Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Bisa Mengambil Gambar

Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Bisa Mengambil Gambar – Hallo kawan! Selamat datang di blog Tengku Tutorials, Blog ini sangat menarik lho! karena berisi artikel artikel bermanfaat dan mudah dipahami spesial untuk pembacanya termasuk Anda, artikelnya sangat menarik, termasuk yang satu ini yaitu cara mengatasi kamera xiaomi tidak bisa mengambil gambar. Sudah tidak asing lagi sekarang banyak orang yang memiliki smartphone baik itu Android atau IOS, dari kalangan anak anak hingga lansia semuanya menggunakan Smartphone salah satunya merek Xiaomi, Smartphone ini dikenal dengan kualitasnya yang bagus dan harganya yang terjangkau, termasuk dari kamera, Xiaomi memiliki kamera yang jernih cocok untuk Anda yang suka berfoto, tetapi ada saja masalah kamera di hp xiaomi seperti kamera xiaomi tidak bisa mengambil gambar.

mengatasi kamera xiaomi tidak bisa mengambil gambar
Xiaomi Redmi adalah salah satu smartphone Canggih yang memiliki sistem Android yang sekarang menjadi salah satu smartphone canggih dengan harga murah, Xiaomi salah satunya , Hp ini memiliki kualitas super harga murah dan Sparepartnya yang murah , jadi jangan khawatir takut kemahalan jika ingin mengganti atau membeli sparepart hp Xiaomi ya kawan! Selain itu Xiaomi juga memiliki Kamera yang Super jernih, auto fokus dan Flash, Kamera di Hp xiaomi cocok digunakan untuk Fotografer pemula karena tidak kalah dengan kamera lainnya seperti samsung, Sony dan LG.
Dibalik kamera yang jernih dengan auto fokus yang benar benar Fokus, terkadang Xiaomi juga punya kendala, salah satunya adalah pada kameranya sendiri, ada banyak masalah yang sering kali terjadi pada hp Xiaomi seperti Kamera Error, Tidak bisa dibuka, kamera xiaomi yang tidak dapat terhubung, Kamera depan yang tidak berfungsi dan masih banuak lagi masalah masalah yang sering kali terjadi pada kamera hp Xiaomi. Tentunya dari masalah masalah diatas pasti ada cara mengatasinya. Apakah cara mengatasinya mudah? Tergantung kerusakannya, parah atau tidak , Tetapi semua kerusakan pasti bisa Anda perbaiki.
Biasanya hp xiaomi yang bermasalah pada kamera sering terjadi di Hp Xiaomi dengan merek Redmi 4A, Hp ini termasuk Produk dari Xiaomi yang sudah banyak orang lain menggunakannya, karena hp ini juga termasuk produk Xiaomi yang bagus dan banyak peminatnya, harganya yang murah , Spesifikasinya yang lumayan canggih, dan kamera yang jernih, namun sering kali terjadi masalah pada kamera hp Xiaomi tipe Redmi 4A.
Masalah pada kamera tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja apalagi Anda sering Selfie , Berfoto foto, Hunting bareng teman teman yang membutuhkan dokumentasi,nah tentunya menjadi masalah besar jika kamera yang sering Anda gunakan tidak berfungsi, Tidak dapat dibuka, Error, Anda tidak bisa Berfoto foto lagi, seperti halnya masalah kamera Xiaomi yang tidak dapat terhubung. Tapi tenang saja kawan! disini Tengku Tutorials sudah membahas artikel cara mengatasi kamera Xiaomi Error , Ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya, Insyallah kamera xiaomi Anda kembali normal lagi setelah mengikuti Tips dari Tengku Tutorials, Yuk simak Cara mengatasinya dibawah ini:

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Bisa Mengambil Gambar, Tidak Terhubung, Tidak Bisa Dibuka, Error Dengan Mudah

Ada beberapa hal yang menyebabkam kamera hp Xiaomi Anda Error atau bermasalah  apa saja penyebabnya ? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak yuk artikel tutorial cara mengatasinya dibawah ini :

1. Cache Kamera Penuh

Penyebab yang pertama yang menyebabkan kamera Xiaomi Anda Error adalah karena Cache pada aplikasi Kamera, karena pada setiap smartphone pasti Ada sebuah aplikasi kamera yang sudah tertanam secara permanent, jika Cache aplikasi kameranya penuh , ini bisa memgakibatkan masalah masalah pada kamera Xiaomi Anda.
Untuk mengatasi masalah Cache Aplikasi penuh sangat mudah, caranya silakan Anda buka menu dan klik Setting > App > dan cari aplikasi Kamera, lalu klik aplikasi kameranya dan nanti adalah bacaan Clear Data ( Hapus Data ) tinggal Anda hapus dan coba buka lagi kameranya Xiaomi Anda, apakah sudah tidak bermasalah lagi atau belum, jika berhasil maka dapat dipastikan, kamera Error dikarenakan Cache yang sudah penuh.

2. Reboot Ulang

Kenapa sudah di Hapus Cache tapi tetap bermasalah? tenang kawan, Jika cara mengatasi yang diatas tidak berhasil, Anda bisa melakukan cara yang satu ini yaitu Menyalakan Ulang ( Restart ) Xiaomi Anda, Karena Dengan di Restart maka Sistem Android akan diistirahatkan sejenak , karena jika Anda terlalu lama mengoprasikan Xiaomi Anda , sistem Akan bekerja lebih lama, nah sistem yang bekerja terlalu lama bisa menimbulkan masalah masalah pada Hp Anda sendiri, salah satunya error pada aplikasi tertentu, tidak bisa dibuka, termasuk kamera. jadi jika kamera Xiaomi Anda tidak bisa mengambil gambar maka coba restart dan buka kameranya lagi.

3. Memori Penuh

Ini yang sering kali diabaikan oleh beberapa orang, Jika Anda hobby berfoto maka tidak akan sadar bahwa foto Anda sudah banyak sekali tersimpan dimemori, baik itu Internal maupun Eksternal ( Sd Card ) jika memori Internal penuh maka akan menyebabkan beberapa aplikasi tidak bisa di operasikan secara sempurna termasuk menyebabkan kamera menjadi error dan tidak bisa mengambil gambar.
Memori yang penuh bisa juga menyebabkan Xiaomi Anda menjadi lemot ( Slow Respon ) atau sering disebut Lag, Jadi jangan abaikan jika memori hp Anda sudah full, biasanya memori yang sudah penuh, Akan ada pemberitahuan di atas Status Bar yang memberitahukan bahwa penyimpanan sudah melebihi batas, hal ini menyebabkan kamera xiaomi Anda tidak bisa mengambil gambar karena tidak ada ruang untuk gambar yang Anda Ambil.
Cara Mengatasi penyimpanan memori yang full pada Android salah satunya Xiaomi adalah dengan cara menghapus File File yang tidak terlalu penting, baik itu berbentuk Fotoz Video, Lagu atau bahkan file file lainnya yang berukuran besar, jika filenya penting semua, coba Anda pindahkan semua file ke Sdcard yang penyimpanannya lebih besar lagi, yang harus Anda ketahui, semakon besar penyimpanan kartu memori, maka harganya akan semakin mahal. Atau Anda bisa memindahkan ke Flasdisk. saya Yakin setelah memori memiliki ruang kosong, Anda bisa mengambil gambar di hp Xiaomi kesayangan Anda.

4. Aplikasi Kamera Lawas

Apa maksud dari aplikasi kamera yang Lawas? maksud dari aplikasi yang lawas artinya aplikasi yang dengan Versi lama, atau sudah kadaluarsa, belum diperbarui lagi ( Upgrade ) Aplikasi yang sudah lama tidak diperbarui tentunya akan muncul masalah masalah atau Bug karena sudah lama tidak diperbarui padahal sering ada notifikasi untuk memperbarui aplikasi tertentu.
Salah satunya adalah aplikasi kamera, Memang aplikasi kamera jarang ada pemberitahuan untuk di Perbarui, namun jika Ada pemberitahuan untuk memperbarui kamera maka langsung perbarui, karena Anda akan mendapatkan versi baru dan fitur yang baru, serta masalah masalah ( Bug ) akan diperbaiki karena aplikasinya sudah Anda perbarui, Jika tidak ada pemberitahuan Untuk memperbarui , Maka Anda bisa Download aplikasi kamera di Playstore khusus Xiaomi ya kawan! Coba Anda instal apakah sudah bisa mengambil gambar atau tidak.

5. Factory Reset ( Pengaturan Pabrik )

Jika cara mengatasi yang sebelumnya masih belum juga berhasil, Anda bisa mencoba cara ini yaitu mencoba pengaturan ulang atau Factory Reset, Factory reset adalah mengembalikan Hp Xiaomi Anda kepengaturan utama saat pertama kali Anda membeli Hp Xiaomi atau bisa dibilang seperti baru lagi.
Dengan Factory Reset maka data data yang Ada pada hp Xiaomi Anda akan hilang, kecuali jika Anda membackup ( Mencadangkan ) semua data terlebih dahulu sebelum factory reset, mungkin ada Virus di Xiaomi Anda yang menyebabkan kerusakan pada kamera, baik itu tidak bisa dibuka, tidak terhubung dan tidak dapat mengambil gambar ,Anda bisa mencoba cara ini untuk mengatasi masalah tersebut ,tapi jangan lupa Backup seluruh datanya dulu agar tidak ikut terhapus.

6. Update Firmware / Instal Ulang Firmware

Update Firmware tidak sama dengan Factory Reset, bedanya Update Firmware dengan Factory reset adalah, Update Firmware berarti memperbarui sistem Android Xiaomi Anda dengan kata lain yaitu Menginstal ulang seluruh Firmware Xiaomi Anda, sedangkan jika Factory Reset adalah hanya menghapus seluruh data saja.
Anda bisa Check apakah ada pembaruan Firmware atau Sistem yang tersedia di Xiaomi Anda, cara ceknya mudah, Anda bisa pergi ke Pengaturan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem, silakan Anda klik ” Check ” apakah tersedia pembaruannya atau tidak, jika tersedia maka tuggu proses downloadnya selesai, dan akan menginstak secara otomatis, dengan Update firmaware bisa memperbarui sistem termasuk Kamera, yang dapat memaksimalkan kinerja kamera Xiaomi Anda.

7. Kerusakan Hardware

Penyebab yang terakhir adalah karena adanya Hardware yang rusak yang masih terhubung dengan kamera, bahkan bisa jadi kameranya yang rusak, bisa karena benturan yang keras, terkena Air, atau karena Faktor umur, kerusakan Hardware tentunya tidak sama cara mengatasinya dengan kerusakan Software, Anda bisa mengecek apakah kamera benar rusak atau tidak, dengan cara mengganti kamera yang sesuai dengan merek hp Xiaomi Anda, jika errornya hilang ,maka dapat dipastikan Hardware Kameranya yang bermasalah, Anda juga bisa pergi ketempat service hp.
Kesimpulan

Semua cara cara diatas bisa Anda coba untuk mengatasi masalah pada kamera Xiaomi Anda, Jangan mudah menyerah jika cara diatas masih belum berhasil, Anda langsung datang keahlinya, saya sarankan langsung datang ketempat service ho Khusus Xiaomi karena kerusakan ini terjadi di hp Xiaomi.
Sekian tutorial cara mengatasi kamera Xiaomi tidak bisa dibuka, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, Jika berhasil maka jangan lupa bagikan artikel ini keteman teman ya kawan! karena berbagi adalah peduli, jangan lupa baca artikel menariknya hanya di Tengku Tutorials , Jangan lupa berkunjung lagi dan terimakasih sudah berkunjung, selamat melakukan aktivitas kembali kawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *