Materi Pembelajaran Algoritma dan Pemrograman Dasar SMK RPL

Algoritma dan Pemrograman Dasar

Banyak yang bertanya-tanya apa itu algoritma atau apa itu pemrograman, disini akan admin bahas secara lengkap untuk mengetahui apa itu algoritma dan pemrograman.

Algoritma adalah urutan langkah-langkah yang logis penyelesain masalahnya yang disusun secara sistematis dan logis. Kata-kata algoritma harus logis dan harus dapat di tentukan nilai benar atau salah.

Perbedan Algoritma dengan Pemrograman

Program adalah kumpulan pernyatan komputer, sedangka metode dan tahapan sistematis dalam programa adalah algoritma. Program di tulis dengan bahasa pemrograman, jadi bisa di sebut bahwa program adalah implementasi dari bahasa pemrograman.

Algoritma pemrograman komputer

Prinsip dasar algoritma adalah urutan langkah – langkah secara sistematis dan logis dalam menyelesaiakan permasalahan.

Perhatikan algoritma sederhana berikut : Jika seseorang ingin mengirim surat kepada kenalannya di tempat lain, langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Menyiapkan Peralatan Tulis ,
  2. Menulis surat ,
  3. Surat dimasukkan ke dalam amplop tertutup,
  4. Amplop ditempeli perangko secukupnya,
  5. Pergi ke Kantor Pos terdekat untuk mengirimkannya.

Struktur algoritma pemrograman computer

Penyajian atau Penulisan Algoritma secara garis besar bisa dalam 2 bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode.

Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pemrogram.

Sedangkan algoritma disajikan dengan gambar, yaitu dengan Flowchart

Gambar flowchart yang di sepakati dunia pemrograman
Penjelasan gambar Flowchart

Macam macam bentuk algoritma perograman komputer

Algoritma Percabangan

Proses penyeleksian terhadap satu atau lebih kondisi untuk menentukan keputusan terhadap aksi yang akan dilakukan disebut sebagai logika percabangan.

Pada struktur percabangan, program akan berpindah urutan pelaksanaan jika suatu kondisi yang disyaratkan dipenuhi. Pada proses seperti ini simbol flowchart Decision harus digunakan.

Simbol decision akan berisi pernyataan yang akan diuji kebenarannya. Nilai hasil pengujian akan menentukan cabang mana yang akan ditempuh.

Contoh Struktur percabangan untuk masalah batasan umur.

Sebuah aturan untuk menonton sebuah film tertentu adalah sebagai berikut, jika usia penonton lebih dari 17 tahun maka penonton diperbolehkan dan apabila kurang dari 17 tahun maka penonton tidak diperbolehkan nonton.

Buatlah flowchart untuk permasalahan tersebut.

 Penyelesaian:
Permasalahan diatas merupakan ciri permasalahan yang menggunakan struktur
percabangan. Hal ini ditandai dengan adanya pernyataan jika ..maka ...(atau If
... Then dalam Bahasa Inggris.

Algoritma Pengulangan

Kemampuan untuk melakukan proses yang sama secara berulang – ulang tanpa mengalami kesalahan dan kelelahan hingga ratusan bahkan jutaan kali proses disebut perulangan atau proses looping.

Dalam mendeskripsikan sebuah looping atau perulangan, programmer harus memperhatikan nilai awal kondisi perulangan, perintah perulangan dan pernyataan terminasasi.

Dalam banyak kasus seringkali kita dihadapkan pada sejumlah pekerjaan yang harus diulang berkali. Salah satu contoh yang gampang kita jumpai adalah balapan mobil  Pada struktur pengulangan, biasanya juga disertai bagian inisialisasi dan bagian terminasi.

Inisialisasi adalah instruksi yang dilakukan sebelum pengulangan dilakukan pertama kali. Bagian insialisasi umumnya digunakan untuk memberi nilai awal sebuah variable.

Sedangkan terminasi adalah instruksi yang dilakukan setelah pengulangan selesai dilaksanakan. Ada beberapa bentuk pengulangan yang dapat digunakan, masing-masing dengan syarat dan karakteristik tersendiri.

Beberapa bentuk dapat dipakai untuk kasus yang sama, namun ada bentuk yang hanya cocok untuk kasus tertentu saja. Pemilihan bentuk pengulangan untuk masalah tertentu dapat mempengaruhi kebenaran algoritma.

Pemilihan bentuk pengulangan yang tepat bergantung pada masalah yang akan diprogram. Bagan alir logika (flowchart) untuk mencetak pernyataan sebanyak 100 kali

proses pengulangan algoritma dengan flowchart

Mungkin cuma itu materi pertama dari Pemrograman dasar, ini bisa menjadi acuan dalam memberikan materi untuk kelas 10 pemrograman dasar SMK Rekaya Perangkat Lunak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *