Cara Mempercepat Proses Download di Chrome

2 min read

mempercepat-download-di-chrome

Sampai saat ini, browser google Chrome masih menjadi salah satu aplikasi untuk browsing terbaik, hampir setiap bulan penggunanya semakin bertambah, kita bisa dengan mudah membuka berbagai situs yang ada pada google menggunakan Chrome.

Chrome adalah aplikasi browser yang memiliki ukuran ringan, mudah digunakan, memiliki tingkat privasi yang tinggi dan yang paling penting adalah hemat kuota, Chrome juga sudah tersedia untuk perangkat Android ataupun PC, alasan lain kenapa Chrome menjadi favorit banyak orang adalah karena kecepatan downloadnya yang berbeda dari aplikasi browser lainnya.

Dengan menggunakan Chrome, proses download akan menjadi lebih cepat dan memang sudah terbukti kebenarannya, namun terkadang proses download di Chrome menjadi lambat yang disebabkan karena beberapa hal, untuk kembali mempercepat download di Chrome, ada beberapa tips yang wajib Anda coba sekarang juga, yaitu sebagai berikut:

Cara Mempercepat Download di Chrome

Download adalah kegiatan yang wajar bagi para pengguna internet saat ini, pasalnya kita bisa dengan mudah mendapatkan file di internet, baik itu berupa video, foto, audio ataupun dokumen yang lainnya, untuk memindahkan itu semua kedalam penyimpanan Android atau PC Anda maka harus di download terlebih dahulu.

Ukuran file yang didownload tentunya tidaklah sama, tergantung kualitas dan durasi, ini berlaku jika Anda ingin mendownload sebuah film atau video, agar proses download di chrome menjadi cepat, Anda bisa mencoba apa yang kami sarankan dibawah ini:

1. Instal Chrome Versi Terbaru

Ini hal penting namun jarang diperhatikan oleh orang lain, seperti yang kita ketahui, google Chrome sudah berkali-kali memperbarui sistem aplikasinya, mulai dari tampilan, penambahan menu-menu baru dan peningkatan kecepatan internet (Download).

Fitur-fitur baru tersebut tidak akan pernah Anda rasakan jika masih menggunakan chrome versi lawas, bisa jadi sudah terdapat banyak bug yang menyebabkan proses browsing dan download menjadi lambat, untuk mengatasi masalah itu, maka Anda harus memastikan Chrome yang terinstal adalah versi terbaru.

Biasanya, akan ada notifikasi jika Chrome sudah melakukan update lagi, setiap ada notifikasi tersebut usahakan untuk segera memperbaruinya agar aktivitas browsing Anda tetap lancar, biasanya Chrome versi lama sudah terinstal secara default di Android.

2. Bersihkan Cache & Data Browsing

Setiap kali Anda menjelajah internet menggunakan Chrome atau browser lainnya pasti akan meninggalkan sampah berupa Cache dan riwayat browsing, walaupun tidak memakan terlalu banyak ruang penyimpanan, cache dan data browsing yang menumpuk dapat mengurangi kecepatan download di google Chrome.

Alasannya, jika cache & data browsing semakin menumpuk, maka Chrome akan kesulitan saat memuat file baru dan akhirnya proses browsing Anda menjadi lelet.

Berikut ini cara membersihkan cache & data browsing di Chrome Android:

  • Pertama, buka aplikasi Chrome lalu tekan ” 3 titik dipojok kanan atas”
  • Pergi ke Setelan > Privasi >Hapus Data Penjelajah.
  • Sebelum menghapus, Anda bisa memilih rentang waktu histori yang ingin dihapus, misalnya data browsing kemarin, hari ini, atau semua waktu.

Setelah menghapus cache & data browsing, akan ada peningkatan kecepatan internet dan download di chrome, karena file-file sampah tersebut sudah hilang.

Bagi Anda yang menggunakan Chrome PC, bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, buka Chrome, lalu tekan ” tiga titik dipojok kanan atas”
  • Pergi ke menu Settings > Scroll kebawah sampai ke submenu “Privacy and security” lalu pilih menu Clear Browsing Data.
  • Tutup google Chrome, lalu mulailah menjelajah seperti biasa, dan rasakan perbedaan kecepatan internet dan download di Chrome.

Bagi Anda pengguna Chrome desktop, bisa menghapus ekstensi yang sudah lama tidak terpakai, ini adalah salah satu cara mempercepat download di chrome, karena jika terlalu banyak memasang ekstensi akan berpengaruh pada kecepatan browsing.

Kesimpulannya, kami sudah memberikan dua cara mempercepat download di Chrome, jika Anda masih belum merasa puas berarti masalahnya bukan ada pada browser Chrome, melainkan pada provider yang Anda gunakan, karena mau bagaimanapun faktor utama yang mempengaruhi kecepatan internet adalah provider yang kita gunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *