Manfaat Blog Bagi Pelajar Dan Mahasiswa. Kalian Harus Tau!

TengkuTutorials!Manfaat Blog bagi pelajar dan mahasiswa – Sebagai pelajar dan mahasiswa biasanya masa masa sedang mencari jati diri dan penghasilan. Mereka bisa melakukan apa saja demi kebaikan dan ketenaran diri dilingkungan umum, Sebagai mahasiswa tentunya sudah ada fikiran untuk menghasilkan uang sendiri, bisnis yang cocok untuk mahasiswa adalah Blogging. ada banyak manfaat blog bagi pelajar dan mahasiswa , dan ada banyak bisnis online yang menguntungkan baik untuk pelajar, mahasiswa ataupun kalangan lainnya. Hanya dengan kemampuan menulis , kita sudah bisa menjadi Blogger. Menggeluti dunia blog juga tidak mudah, Anda harus banyak sabar, Kreatif, Semangat dan tidak mudah menyerah, karena itulah basic yang diperlukan jika Anda ingin menjadi seorang blogger, pelajar pun biasa menjadi blogger. Dari pada maen luntang lantung mending nulis artikel yang bermanfaat untuk orang lain. Pelajar yang baik adalah pelajar yang bisa menerapkan kegiatan belajar disekolah ke kehidupan sehari hari, begitupun mahasiswa. Lalu apa yang dimaksud Blog? Apa bisa menghasilkan uang lewat Blog? Lalu apa manfaatnya blog bagi pelajar dan mahasiswa ?  Berikut akan dijelaskan secara Rinci:  
Manfaat blog untuk pelajar dan mahasiswa

Pengertian Dari Blog


Blog Atau weblog singkatan dari Website Log yaitu situs web berisi informasi Yang dipublikasikan di Word Wide Web (Www). Www sendiri adalah sistem dokumen hypertext (Teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui internet. (wikipedia). Secara bahasa Inggris web artinya Jaringan dan Log artinya buku atau catatan harian, nahh sebagai pelajar dan mahasiswa harus tau mengenai ini, apalagi Anda ingin memfokuskan diri sebagai blogger muda.

Bisa juga catatan itu tentang topik yang membahas hal tertentu yang dikenal dengan istilah Niche Blog, yaitu blog yang membahas tema khusus misalnya Otomotif, Kesehatan, Hosting, Pendidikan , olahraga dan sebagainya. Tentunya dikampus atau disekolah kita sudah belajar tentang contoh niche diatas , maka sebagai pelajar dan mahasiswa kembangkanlah itu semua disebuah wadah dan agar bisa menghasilkan. Salah satunya Blogging.

Dari berbabagi pengertian atau definisi blog yang bisa kita temukan di mesin pencari seperti Googling, umumnya terdapat kata kata atau tulisan yang tampil dalam urut terbalik. Banyak sekali manfaat dari google asalkan kita bijak menggunakannya. Itu pengertian blog dan definisinya, lalu Apa Manfaat Blog Bagi Pelajar Dan mahasiswa? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Cara Membuat Huruf Tebal Di Facebook

Sebelum Anda tahu apa manfaat blog bagi pelajar maupun mahasiswa, sebaiknya Anda mengetahui dan memahami Arti dari pelajar ataupun mahasiwa, sungguh miris jika Anda adalah seorang pelajar Tetapi Anda tidak tahu arti dari pelajar yang sesungguhnya.

Begitupula mahasiswa maupun mahasiswi. Artikel ini tidak hanya membahas Manfaat blog bagi pelajar dan mahasiwa saja. Tetapi saya buat lebih rinci lagi penjelasannya dari berbagai sumber refisi yang berbeda beda. Berikut pengertian pelajar mahasiswa dan Mahasiswi:

Pengetian Pelajar Menurut Wikipedia

Pelajar atau peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan formal maupun nonformal, pada jenjang pendidikan dan jenis jenis pendidikan tertentu. Menurut wikipedia pelajar adalah istilah bagi peserta didik yang mengikuti jalur pendidikan formal tingkat dasar ataupun pendidikan formal tingkat menengah dan atas.

Pengertian Pelajar Menurut Para Ahli

•Menurut Sinolungan (1997) 

Mengemukakan bahwa pengertian pelajar secara luas adalah setiap orang yang terlibat dalam proses pendidikan untuk memperoleh pengetahuan sepanjang hidupnya. Sedangkan dalan arti lebih spesifik lagi. Pengertian pelajar adalah setiap sisiwa yang belajar disekolah 

•Menurut Sudjana

Mengemukakan bahwa pelajar adalah setiap upaya yang dilakukan dengan sengaja agar tercipta suatu kegiatan edukatif yang terjalin antara pengajar ( pendidik ) dengan pelajar ( peserta didik ). Pelajar pada dasarnya diartikan sebagai pengguna dari jasa yang diberikan oleh pengajar atau pendidik tersebut.

Pengertian Mahasiswa Menurut Wikipedia

Mahasiswa / mahasiswi adalah istilah umum bagi peserta didik pada jenjang pendidikan tinggi yaitu perguruan tinggi ataupun sekolah tinggi.

Baca Juga: Cara Memindahkan file Whatsapp ke Sd Card

Nah setelah mengerti apa itu pelajar dan mahasiswa, yang sekarang akan kita bahas adalah yang masih berhubungan dengan dua itu, yaitu manfaat blog untuk pelajar maupun mahasiswa. Agar lebih termotivasi menjadi blogger, saya akan ceritakan satu tokoh blogger yang sudah sukses dan menjadi Blogger terkaya didunia beliau bernama Markus Frind:

Blogger yang berpenghasilan tertinggi dari blog dan Adsense :

Markus Frind – PlentyOfFish.com
Jika Anda belum pernah mendengar Nama orang ini silakan menuju situs webnya bernama plentyoffish.com ia adalah orang yang membuat situs web layanan gratis online dating dari apartemennya seorang diri. Tidak lama setelah itu. Situs webnya menjadi salah satu situs online dating terbesar dan berpenghasilan $3000.000 atau ( 3 Miliyar ) per bulan. Luar biasa bukan?
Semoga setalah Anda membaca pengalaman blogger sukses diatas. anda bisa lebih semangat lagi dalam dunia blogging. Karena itu sangat bermanfaat juga bagi orang lain.
Apakah Anda seorang blogger? Atau Anda baru ingin menjadi seorang blogger? Sebelum kita menjadi seorang blogger, ada syarat yang sekiranya harus dipenuhi untuk terjun dan ikut serta menjadi produsen diinternet. Berikut adalah syarat menjadi seorang blogger:

Memiliki kesabaran yang tinggi, karena saingan banyak.

Memiliki kemampuan menulis, tidak malas dan harus rajin membuat artikel

Jika Blog Anda ingin ada di mesin pencari seperti google Anda harus memahami Teknik SEO ( Search Engine Optimization ) atau suatu usaha untuk mengoptimimalkan Blog Anda dimesin Pencari.

Waktu. Kenapa waktu?

Blogger profesional harus memiliki waktu luang untuk mengelola blognya. Selain membuat postingan yang bagus, waktu juga penting untuk sharing atau berinteraksi dengan blogger lain. Melakukan riset online, mengumpulkan informasi dan sebagaunya.

Minat terhadap niche atau topik yang dipilih.

Pengetahuan apapun itu tentang blog.

Kemampuan mempercantik atau mendesain blog.

Sedikitnya harus paham mengenai HTML, CSS dan sebagainya.

Pengetahuan bisnis marketing
Memiliki jiwa pencipta atau kreatif dan inovatif.

Kemampuan untuk berinteraksi.

Apa saja alat tempur yang harus disediakan untuk menjadi seorang blogger? Berikut daftarnya :
Punya Pc / Laptop yang terkoneksi internet
Sudah memiliki akun Gmail

Manfaat Blog Bagi Pelajar Dan Mahasiswa


Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan blogging ini. Blog menjadi salah satu sarana untuk mengasah keterampilan menulis, sebagai tempat berbagi (Sharing) sedekah ilmu, pengalaman dan lain lain. Sudah banyak orang didunia ini yang menggeluti bisnis blogging ,karna banyak yang sudah sukses, oleh karena itu jadilah pelajar dan mahasiswa yang sadar akan masa depan, fikirkanlah masa depan Anda dari sekarang, Ingin menjadi apa? Dan harus bisa memanfaatkan internet sebaikmungkin.
User Atau pengguna internet yang tidak punya blog bisa dikatakan “RUGI” kenapa? Karena ia menjadi konsumen yang hanya bisa memakai tetapi tidak bisa menciptakan, Hanya sebagai penonton bahkan Bisa menjadi korban! Maka dari itu berbanggalah menjadi blogger. Saya sendiri masih SMA dan masih belajar lagi tentang blogging, sekarang fokus menjadi blogger karena saya tahu manfaatnya sangat luar biasa. Dengan menjadi blogger maka kita akan ikut serta menjadi orang yang mengendalikan informasi membentuk berita , opini dan masih banyak lagi.
Saya akan ulas 20 Manfaat blogging dari buku “Blogpreneur Karya  Asep Syamsul” dengan mengetahui 20 Manfaat ini saya harap Anda bisa termotivasi dan lebih semangat lagi menjadi blogger, dan tidak merada rugi memiliki Blog. Berikut 20 Manfaat Blog Untuk Mahasiswa Dan pelajar :

1.Mendapat Pekerjaan Dari Blogging

Tentunya blog sangat bisa membuat agar kita mendapat Job. Yang lebih baik dari yang sekarang. Blogging adalah satu satunya cara untuk mendapatkan pengaruh online itu. Dengan kita Nge – Blog secara otomatis kita telah menyantumkan Keahlian,Hobi, minat Karakter,dan keahlian menulis. Desainer, Fotografer bisa mempublikasikan karyanya melalui blog, juga membagikan tips menganai keahlian yang dimiliki. Sebagai pelajar dan mahasiswa jika sudah bisa menghasilkan uang sendiri itu sudah sangat luar biasa. Itulah mengapa manfaat blog harus kita ketahaui.

Wajib Baca! : Cara Menyalakan Hp Tanpa Baterai!

2.Menjadi Ajang Bisnis Online

Blog bisa menjadi ajang bisnis kadang kadang awalnya seseorang ngeblog adalah hanya sekedar hobi saja. Hingga akhirnya kita bisa mengembangkan blog sebagai bisnis yang menguntungkan.

3.Mendapat Tambahan Klien Dan Relasi Bisnis

Blog yang diupdate secara rutin  bisa memproduksi sesuatu yang menyebar keseluruh dinia. Tetapi website statis tidak menarik konsumen baru.

4.Menjadi Penulis Yang Baik Dan Berwibawa

Selain manfaat blog diatas, adalagi manfaat lainnya yaitu menjadi penulis didunia Online, blog mengasah ketempilan khususnya menulis, cocok sekali sebagai sarana pengembangan bakat Anda.

5. Menjadi Penulis Dimedia Online

Yang Sekarang Digunakan Diseluruh Dunia
Selain itu blog juga memiliki manfaat yang membentuk Anda sebagai penulis Di media online yang bisa dibayar Mahal Hingga Ratusan Bahkan Jutaan Dollar! Dengan cara menulis artikel bermanfaat dan dipublikasikan.

6.Mendapat Umpan Balik Yang Cepat (Feedback)

Penulis buku harus membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan umpan balik atas bukunya, tetapi blogger bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan umpan balik dihari yang sama saat ia mempublish artikelnya.

7.Belajar Lebih Banyak Tentang Karakter Dan Minat Orang Lain

Dengan blogging kita akan Pekka apa yang disukai pembaca. Gaya tulisan bagaimana yang menarik minat pengunjung. Semua itu bisa dilihat di stasistik blog dan Google Analytic.

8.Meraih Pengaruh Didunia Online

Apa Cara yang paling baik untuk mengubah dunia? Ada banyak bidang, anda bisa menjadi Aktivis, Politis atau relawan dan lain lain. Bagaimana jika itu tidak terwujud? Anda bisa menjadi seorang blogger. Blogger yang sukses akan mendapatkan respec positif dari pembaca dan tentunya memiliki Fans!

9.Meningkatkan Dan Mengasah Keahlian

Seperti yang saya jelaskan diatas, manfaat blog yang paling utama khususnya untuk pelajar dan mahasiswa adalah mengasah kemampuan, otak, bakat khususnya kemampuan menulis.

10. Membangun Jaringan

Dengan menambah kegiatan blogging Anda berarti ikut serta dalam membangun dan memanfaatkan jaringan sebaik mungkin.

11.Belajar Tentang Desain Web Seperti (HTML)

Memiliki skill HTML, CSS dan Desain WEB merupakan keterampilan yang banyak dicari dan tentunya bernilai tinggi.

12.Belajar Tentang Optimisasi Mesin Pencari (Search Engine)

Sebagai seorang blogger pastinya sudah tidak asing lagi Dengan SEO (Search Engine Opti

mization) yaitu sebuah proses agar artikel yang dipublish terdaftar dimesin pencari.

13.Mengumpulkan Email

Sekarang ini Email menjadi salah satu sarana komunikasi Andalan bagi semua orang, orang bisa mengecek email secara langsung. Ngeblog bisa menjadi jalan untuk koleksi email.

14.Selalu Update Dan Tidak Ketinggalan Jaman

Manfaat Blog Untuk pelajar, Mahasiswa dan kalangan lainnya Adalah salah satunya Agar selalu Update, tahu informasi terkini dan tidak ketinggalan jaman.

15.Sebagai Sarana Pemasaran Online

Bagi Anda yang punya keahlian berdagang , tentunya bisa promosikan dagangan anda lewat blog loh! Seperti toko online lainnya.

16.Sebagai Sarana Bincang Dengan Idola

Jika Anda memiliki idola, apalagi yang Anda idolakan adalah seorang blogger sukses, bukan tidak mungkin Anda bisa berbincang lewat sarana blogging.

17.Sarana Mengekspresikan Diri

Blog merupakan tempat yang tepat untuk mengekpresikan diri Anda!

18.Membantu Orang Lain Yang Kesulitan

Dengan ngeblog Anda sudah pasti sedekah ilmu asalkan blog yang anda tulis bermanfaat bagi semua orang.

19.Membangun Kepercayaan Online

Poin ke 19 ini sama dengan poin ke sembilan, yang mamfaatnya adalah membangun kepercayaan dalam dunia internet marketing.

20.Take Control Of  Your Online Identity (Biodata Online)

Blog bisa menjadi biodata Online atau “Profile Online” Anda akan dikenal dan dikenali otomatis Anda menjadi artis dunia Maya.

Ohh iya satu lagi. Ada tambahan Manfaat Blog Untuk Pelajar dari rekan saya sesama Blogger , dia memberi masukan Manfaatnya Adalah Mempermudah Menyelesaikan tugas sekolah, Nah itu dia masukan dari rekan saya. Oleh karena itu saya sangat menyarankan sekali bagi Anda yang masih belum selesai sekolah, isilah waktu dengan hal yang bermanfaat, luangkan waktu sejenak untuk membuat hal yang bermanfaat bagi orang lain, seperti nge blog , cocok untuk pelajar seperti saya.
Nah itulah Pengertian serta manfaat blog khususnya bagi pelajar dan mahasiswa, kesimpulannya kita harus kreatif dan inovatif, jangan lagi bergantung kepada orang lain. Tunjukan bahwa diri kita bisa berkembang bisa menjadi yang terbaik tentunya Manusia yang terbaik adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Karena itu buatlah Artikel semanfaat mungkin. Jangan buat artikel yang melenceng, karena kebaikan yang anda perbuat akan kembali lagi kediri Anda sendiri, terimakasih . jika ada yang kurang jelas tanyakan di kolom komentar bawah.

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *