Cara Memasang AMP di Blog WordPress Secara Otomatis

cara Valid AMP wordpress

Memasang AMP di WordPress bisa dilakukan dengan cara yang mudah yaitu menggunakan plugin yang tentunya otomatis dan tidak ribet.

Salah satu faktor mudahnya untuk naik rank di SERP adalah kecepatan loading situs, untuk hal ini google menyarankan menggunakan AMP.

AMP atau singkatan dari Accelerated Mobile Page mengutamakan situs saat dibuka diperangkat mobile yang sekarang menjadi salah satu sumber pencarian terbesar setelah desktop.

Walaupun masih tahap percobaan tetapi ini harus Anda lakukan untuk meningkatkan SEO blog dan juga meningkatkan situs dimesin pencari terutama google.

Agar pengunjung mudah bertambah maka ini adalah hal yang perlu Anda coba, karena manfaat AMP dapat membuat pengalaman terbaik pembaca saat mengunjungi blog Anda.

Bagi Anda pengguna wordpress khususnya self hosting untuk menerapkan amp sangatlah mudah karena sudah banyak plugin yang dapat memasang amp secara otomatis di blog wordpress Anda.

Inilah salah satu kelebihan menggunakan wordpress, dapat memudahkan kita dalam mengatur dan membuat fitur baru, tidak halnya dengan platform lain yang tidak memiliki plugin seperti wordpress.

Sudah banyak plugin yang bisa menciptakan blog wordpress valid AMP dengan cepat tanpa mengatur lagi, kita hanya memasang sekali dan bisa dipakai terus menerus walaupun kita membuat artikel baru.

Blog ini juga sudah menerapkan AMP menggunakan plugin bernama AMP – Accelerated Mobile Page yang bisa Anda download secara gratis alias tidak berbayar, untuk cara installnya sama seperti menginstall plugin lain.

Cara Memasang AMP di WordPress Menggunakan Plugin

Anda bisa menemukan berbagai macam plugin yang berhubungan dengan AMP, pada saat itulah Anda harus memilih yang terbaik dari yang terbaik, tetapi sekarang Anda tidak perlu capek memilih karena sudah ada rekomendasinya.

Untuk memasang AMP di wordpress Admin sarankan menggunakan plugin bernama AMP -Accelerated Mobile Page By Ahmed Kaludi karena fiturnya cukup lengkap dan cara penggunaannya yang tidak terlalu rumit.

Untuk langkahnya Anda langsung saja memasang plugin tadi, nah maka akan ada tambahan opsi di dashboard wordpress Anda dengan nama AMP.

membuat amp di wordpress

Jika sudah ada menu baru seperti diatas berarti Anda berhasil menginstallnya, apakah bisa langsung digunakan dan otomatis tampilan berubah menjadi AMP?

Tentunya tidak, kita harus mengatur terlebih dahulu mulai dari mengatur tema AMP, memasang kode iklan, membuat menu, dan masih banyak yang lainnya, tenang saja, ini tidak akan sesulit yang Anda fikirkan.

Untuk setting AMP kita harus memilih opsi setting pada Menu baru tadi, opsi setting tersebut menjadi Sub menu.

setting amp di wordpress

Untuk pengaturannya Anda tidak usah khawatir, Admin akan memberikan panduannya jadi Anda hanya tinggal menerapkannya saja, pengaturan ini wajib dilakukan agar blog Anda valid AMP sepenuhnya.

Pertama pada pengaturan General di tulisan AMP Support silakan centang opsi Post, Pages, Homepage, Archive Category yang lainnya biarkan saja.

membuat amp di wordpress

Dengan menggunakan plugin ini Anda juga sangat dimudahkan dalam memasang iklan di AMP, karena sudah tersedia slotnya, untuk mengaturnya silakan klik pengaturan Advertisement dibawah pengaturan General tadi.

mengatur amp di wordpress

Keterangan: AD#1 adalah slot untuk menampilkan iklan di bawah header atau diatas judul postingan.

AD#2 Adalah slot iklan yang akan tampil tepatnya di bawah footer, AD#3 adalah tempat kode iklan yang akan tampil di atas postingan tepatnya diatas paragrafh pertama.

Dan AD#4 akan tampil dibawah postingan, untuk menerapkannya Anda hanya tinggal memasukan kode ca-pub adsense dan juga kode slot iklan yang bisa didapatkan di script iklan adsense, saya anggap Anda sudah paham, jangan lupa centang Responsive Ad Unit.

Untuk memasang iklan ditengah artikel Admin belum menemukan caranya, jadi untuk sementara Anda hanya bisa memasang iklan di bawah header, judul, diatas paragrafh pertama, dibawah artikel dan dibawah related post, ini juga sudah strategis.

mengatur amp di wordpress

Lanjut ke pengaturan SEO agar lebih ramah terhadap mesin pencari, untuk pengaturannya sesuaikan saja seperti gambar diatas.

Untuk pengaturan Performance silakan Anda centang tulisan Minify, dan terakhir jangan lupa klik Save.

membuat amp di wordpress

Lanjut kepengaturan kedua yaitu Design, Anda dapat memilih beberapa tema wordpress AMP terbaik dan responsive, disana akan ada tema premium dan juga gratis, Klik Design dan pilih tema swift dan jangan lupa klik Save.

mengatur amp di wordpress

Cara Cek Valid AMP di WordPress

Selamat! sekarang blog Anda sudah valid AMP, untuk mengeceknya bisa melalui situs AMP Validator Project , silakan paste link blog Anda dikolom yang tersedia, jika sudah valid akan ditandai dengan tulisan PASS.

cara valid amp di wordpress

Selain itu, untuk memastikannya Anda juga bisa melalui Google Search Console Terbaru, dengan melihatnya diopsi AMP dan jika sudah valid akan ada pemberitahuannya, tetapi tidak akan langsung ada, membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk itu.

Jika sudah 3 hari biasanya blog Anda mendapat perlakuan khusus dari google yaitu ada tanda petir disamping URL blog dan loading menjadi cepat seperti rocket.

Cara Valid AMP WordPress

Diatas adalah screnshoot contoh beberapa halaman blog ini sudah valid AMP dan tidak ada kesahalan, laporan seperti diatas biasanya akan muncul setelah 3 hari Anda menerapkan AMP.

membuat amp di wordpress

Dan gambar diatas menunjukan contoh blog ini sudah benar benar menggunakan AMP, ditandai dengan tanda petir berwarna abu-abu, perubahannya sangat drastis, setelah ada logo itu kecepatan loading blog ini seperti kilat!

Permasalahan yang akan Anda alami ketika migrasi dari theme biasa ke valid AMP adalah penurunan visitor yang signifikan, mungkin bisa cukup drastis, tetapi ini adalah aktivitas wajar dan akan pulih bahkan meningkat kembali.

Untuk menghadapi permasalahan itu kuncinya adalah tetap update artikel dan disarankan untuk update artikel lebih banyak dari sebelumnya guna untuk memulihkan blog setelah pindah ke AMP.

Lebih baik menerapkan AMP dari sekarang, kenapa? karena kemungkinan besar anti semua situs harus menerapkan ini agar mudah naik peringkatnya dimata pencari, karena google juga merekomendasikan ini walaupun projek ini masih dalam tahap percobaan setidaknya Anda sudah antisipasi dari sekarang.

Akhir Kata

Cukup sekian pengalaman memasang amp di wordpress yang bisa saya bagikan, pastikan Anda sudah berniat dan menerima resiko apapun yang terjadi sebelum pindah ke AMP, bagikan artikel ini jika bermanfaat, selamat berkunjung kembali!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *