Ini Dia, Makanan dan Minuman Untuk Menghilangkan Bau Mulut

2 min read

Makanan dan Minuman Menghilangkan Bau Mulut – Mungkin diantara Anda ada yang pernah mengalami kondisi, dimana aroma nafas lawan bicara Anda sangat menyengat dan benar-benar membuat Anda serasa ingin muntah saat itu juga.

Atau, Jangan-jangan Anda adalah orang yang kerap selalu disindir oleh teman-teman Anda dengan sebutan nafas naga, karena memiliki aroma nafas yang “mematikan”.

Siapa pun itu tidaklah penting untuk saat ini. Karena yang terpenting adalah kali ini kita akan memberikan informasi bermanfaat untuk mengatasi aroma nafas atau bau mulut yang berlebihan.

Jika Anda adalah orang yang merasa memiliki bau mulut yang tidak sedap, Anda bisa coba aplikasikan cara ini untuk meminimalisir bau atau aroma tidak sedap yang muncul dari mulut Anda, atau jika Anda adalah orang yang selalu diterpa oleh bau mulut teman Anda.

Anda bisa coba mengirim artikel ini ke teman anda secara Anonim, entah itu melalui email atau pun pesan singkat. Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini, teman anda tergerak hatinya untuk “bertobat” dan mau mengatasi bau mulutnya dengan menerapkan beberapa tips yang akan segera kita sampaikan.

Oke, langsung aja simak daftar makanan dan minuman yang bisa bantu hilangkan bau mulut berikut ini.

Makanan dan Minuman Penghilang Bau Mulut

Makanan untuk menghilangkan bau mulut
  • Green Tea (Teh Hijau)

Diposisi pertama yang kita anjurkan berasal dari kategori minuman untuk menghilangkan bau mulut, yaitu: Teh Hijau atau bahasa kerennya Green Tea.

Selain dikenal sebagai minuman yang membuat kulit tampak awet muda, green tea juga memiliki khasiat lainnya, salah satunya adalah membantu menghilangkan bau mulut.

Di dalam green tea terkandung senyawa khusus yang berfungsi membuang senyawa sulfur penyebab aroma tidak sedap pada mulut.

  • Permen Karet Sugar Free (bebas gula)

Salah satu cara mudah untuk meminimalisir aroma tidak sedap dari mulut adalah dengan mengkonsumsi permen karet.

Gerakan yang ditimbulkan saat mengunyah permen karet akan meningkatkan produksi saliva / air liur.

Peningkatan produksi saliva ini akan membantu mengurangi jumlah bakteri dalam mulut yang merupakan salah satu faktor pemicu munculnya bau mulut.

Namun perlu diingat, anjuran mengunyah permen karet ini khusus untuk permen karet bebas gula (sugar free).

  • Keju (Cheese)

Berbicara soal keju, selain memiliki rasa gurih yang nikmat, ternyata juga dapat bermanfaat untuk meminimalisir bau tidak sedap dari mulut.  Zat khusus dari keju ini bekerja dengan menetralisir zat asam yang tersisa di dalam mulut.

  • Yogurt (Susu Fermentasi)

Ternyata bukan hanya keju, produk olahan susu lainnya seperti yogurt ternyata juga berguna untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari mulut. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan salah seorang ahli kebersihan gigi, Julie Linzei.

Ia mengatakan bahwa sebuah studi kecil yang dilakukan di negeri sakura (Jepang) menemukan bahwa, dengan mengkonsumsi yogurt sebanyak 2 kali sehari ternyata dapat membantu kita dalam meminimalisir bau tidak sedap dari mulut kita.

  • Apel

Tahukah kamu, selain dikenal sebagai buah yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah, ternyata buah apel juga bisa kita manfaatkan untuk meminimalisir aroma tidak sedap yang muncul dari mulut kita.

Hal ini dikarenakan, gerakan mengunyah buah apel yang renyah dan mengandung banyak serat mampu menstimulasi kelenjar air liur untuk menghasilkan saliva lebih banyak, serta membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi kita.

  • Air Putih

Yang terakhir dalam daftar kita kali ini adalah air putih. Mungkin sedikit terdengar remeh, tapi tahukah kamu bahwa Jubir Academy of Nutrition and Dietetics, yakni Amy Jamieson-Petonic menyebutkan: hidrasi yang teratur (pada mulut) akan membuat aroma nafas kita menjadi lebih baik.

Hal ini dikarenakan, proses hidrasi teratur yang terjadi di dalam mulut, akan membantu melembabkannya, serta membersihkan bakteri disekitar mulut yang menjadi pemicu munculnya aroma tidak sedap.

Jika anda mempunyai masalah tulang, atau sering nyeri. Anda bisa makan kolang kaling untuk mengatasi atau meredakan masalah kesehatan tulang

Tambahan:

Makanan & Minuman Penyebab Bau Mulut

makanan dan minuman penyebab bau mulut

Bukan hanya mengetahui tips menghilangkan bau mulut, kita juga perlu mengenal makanan dan minuman apa saja yang bisa menjadi pemicu munculnya aroma tidak sedap dari mulut kita.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang perlu kamu perhatikan untuk menghilangkan bau mulu.

Kopi

Siapa sangka, ternyata secangkir kopi yang nikmat dapat menjadi pemicu munculnya aroma tidak sedap pada mulut kita.

Koq bisa? Ternyata alasannya adalah didalam secangkir kopi terdapat kandungan zat yang bersifat mengeringkan rongga mulut kita, dan apabila rongga mulut kita kering dari saliva (air liur), maka bakteri penyebab bau mulut pun dapat dengan mudah berkembang biak di mulut kita.

Mungkin kopi menjadi penyebab bau mulut, tapi tau tidak ? bahwa Ada Banyak Sekali Manfaat di Balik Kopi Loh !

Minuman Beralkohol

Tidak jauh berbeda dengan kopi, kandungan zat di dalam minuman beralkohol dapat menekan jumlah produksi air liur di dalam mulut kita.

Dan apabila mulut berada dalam kondisi kering, bakteri penyebab bau mulut pun akan tumbuh dengan pesat.

Bawang Putih

Bukan rahasia lagi, bawang putih adalah salah satu bahan makanan,  yang dapat memicu munculnya aroma tidak sedap pada mulut. Munculnya aroma tidak sedap ini dipicu oleh kandungan sulfur yang terdapat pada bawang putih.

Mungkin itu saja yang bisa kita sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu para pembaca dimana pun berada. Dan seperti biasa, bagikan artikel ini di sosial mediamu.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *