Cara Memperbaiki Smartwatch Mati Total Dengan Cepat

2 min read

cara memperbaiki smartwatch mati total dengan mudah

Jika anda mengalami maslah smartawatch yang mati, ini dia cara memperbaiki smartwatch yang mati total dengan cepat dan sangat mudah.

Smartwatch saat ini menjadi gadget yang wajib dimiliki dalam menunjang aktivitas, tidak hanya mampu menunjuk waktu, namun jam pintar ini dapat menjaga kesehatan seperti menghitung kadar kolesterol, detak jantung ataupun langkah kaki.

Karena jam pintar, tentunya memiliki penanganan dan perawatan yang berbeda dibandingkan jam tangan analog. Contohnya jika mengalami mati mendadak.

Jika jam analog mati, yang umum dilakukan adalah mengganti baterai baru, namun jika maka smartwatch tiba-tiba mati padahal baru saja mengisi daya, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memperbaikinya.

Jadi silahkan anda ikuti langkah di bawah ini dengna benar karena artikel ini bersifat tutorial dan jangan sampai terlewat tentang cara memperbaiki smartwatch mati total

Baca : 7 Smartwatch Murah Di Bawah 500 Ribu

Cara Memperbaiki Smartwatch Mati Total

Berikut beberapa langkah yang dilakukan jika mati mendadak

1.Coba nyalakan jam tangan saat terhubung ke adaptor daya, Isi daya jam tangan selama 15 menit, lalu coba nyalakan jam tangan.

2. Setelah itu coba tekan tombol power selama 10 detik sampai logo Speedup keluar, tunggu sampai smartwatch menyala dan masuk ke homescreen. Dan di sini anda harus sabar karena memerlukan waktu yang lama.

3. Jika proses di atas belum berhasil atau smartwatch belum menyala, silahkan tekan tombol power selama 25 detik saat melakukan pengisian daya, jika sudah dilakukan maka akan muncul logo speedup.

4.Periksa apakah ada debu di port USB mikro. Tiup port dengan perlahan untuk membersihkan debu.

Baca : Cara Mengatasi Layar Mi Band Redup dengan Cepat

5.Perhatikan indikator baterai agar tidak mengisi daya terlalu lama. Baca pada buku petunjuk, karena biasanya disebutkan lama waktu yang diperlukan untuk pengisian daya hingga penuh. Segera cabut dari stop kontak listrik ketika sudah penuh.

6.Hindari membiarkan baterai jam tangan mati total karena kehabisan daya. Karena perangkat elektronik membutuhkan sedikit daya yang tersisa untuk menyimpan memori.

Membiarkan daya habis total, juga akan merusak perangkat smartwatch. Jadi jangan sampai daya batereai smartwatch habis ya.

Jika langkah di atas tidak memperbaiki masalah smartwatch mati total, kemungkinan besar masalah yang terjadi karena softwere dari smartwatch tersebut bermasalah.

Admin Inovatifku sudah mampu mengatasi masalah smartwatch yang mati total dengan cara instal ulang softwere smartwatch tersebut.

Cara Instal Ulang Smartwatch Mati Total

Softwere yang di butuhkan

  • Flashtool
  • Driver Mediatek Vcom
  • Download Smartwatch Firmwere

Silahkan hubungkan smartwatch dengan PC atau Leptop dengan menggunakan kabel USB. Tekan tombol power dan apakah terdeteksi oleh PC.

Langkah – langkah memperbaik smartwatch dengan PC

  • Silahkan jalankan flashtool.exe yang sudah anda download, dengan cara klik kanan kemudian Run As Administrator .
Klik kanan flashtool kemudian run as adminstrator – smartwatch mati total
  • Silahkan pilih Scatter / Config file.
Mengatasi smartwatch mati total dengan flashtool.exe
  • Nanti akan muncul pop up di windows, pilih file scatter, arahkan ke folder firmware. Pilih file tersebut !
  • Nantinya file flash akan tampil di halaman flahstool. Lalu kita pilih, mana saja file yang ingin kita flash. Semua juga boleh. Dan terakhir adalah kita tekan tombol download untuk memulai proses.
Baca : Cara Cepat Mengetahui Mi Band Asli Atau Palsu
Cara mengatasi smartwatch mati total
  • Jika diperhatikan, tombol stop berubah menjadi merah. Langsung matikan smartwatch, hubungkan ke komputer. Bisa dilakukan tanpa baterai ataupun dengan baterai.
  • Jika diperhatikan, tombol stop berubah menjadi merah. Langsung matikan smartwatch, hubungkan ke komputer. Bisa dilakukan tanpa baterai ataupun dengan baterai.
  • Proses flashing akan segera jalan. Smartwatch terbaca oleh komputer, dan terdeteksi oleh software. Bisa dilihat dengan brubahnya tombol loading menjadi warna merah.
  • Proses pengisian flash berjalan. Tampak warna kuning di bagian bawah.
  • dan terakhir berubah lagi menjadi warna biru
Proses berwarna hijau dan tandanya flash pada smartwatch jadi
  • Proses format ditandai dengan warna hijau. Akan ada tanda seperti gambar di atas ini. Lingkaran berwarna hijau. Artinya proses sudah selesai !

Mudah bukan cara flash smartwatch dengan cara di atas, semoga dengan menjalankan kedua cara di atas smartwacth anda yang tadinya mati total bisa berfungsi kembali.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan share artikel ini ke teman-teman yang lain, jika anda masih bingung dengan cara memperbaiki smartwatch mati total, mari kita diskusikan di kolom komentar, terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *