Langkah-Langkah Mandiri Mengolah Sampah Rumah Tangga

Masalah pengolahan sampah merupakan salah satu masalah serius yang bisa ditemukan di lingkungan perumahan. Kadang, rumah dijual murah juga disebabkan karena pengolahan sampah di lingkungan sekitarnya tidak baik. Lantas, bagaimana cara menghadapi kondisi seperti demikian?

Pengolahan sampah di lingkungan rumah tangga tidak perlu dilakukan dengan mesin-mesin canggih atau alat-alat kompleks. Kamu bisa mengolah sampah rumah tangga dengan cara yang cukup sederhana. Sampah rumah tangga bisa disulap menjadi pupuk kompos, untuk sampah organik, dan barang-barang daur ulang yang berfaedah, untuk sampah non organik. Nah, bagaimana mengolah sampah rumah tangga dengan tepat? Berikut penjelasannya.

Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk

Mengolah sampah organik secara mandiri di lingkungan rumah dijual Jogja dapat dilakukan dengan mengubah sampah tersebut menjadi pupuk. Jenis pupuk hasil dari olahan sampah organik ini merupakan pupuk kompos yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman.

Baca juga : Inilah Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

Sebelum mulai membuat pupuk kompos, kamu harus tahu jika proses pembuatannya akan menimbulkan bau yang sangat menyengat. Jadi, bila tidak tahan dengan aromanya sebaiknya olah di lokasi yang jauh dari rumah atau minta tolong kepada ahlinya.

Membuat Ecobrick

Apa kamu tahu ecobrick? Bagi yang belum tahu, ecobrick ini adalah botol plastik yang terisi dengan limbah non biological untuk membuat blok bangunan yang ke depannya bisa digunakan kembali. Ecobrick ini merupakan salah satu cara terbaik dalam mengolah limbah plastik agar tidak mencemari lingkungan.

Lewat pembuatan ecobrick, kita bisa mencegah sampah yang ada di dalam botol plastik melepaskan gas CO2-nya sehingga dapat meningkatkan pemanasan global. Ecobrick bisa dimanfaatkan untuk membuat perabot modular, perabot indoor, dinding struktur, dan banyak lagi lainnya.

Menerapkan Prinsip 3R

Prinsip 3R yang perlu kamu tahu dan lakukan pada saat mencari rumah dijual murah adalah Reuse (penggunaan kembali), Reduce (mengurangi), dan Recycle (mendaur ulang). Pastikan ketiganya bisa diterapkan di rumah baru yang akan kamu tempati. Prinsip ini adalah teknik lebih lanjut dari pemisahan sampah sesuai dengan jenis-jenisnya.

Contoh dari prinsip 3R ini yaitu dengan cara menggunakan botol plastik bekas untuk dijadikan sebagai vas bunga atau hiasan. Pada dasarnya, 3R bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang sukar diurai pada tempat pembuangan akhir. Membuat Bank Sampah Pembuatan bank sampah juga bisa kamu inisiasi di lingkungan tempat tinggalmu.

Dengan adanya bank sampah, kamu bisa mengolah sampah rumah tangga secara pribadi ataupun kelompok. Bank sampah ini merupakan tempat dikumpulkannya sampah yang bisa didaur ulang, terutama sampah plastik. Keuntungan dari bank sampah ada banyak sekali. Salah satunya adalah nasabah yang menyetorkan sampah plastik bisa diberikan uang.

Mengurangi Sampah Rumah Tangga

Selain mengolah sampah, kamu juga bisa mengurangi produksi harian sampah rumah tangga. Mengurangi sampah dalam rumah tangga juga bisa menjadi bagian dari pencemaran lingkungan, maka mulailah dari diri sendiri untuk mengurangi sampah, terutama sampah plastik dalam rumah tangga sesuai kemampuan.

Baca juga : Inspirasi usaha sampingan ibu rumah tangga

Kamu bisa mulai dengan mengurangi sampah makanan dengan menghabiskan makanan yang telah diambil. Kurangi konsumsi minuman dalam kemasan, seperti air mineral, soda, dan lain-lainnya. Bila perlu, bawa botol minuman sendiri ke manapun kamu pergi.

Menggunakan Kembali Plastik Sekali Pakai

Di rumah dijual Jogja biasanya kita juga akan menemukan kumpulan plastik bekas wadah belanjaan. Ada juga wadah plastik tempat makanan. Kesemuanya merupakan produk sekali pakai yang jika terus digunakan akan sangat membahayakan lingkungan. Maka dari itu, manfaatkanlah sampah-sampah plastik ini untuk digunakan kembali. Dengan begitu, kamu akan ikut andil dalam upaya pengurangan sampah plastik.

Sebaiknya, pada saat akan mencari rumah dijual murah, kamu juga harus memikirkan bagaimana cara pengolahan sampahnya agar tidak membebani masyarakat.

Tinggalkan komentar