Mengatasi Masalah Sinyal Hp Android Hilang Timbul dan Tidak Stabil

Membahas tentang cara mengatasi masalah sinyal hp android hilang timbul dan tidak stabil ternyata lebih banyak yang mencarinya, hal ini berarti masih banyak orang yang mengalami masalah pada hp Androidnya, yaitu masalah sinyal hp android yang hilang total, ternyata ada beberapa penyebab sinyal hp tidak stabil dan terkadang naik turun, hal yang menyebabkan semua permasalahan pada jaringan Android ini beragam, bisa karena providernya/simcard yang gangguan ataupun masalah pada Android baik software ataupun hardware, keluhan ini harus segera diatasi, karena jika sinyal hp android tidak muncul kita tidak akan bisa internet, telepon ataupun yang lainnya yang berhubungan dengan jaringan.
Berbicara tentang masalah sinyal Android yang sering hilang, tentunya menjadi permasalahan yang bisa membuat kita kesal bukan? Bahkan dapat membuat kita membeli hp yang baru padahal hp yang lama dari segi fisik masih layak dipakai, sebenarnya jika hp Anda sinyalnya bermasalah, sering hilang bahkan imei ada namun sinyal tidak ada, jangan langsung berfikir untuk membeli yang baru, karena masalah ini bisa di perbaiki dan ada kemungkinan besar terselesaikan dengan melihat beberapa cara memperbaikinya. 
Mengatasi Sinyal Hp Android Hilang Timbul
Ada banyak faktor yang membuat jangkauan sinyal hp menjadi lemah dan tidak stabil, dan faktor utama yang paling berpengaruh adalah lokasi tempat tinggal Anda, karena jika lokasi dekat dengan perkotaan maka jangkauan sinyal masih mudah Anda dapatkan, tetapi jika sebaliknya, lokasi yang Anda tempatkan jauh dari perkotaan, bahkan didaerah pegunungan, maka jangkauan sinyal sangat terbatas yang menyebabkan hp Anda kesulitan mendeteksinya.
Sinyal android yang lemah karena kurangnya jangkauan sinyal ternyata bisa berdampak buruk pada hp Android kesayangan Anda, jika jangkauan jaringan masih kurang dan jauh , pada saat itulah hp Anda menangkap sinyal dengan ekstra sehingga menyebabkan baterai Android menjadi lebih boros dibanding sebelumnya, tetapi selain karena lokasi yang kurang tepat, masih ada banyak faktor lagi penyebab masalah sinyal tidak stabil di Android, apa saja?

Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Sinyal Hp Android Hilang Timbul dan Tidak Stabil

1. Periksa Pengaturan APN Sim

Acces Point Name atau sering di singkat APN adalah di ibaratkan sebagai gerbang atau jembatan antar jaringan GPRS, 3G, 4G dan jaringan jaringan komputer yang lainnya, APN sangat berperan penting pada perangkat Android untuk sinyal, jika Anda salah mengatur APN biasanya sinyal tidak akan muncul atau menjadi lemah.
Tetapi biasanya pengaturan APN akan di setting secara otomatis ketika Anda memasukkan simcard pada hp maka pengaturan APN akan menyesuaikan sendiri sesuai provider yang Anda gunakan, tetapi sudah banyak juga tutorial setting APN yang benar dan bisa menguatkan sinyal android yang lemah dan tidak stabil, jadi pengaturan APN tidaklah permanen, namun bisa Anda ubah jika Anda mengerti, jadi periksa terlebih dahulu, apakah APN sudah di setting dengan benar atau belum.
Untuk melihat pengaturan APN di Android adalah klik Pengaturan > Selengkapnya > Jaringan Seluler > Acces Point Name/Nama titik akses. Jika Anda menggunakan kartu Three/3, klik 3GPRS, berikut hal yang perlu Anda perhatikan untuk setting APN kartu tri:
  • Nama: 3GPRS
  • APN    : 3gprs
  • Jenis APN : default
  • Proxy : 10.4.0.10
  • Port : 3128
  • Nama pengguna : 3gprs
  • Sandi : 3gprs
  • Server : http://wap.three.co.id
  • MMSC : Tidak disetel
  • Proxy MMS : Tidal disetel
  • Port MMS : Tidak disetel
  • MCC : 510
  • MNC : 89
  • Jenis Autentikasi : Tidak disetel
  • Protokol roaming APN : IPv4
  • Aktifkan/nonaktifkan APN : Ya
  • Operator : Tidak ditentukan

Diatas adalah pengaturan APN standar untuk provider Three sesuai yang Admin pakai, dan sinyal tidak ada masalah selama ini, kecuali ada gangguan jaringan dari operatornya, jadi jika Anda menggunakan kartu three sesuaikan pengaturannya dengan yang diatas.
Pengaturan APN sudah sesuai dengan yang diatas tetapi sinyal tetap hilang timbul? Berarti ada masalah lain, apa saja penyebab lainnya?

2. Listrik di Daerah Anda Sedang Padam

Belum banyak yang menyadari ternyata, listrik yang sedang padam juga berpengaruh pada kekuatan sinyal hp, karena ketika listrik padam maka layanan operator juga mengalami gangguan kelistrikan, coba Anda bandingkan kekuatan sinyal sebelum listrik padam, dan sesudah listrik padam, pasti ketika listrik padam/mati lampu kekuatan sinyal akan berkurang satu bar, dua bar atau bahkan hilang sama sekali.
Jika memang benar sinyal hp tidak stabil ketika listrik padam/mati lampu solusi terbaiknya adalah menunggu sampai keadaan benar benar sudah normal alias lampu dan listrik sudah menyala lagi, tetapi ada beberapa provider yang katanya kebal walaupun listrik padam, ntah itu benar atau tidak, yang jelas pasti kekuatan sinyal akan berkurang, sedikit ataupun banyak.

3. Ruangan Tertutup Sehingga Jaringan Sulit Terjangkau

Pernah mengalami sinyal lemah hanya ketika sedang di kamar atau di ruangan tertentu saja dalam rumah Anda? Pasti Anda pernah mengalami hal yang seperti ini, tidak usah heran, bisa jadi Anda sedang berapa di ruangan yang bisa dibilang tertutup, tidak ada jendela dan pintu yang di tutup, selain kedap suara, hal ini juga bisa menyebabkan hp android sulit menangkap jaringan karena tempat yang tertutup.
Jika Anda sudah keruangan lain tetapi tidak ada perubahan, cobalah untuk keluar ruangan/rumah biasanya jaringan lebih bagus diluar rumah, cobalah untuk duduk diteras rumah atau tempat apapun yang tidak terlalu tertutup, jika sinyal tidak hilang timbul lagi, berarti permasalahannya hanya karena tempat yang tertutup saja.

4. Refresh Sinyal Dengan Mode Pesawat/Airplane Mode

Cara sederhana untuk menyegarkan sinyal hp adalah dengan mengaktifkan mode pesawat beberapa detik, lalu menonaktifkannya kembali sampai sinyal muncul lagi, jika Anda belum tahu keguaan refresh sinyal, Admin akan memberi tahu, jadi menyegarkan sinyal dapat membuat jaringan menjadi lebih stabil dan terarah, biasanya sinyal tidak stabil juga karena penggunannya yang berlebih, misalkan setelah Anda mengunduh file berukuran besar, maka jaringan akan selalu stanby yang menyebabkan lama kelamaan menjadi lemah.
Mengatasi sinyal android yang lemah bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur mode pesawat yang pastinya ada disetiap hp Android , ternyata fitur ini memiliki fungsi yang lebih dan Admin sendiri sering mengaktifkan mode pesawat beberapa detik lalu mematikannya lagi ketika sinyal tidak stabil, atau internet yang tidak jalan, jadi tidak salahnya Anda juga mencoba cara yang satu ini.

5. Atur Jaringan 4G Only/WCDMA/3G/HSPA+ Only

Jika ponsel Anda sudah mendukung jaringan 4G, disarankan untuk mengatur jaringan 4G Only yang artinya perangkat hp Android hanya akan mendeteksi dan menangkap sinyal 4G saja, bukan yang lainnya, hal ini sangat ampuh untuk mengatasi sinyal 4G yang sering hilang atau berganti ke h+, begitupun seterusnya, jika sinyal 3g, maka atur 3G Only agar sinyal menjadi stabil tidak hilang timbul lagi.
Untuk mengatur jaringan bisa dilakukan dengan dua cara yang berbeda, bisa langsung diatur lewat pengaturan atau dengan memasukkan kode *#*#4636#*#* pada panggilan di hp Anda, jika lewat pengaturan caranya klik Selengkapnya > Jaringan Seluler, mudah bukan?
Jika lewat panggilan Anda harus ketik *#*#4636#*#* dan pilih tulisan “Informasi telepon” dan atur “jaringan yang disukai” maka sinyal akan hilang beberapa detik dan muncul kembali, coba nyalakan data seluler, maka kecepatan dan kestabilan jaringan akan menjadi lebih baik.

6. Gunakan Penguat Sinyal Hp

Penguat sinyal sudah banyak tersedia diberbagai toko perlengkapan hp ataupun bisa Anda temukan di berbagai toko online dan harganya bervariasi, jadi penguat sinyal berfungsi menambah daya tangkap menjadi lebih kuat lagi, benda ini memiliki ukuran kecil dan cara pemasangannya biasanya di tempel di tutup belakang hp. Tetapi jenisnya juga berbeda beda, tidak hanya satu jenis saja, alat penguat sinyal bisa Anda temukan di internet.

7. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Nggak punya uang atau alat yang diatas tidak tersedia atau stok habis? Tenang saja karena masih banyak signal booster untuk Android berbentuk aplikasi, yaps, tidak ribet dan sangat mudah untuk ditemukan, sudah banyak aplikasi signal booster untuk Android dengan berbagai developer yang berbeda beda, Anda bisa mencari rekomendasi aplikasi terbaiknya agar sinyal Android Anda tidak hilang timbul lagi.

8. Menggunakan Modifikasi Tweak Build.prop

Pernah mendengar tweak build.prop? Adalah file build prop yang sudah dimodifikasi dan dibuat semaksimal mungkin, banyak tweak yang bisa Anda coba, misalnya tweak untuk menghemat baterai, meningkatkan performa Android, membuat agar booting super cepat, menguatkan jangkauan sinyal dan masih banyak yang lainnya, tetapi Anda harus melakukan root android terlebih dahulu, untuk tweak build prop yang sudah jadi, Anda bisa langsung lihat artikel dibawah ini:

9. Rebooting

Jangan lupa untuk menyalakan ulang karena cara ini sering berhasil, biasanya ponsel Anda butuh istirahat ketika habis dipakai berjam jam apalagi data seluler dan sinyal tetap menyala dan layar dalam keadaan standby, penggunaan ponsel yang terlalu lama juga bisa menyebabkan masalah masalah, yang paling umum adalah baterai menjadi boros , mengisi baterai lama walaupun sudah mendukung fast charging, kinerja berkurang dan lainnya, solusi utama adalah dengan reboot atau restart Android.

10. Periksa Komponen Hardware

Jika Anda tidak mengerti tentang komponen hardware jangan coba coba nekad untuk membongkar hp sendiri tanpa keahlian yang memadai, karena komponen ponsel sangat rapuh apalagi dibagian LCD dan Dan Flexibelnya yang mudah sekali sobek, jika Anda sudah mencoba semua cara diatas tetapi sinyal tetap hilang dan timbul, solusi terbaiknya adalah memeriksa di tempat service hp.
Demikian penyebab dan cara mengatasi masalah sinyal hp android hilang timbul dan tidak stabil, Admin harap beberapa tutorial diatas dapat membantu Anda, jika ada masalah lainnya bisa menghubungi Admin dilaman Kontak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *