9 Cara Cepat Mengatasi Aplikasi Youtube Error di Android

cara mengatasi aplikasi youtube yang error dengan cepat dan mudah

Youtube Tidak Bisa Di Buka atau Error – Siapa yang tidak kenal dengan platform social media youtube. hampir di seluruh belahan dunia mengunjungi dan melihat video yang di share di youtube.

Banyak orang di dunia memanfaatkan media youtube sebagai media untuk mencari hiburan, karena di youtube banyak sekali jenis video yang berbeda, tentunya menghibur para penggunanya.

Mulai dari Video hiburan, Musik, Life Style, Travelling, edukasi dan masih banyak lagi ada semua di aplikasi Youtube ini.

Bahkan aplikasi ini bukan cuma di akses lewat website youtubenya saja, tapi sudah bisa di akses dari aplikasi android, oleh karena itu semakin di mudahkan pengguna untuk menonton video lewat youtube.

Karena ini adalah sebuah media online, dan ada aplikasi outube di android pasti ada saja mengalami kendala error, atau rusak. Mungkin ini beberapa error yang sering terjadi pada aplikasi Youtube :

Cara mengatasi Aplikasi Youtube Error di Android
  • YouTube tidak bisa dibuka
  • YouTube tidak bisa digunakan untuk memutar video
  • YouTube blank
  • Aplikasi Youtube Error
  • Dan error lainnya

Jika anda baca artikel ini maka anda sedang mengalami kendala pada Aplikasi Youtube yang error atau tidak bisa di buka, oleh sebab itu silahkan baca artikel ini supaya mendapatkan solusinya.

Baca Juga : Youtube Sering Pause Sendiri, Ini Solusinya

Jadi kali ini admin Inovatifku.com akan menuliskan artikel tentang bagaimana cara mengatasi aplikasi Youtube error atau tidak bisa di buka di android.

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka di Android

Disini akan di bahas semua masalah error yang terjadi di aplikasi youtube, mulai dari error, tidak bisa di buka, dsb. Langsung saja inilah cara mengatasi aplikasi Youtube di Android yang bermasalah :

1. Update Aplikasi Youtube

Yang pertama harus anda lakukan adalah dengan cara meng update aplikasi Youtube di android anda, kebanyakan error di aplikasi Youtube terjadi akibat tidak di update.

Silahkan lakukan update aplikasi Youtube di Google Play Store supaya aplikasi Youtube berfungsi normal kembali. Karena kebanyakan masalah error di aplikasi youtube karena belum di updatenya aplikasi tersebut.

2. Hapus Cache Aplikasi Youtube

Androbunto.com – Cara Mengatasi aplikasi youtube error dengan mudah

Jika aplikasi Youtube anda sudah di perbarui namun masih error silahkan lakukan cara kedua untuk mengatasi youtube error, yaitu dengan cara menghapus Cache atau sampah aplikasi youtube.

Cache inni terjadi jika anda mencari sesuatu di aplikasi youtube maka histori kalian akan di anggap cache atau penyimpanan sementara, walaupun datanya sangat kecil tapi jika lama kelamaan cache ini akan menumpuk.

Dan untuk mengatasi hal ini silahkan lakukan penghapusan cache dengan cara masuk ke menu Setelan / Pengaturan > Manajemen Aplikasi > Aplikasi Terinstal > Youtube > Hapus cache

3. Hapus Data Aplikasi Youtube

Dari kedua cara itu aplikasi youtube masih tidak bisa di gunakan maka silahkan lakukan penghapusan data pada aplikasi youtube, kenapa perlu di hapus data aplikasi youtube, di takutkan data yang lama terjadi masalah.

Pada dasarnya aplikasi youtube menyimpan berbagai data-data berupa kofigurasi, informasi akun, dan bahkan histori akun. Dengan kamu selalu memakai aplikasi Youtube maka data-data aplikasi akan menumpuk.

Dan jika hal itu di biarkan, maka akan mempengaruhi performa aplikasi youtube di smartphone anda. Dan jika hal itu di biarkan, maka aplikasi Youtube sewaktu-waktu akan crash dan tidak bisa digunakan.

Bahkan hal di atas bisa memperngaruhi performa dari ponsel anda, jadi jika aplikasi youtube anda tidak bisa di buka atau mengalami error silahkan hapus data dari aplikasi tersebut.

Karenanya sesekali kamu perlu menghapus data aplikasi YouTube. Menghapus data tidak akan menghapus aplikasi, hanya pengaturannya saja yang hilang. Aplikasinya masih bisa kamu gunakan.

Dan untuk mengatasi hal ini silahkan lakukan penghapusan data aplikasi Youtube dengan cara masuk ke menu Setelan / Pengaturan > Manajemen Aplikasi > Aplikasi Terinstal > Youtube > Hapus Data.

4. Instal Ulang Aplikasi Youtube

Jika ketiga hal di atas tidak bisa mengatasi aplikasi youtube yang error maka lakukan cara berikutnya yaitu dengan cara lakukan Instal Ulang Aplikasi Youtube tersebut.

Dengan melakukan instal ulang aplikasi youtube maka data yang berada di aplikasi tersebut akan hilang semua, dan lakukan instal kembali aplikasi youtube di hp anda.

5. Hentikan Paksa Aplikasi

dengan memencet tombol recnt aplikasi keluarkan aplikasi youtube anda.

Mungkin ini cara yang paling simple, jadi jika aplikasi youtube di android anda mengalami error silahkan keluarkan aplikasi tersebut secara paksa dengan cara pencet tombol renct aplikasi dan geser ke atas aplikasi youtubenya.

6. Lakukan Rastart HP

Jika ke empat cara di atas tidak bisa mengatasi aplikasi youtube error di android, silahkan lakukan restart android atau boot ulang atau hidupkan lalu nyalakan android anda, dan silahkan coba kembali.

7. Update Sistem Operasi

Jika cara di atas masih tidak bisa membuat aplikasi Youtube kembali seperti semula di android, silahkan lihat sistem operasi yang anda pakai, perlu pembaruan atau tidak.

Biasanya banyak sekali perusahan smartphone melakukan update sistem operasi untuk meng fix kan atau memperbaiki bug di dalam smartphone tersebut, silahkan lakukan update sistem operasi atau upgrade OS.

Intinya jika sistem operasimu versi lama dan aplikasi Youtube mu terbaru biasanya tidak cocok atau sudah usang, maka segeralah lakukan update aplikasi.

8. Gunakan Browser Android

Jika ke tujuh itu sudah di coba untuk mengatasi aplikasi youtube yang error atau terjadi masalah, silahkan anda gunakan browser untuk menjelajah Youtube di hp android.

9. Rest Hp Anda

Cara yang paling terakhir mungkin adalah dengan melakukan Reset HP anda, karena mungkin ada sistem yang bermasalah dan tidak berfungsi yang mengakibatkan Aplikasi Youtube anda tidak berjalan.

Silahkan lakukan reset atau kembali kepengaturan awal pabrik, supaya ponsel anda tidak terjadi masalah ketika menggunakan aplikasi Youtube.

Kesimpulan

Itu di 9 cara mengatasi youtube tidak bisa digunakan, error sehinggat tidak bisa di buka di aplikasi android. Cara di atas bisa anda gunakan di semua merek hp yang anda saat ini.

Semoga artikel inni bermanfaat untuk anda, dan dapat menyelesaikan masalah tentang aplikasi youtube error di android. Silahkan share artikel ini, semoga bermanfaat, terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *