Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri? Ini Solusinya

1 min read

layar sentuh android bergerak sendiri

Saat ini perkembangan smartphone Android semakin pesat, semua smartphone sudah mendukung teknologi layar sentuh yang memudahkan penggunanya untuk mengoprasikan Android tersebut, namun tidak jarang ada saja masalah pada layar sentuh itu sendiri, salah satunya adalah layar sentuh bergerak sendiri, kenapa ini bisa terjadi?

Layar sentuh Android error bergerak sendiri menandakan secanggih apapun teknologi smartphone sekarang tetap saja pasti ada kelebihan dan kekurangannya, baik dari tingkat kekuatan, desain dan yang lainnya, tetapi layar sentuh yang bergerak sendiri bukan disebabkan karena adanya makhluk halus di Android Anda, melainkan murni dari masalah hardware maupun software.

Masalah seperti ini seringkali ditemukan pada beberapa merk Android, seperti Advan, Samsung, Xiaomi dan merk smartphone lain yang sudah mendukung teknologi layar sentuh (touch screen). Pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu cara mengatasi layar sentuh Android bergerak sendiri.

Mengatasi Layar sentuh android Error bergerak sendiri

Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri

Berikut ini penyebab dan cara mengatasi masalah touchscreen Android error, silakan simak artikel ini sampai selesai, dan pastikan untuk mencoba semua trik dibawah ini:

Penyebab & Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Begerak Sendiri

Hal ini bisa terjadi bukan karena tanpa alasan yang jelas, yang perlu diketahui ada beberapa penyebab yang membuat layar sentuh Android Anda menjadi error dan terkadang bergerak sendiri, diantaranya adalah:

1. Malfungsi Sistem Android

Penyebab pertama disebabkan dari sisi software, yaitu terjadinya kesalahan fungsi yang bisa disebabkan karena banyak hal, malfungsi sistem dapat menyebabkan beberapa masalah diantaranya adalah membuat layar sentuh menjadi error.

Malfungsi sistem bisa disebabkan karena ada virus yang tertenam pada akar Android, aplikasi yang terinstall atau pada file manager, selain itu kebiasaan untuk tidak melakukan update sistem juga dapat menyebabkan kesalahan fungsi sistem lho! jadi pastikan Anda selalu memperbarui sistem Android ya!

2. Masalah Charger

Jika layar sentuh error ketika Android sedang dicharger berarti ini adalah penyebabnya, tidak sedikit layar sentuh bergerak sendiri ketika sedang dicharger, hal ini karena smartphone tidak cocok dengan charger yang digunakan sehingga membuat layar sentuh menjadi error, kasus ini sudah dialami banyak orang, termasuk Admin sendiri.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan mencoba menggunakan charger lain, jika layar sentuh kembali normal maka sudah dapat dipastikan ada masalah dengan charger yang sebelumnya digunakan, kami sarankan untuk menggunakan charger original sesuai merk Android Anda.

Baca juga: Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android Tidak Berfungsi

3. Layar Terkena Air

Seringakali ada beberapa orang yang bermain smartphone dalam keadaan tangan basah, jangan spelekan hal ini, karena air tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada layar sentuh Android Anda, air bisa saja masuk kesela-sela layar yang akhirnya masuk ke mesin, Anda bisa mengeringkan smartphone jika memang terkena air.

Sebelum mengeringkan smartphone, disarankan untuk melepas baterai, kartu sim, kartu memori dan juga menjemurnya dibawah sinar matahari agar cepat kering, bisa juga menggunakan kipas angin atau menimbunnya dengan beras.

4. Masalah Hardware

Penyebab terakhir adalah karena kerusakan pada layar sentuh itu sendiri, biasanya layar sentuh bergerak sendiri karena sebelumnya smartphone terjatuh, tertekan dan akhirnya retak, jadi solusinya Anda harus mengganti layar sentuh sesuai tipenya, untuk smartphone keluaran baru biasanya harus 1 set dengan LCD.

Baca juga: Tips Menghilangkan Goresan di Layar HP Xiaomi

Nah! Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi layar sentuh Android bergerak sendiri, Anda bisa mencoba tips dan trik tersebut dirumah, jangan lupa untuk berkomentar jika ada pertanyaan atau masukan untuk kami, semoga bermanfaat!

Cara Mengatasi “Application Not Installed” di Android

Cara Mengatasi Application Not Installed Android – Hallo kawan! Selamat datang di Blog Tengku Tutorials! Kali ini yang akan Tengku bahas adalah mengenai masalah...
Yoga Perdana Saputra
5 min read

Cara Mengatasi Hp Lenovo Sering Mati/Restart Sendiri

Cara Mengatasi Hp Lenovo Sering Mati/Restart Sendiri – Hallo kawan! Selamat datang di Blog Tengku Tutorials! Apa Anda tahu apa yang akan menjadi pembahasan...
Yoga Perdana Saputra
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *