Memperbaiki Headset Rusak Mati Sebelah

Apakah Anda pernah membeli headset namun suara yang keluar dari speaker kecil atau hanya keluar sebelah saja dari kanan atau kiri? jangan heran, masalah ini sering terjadi pada berbagai merek headset, baik itu headset original ataupun yang tidak original, untuk memperbaiki headset rusak mati sebelah Anda harus sedikit memahami tentang elektronik.

Fungsi headset adalah untuk mendengarkan atau memindahkan audio dari loud speaker ponsel ke speaker headset dan suaranya kecil harus di pasang ditelinga, terkadang kita dibuat kesal ketika ingin mendengarkan musik namun suara tidak keluar dari kedua speaker, suara menjadi tidak stereo dan kurang enak untuk didengar.

cara memperbaiki headset rusak mati sebelah

Permasalan seperti ini biasa terjadi pada headset yang masih menggunakan kabel, namun walaupun begitu tetap saja headset yang sudah menggunakan teknologi bluetooth juga terkadang rusak, kerusakannya sama yaitu hanya keluar suara dari sebelah speaker saja.

baca: cara mengetahui baterai headset bluetooth penuh.

Penyebab kenapa headset mati sebelah biasanya karena ada kabel yang putus, setiap headset memiliki 3 kabel didalamnya, yang satu terhubung ke speaker kanan, yang satu lagi ke speaker kiri dan sissanya ke body ponsel yang di hubungkan dengan headset.

Baca Juga:

Tanda kabel putus adalah ketika kabel di goyang goyang suara akan hilang dan timbul sendiri, ini dipastikan ada beberapa kabel yang terputus, untuk memperbaikinya Anda harus menyambungkan kabel yang terputus tersebut menggunakan solder dan sedikit timah.

Admin sendiri sering menemukan masalah seperti ini dan sering memperbaikinya sendiri, oleh karena itu Admin akan membagikan pengalaman bagaimana cara mengatasinya, pada artikel kali ini Admin akan memberikan langkah langkah lengkapnya.

Cara Memperbaiki Headset Rusak Mati Sebelah

Sebelum itu, Anda harus menyiapkan alat-alatnya terlebih dahulu, berikut listnya:

  • Solder
  • Timah
  • Cutter
  • Gunting
  • Lem Tembak

Langkah-Langkah:

  1. Pertama, Anda harus tahu bagian mana yang putus dan bermasalah ketika kabel digerakan.
  2. Lalu buka kabel bagian ujung paling dekat dengan colokkan headset menggunakan cutter secara perlahan.
  3. Didalamnya ada 3 kabel dengan warna merah, hijau dan kuning emas, Anda bisa melihat posisi masing masing kabel dan bisa menyoldernya ulang.
  4. Ketika kabel sudah dibuka, potong sedikit kabel yang Anda curigai bahwa kabel tersebut sudah putus.
  5. Lalu sambungkan kabel ke colokkan headset menggunakan solder dan timah.
  6. Urutannya, warna kuning emas diatas, merah ditengah dan terakhir hijau dipaling bawah.
  7. Jika sudah disambungkan, jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu suaranya, bisa langsung menghubungkan headset ke ponsel sampai benar benar sudah normal.
  8. Terakhir Anda bisa lem bagian kabel yang disambung menggunakan lem tembak agar tidak mudah putus.

Sebenarnya untuk memperbaiki headset yang tidak keluar suara itu sangat mudah, Anda harus teliti ketika mencari dan menyambung bagian kabel yang putus, selain itu biasakan juga untuk mengecek terlebih dahulu sebelum menutup bagian kabel yang disambung menggunakan lem tembak.

Baca: Cara Mengatasi Musik Pause Sendiri di HP Samsung

Ada beberapa tips dari Admin agar headset kesayangan Anda tidak mudah rusak, menjaga headset juga menjadi salahs satu cara untuk berhemat, karena Anda tidak harus membeli yang baru apalagi Anda sudah bisa memperbaikinya sendiri.

Tips Menjaga Headset Agar Tidak Mudah Rusak

Anda harus paham mengenai barang elekronik, walaupun itu original tetapi tetap saja bahannya rapuh, dalam artian mudah rusak jika:

  • Terlalu sering ketarik kabelnya hingga kabel tersebut putus.
  • Terlalu sering digunakan dengan tingkat volume suara yang tinggi.

Jadi jangan sampai headset terlalu ketaraik-tarik dan gunakan secara wajar saja, jangan terlalu lama dan tingkat volume jangan terlalu keras karena bisa jadi kerusakan akan merambat ke speaker, bukan lagi kabelnya.

Cukup sekian pengalaman mengenai cara memperbaiki headset rusak mati sebelah, semoga pengalaman yang Admin bagikan ini bermanfaat untuk Anda, terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa bagikan artikel ini, selamat membaca kembali.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *