Menerpakan Fungsi Agregasi Pada Basis Data (SUM, Count, AVG, MIN, MAX)

Assalamualaikum wr.wb ,Terimakasih untuk teman-teman semua yang sudah mau mampir ke blog inovatifku.com, setelah minggu kemarin membahas sebuah materi basis data yaitu tentang penerapan fungsi join untuk basis data.

Sekarang kita akan belajar tentang Menerapkan Fungsi agregasi dalam basis data, fungsi agregasi adalah seebuah perintah sql yang berfungsi untuk mendapatkan sebuah nilai dari sekumpulan data yang telah di kelompokan, pengelompokan data di dasarkan pada kolo atau kombinasi yang di pilih.

Macam – Macam Fungsi Agregrasi

Fungsi COUNT, apa itu COUNT ? jadi count adalah suatu fungsi pada Database MYSQL yang digunakan untuk mendapatkan niai jumlah baris atau record dari suatu tabel.

Fungsi MAX, Fungsi MAX adalah fungsi yang digunakan untuk mendapatkan nilai tertinggi dari sekumpulan record.

Fungsi MIN, Fungsi MIN adalah kebalikan dari fungsi max, jadi fungsi MIN adalah mencari nilai terendah dari suatu tabel database atau record.

Fungsi SUM, Fungsi SUM adalah fungsi pada sql yang digunakan untuk menjumlahkan nilai dari sekumpulan record, bisa di katakan mencari hasil akhir dari operasi tambah “+”.

Fungsi AVG, Fungsi yang terakhir adalah fungsi AVERAGE bisa dikatakan fungsi yang digunakan untuk mencari rata-rata dalam suatu colom yang bertipe data integer atau angka.

Mungkin kita bisa pahami saat di praktekan langsung, kita hanya membutuhkan MYSQL XAMPP, dan menggunakan CMD. Jadi Silahkan aktifkan XAMPP dan buka CMDnya.

Membuat Fungsi Agregasi (SUM, MAX, MIN, AVG, dan COUNT)

Record adalah kumpulan field yang sangat lengkap, dan biasanya dihitung dalam satuan baris Baiklah setelah kita ulas tentang agregasi dan beberapa fungsi agregasi yang sering di gunakan.

Kali ini kita akan mencoba mempraktekan nya. Langkah pertama disini kita membutuhkan sebuah database yang akan di gunakan menerapkan fungsi-fungsi agregasi di atas. Jadi langsung saja kita buat database nya.

Silahkan anda buat databasenya degan cara seperti kemarin dengna masuk kedalam MYSQL di CMD dan ketikan seperti di bawah ini.

CREATE DATABASE agregasi;

Nah setelah kita berhasil membuat database, maka kita lanjut ke langkah ke dua, yaitu membuat tabel. Nah dalam pembelajaran kali ini kita namakan dengan, tabel nilai.

Dimana tabel ini ber strukturkan kd_mapel, nama_siswa, dan  nilai. Jika masih binggung kalian bisa perhatikan gambar di bawah ini.

Jadi kita akan membuat tabel nilai seperti diatas, silahkan buat isi tabel seperti di atas jika kalian paham dengan perintah SELECT pada MySQL maka anda akan lebih mudah dalam membuat sebuah isi tabel.

Atau anda bisa membuat tabel seperti di bawah ini dengan perintah CREATE, atau seperti dibawah ini.

CREATE TABLE nilai(kd_mapel int(11), nama_siswa varchar(100), nilai int(100));

Setelah anda membuat sebuah tabel maka anda di haruskan untuk memasukan isi tabel dengan perintah INSERT tabel, saya harap anda sudah mahir dalam perintah INSERT, karena perintah ini di pelajari lebih awal.

Atau anda bisa mengetikan kode di cmd seperti di bawah ini.

INSERT INTO nilai VALUES(“01_BI”, “Raihan”, “100”);

INSERT INTO nilai VALUES(“01_BI”, “Michael”, “90”);

INSERT INTO nilai VALUES(“02_MTK”, “Raihan”, “70”);

INSERT INTO nilai VALUES(“02_MTK”, “Michael”, “80”);

Setelah anda selesai membuat perintah tabel ini maka anda akan masuk kedalam materi yaitu pembuatan perintah AGREGASI database di basis data dengan CMD.

Fungsi COUNT dalam Database.

Sesuai penjelasan di atas fungsi count bertujuan untuk menghitung jumalah record atau tabel, jadi bagaimana kita menggunakan fungsi tersebut mari kita simak di bawah ini.

SELECT COUNT * FORM nilai;

Fungsi ini digunakan untuk menampilkan jumlah baris atau record dalam tabel nilai.

kemudian kalian ketikan perintah di bawah ini untuk mengetahui jumlah baris pada tabel nilai.

SELECT COUNT * AS jumlah_baris FROM nilai;

Bagaimana kita menghitung siswa yang mendapatkan nilai 100 di tabel nilai tersebut dan tahu siapa namanya, silahkan ketikan kode di bawah ini.

SELECT COUNT * AS jumlah_besar FROM nilai WHERE nilai=100;

Setelah anda mempelajari fungsi COUNT. Setelah ini kita akan mempelajari fungsi MAX dalam materi Agregasi Basis Data.

Fungsi MAX dalam Database

Diatas sudah di jelasakan maksud dari fungsi MAX adalah untuk memperoleh value atau nilai yang paling tinggi di dalam suatu record atau field. Kita coba untuk menghitung nilai tertinggi yang terdat dalam tabel nilai, ini script pemrogramannya.

SELECT MAX (nilai) AS nilai_tertinggi FROM nilai;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *