakan untuk menangani berbagai masalah pemrograman seperti koneksi database, pemanggilan variabel, fungsi, file, dan lain sebangainya.

Beberapa contoh fungsi yang tersedia dalam framework adalah fungsi paging, enkripsi, email, SEO, session, security, kalender, bahasa, mengatur gambar, grafik, tabel, dan lain lain.

Pengertian Framework Menurut Para Ahli

Menurut Hakim

Framework adalah koleksi atau kumpulan potongan-potongan program yang disusun atau diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan untuk membantu membuat aplikasi utuh tanpa harus membuat semua kodenya dari awal.

Menurut Raharjo

Framework adalah suatu kumpulan kode berupa pustaka dan alat yang dipadukan sedemikian rupa menjadi satu kerangka kerja guna memudahkan dan mempercepat proses pengembangan aplikasi web.

Keuntungan menggunakan framework dalam membangun sebuah aplikasi atau sistem adalah sebagai berikut :

  1. Mempercepat waktu pembuatan aplikasi.
  2. Membantu programmer dalam proses perencanaan, pembuatan, dan pemeliharaan aplikasi.
  3. Aplikasi yang dihasilkan akan lebih aman dan tersetruktur.
  4. Memudahkan dalam pengkodingan.
  5. Memiliki tingkat keamanan yang handal.
  6. Mempermudah dalam membuat dokumentasi pembuatan sistem atau sebuah aplikasi.

Mengenal macam macam framework


Konsep MVC dengan Framework

Framewok dibedakan menjadi dua macam yaitu PHP Framework dan CSS Framework.

1. PHP Framework

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan oleh pengembang aplikasi. Aplikasi berbasis web yang dibangun dengan script PHP secara keseluruhan akan mengakibatkan pemborosan ruang penyimpanan sistem dan membuat web lama untuk di-lood.

Dengan framework akan menerapkan proses MVC untuk memisahkan bagian dari suatu halam web. Berikut ini adalah aplikasi Framework PHP:

#Codelgniter

Sebuah web application network yang bersifat open source digunakan untuk membangun aplikasi php dinamis, dengan model MVC yang dapat mempercepat pembangunan untuk sebuah aplikasi.

#CakePHP

Sebuah framework yang digunakan untuk membuat aplikasi CRUD (Create,Read,Update,Delete) berbasis pemrograman PHP.

#Symfony

Salah satu framework yang ditulis dalam php. Symfony secara keseluruhan dibuat dengan PHP 5 berbasis OOP(Object Oriented Programing).

Sebenarnya masih banyak sekali framework yang menggunakan metode MVC, seperti cakePHP, YII, Laravel dan masih banyak lagi.

2. CSS Framework

Kode yang digunakan untuk mengatur komponen-komponen web sehingga lebih indah dipandang. Dengan CSS framework kamu dapat membuat front-end website dengan cepat. Berikut CSS framework yang paling populer:

#Blueprint CSS

Sebuah CSS framework yang berisi sekumpulan perintah atau fungsi dasar yang dapat membantu dalam menyelesaikan proses yang kompleks.

#Bootstrap

CSS framework yang digunakan untuk mempermudah membangun tampilan web.

#Less Framework

Less Framework memiliki fitur dan tool yang memungkinkan penulisan CSS menjadi lebih sederhana,memberikan kemudahan dan keringkasan dalam membangun tampilan website yang menggunakan CSS.

Iya itu merupakan Penjelasan Konsep MVC (Model View Controller) dalam Pemrograman Website dan Framework, semoga artikel ini dapat mebantu anda, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *