Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong

Memori internal penuh padahal masih kosong – Jika banyak data yang tersimpan di memori internal HP yang menyebabkan kapasitas penyimpanan penuh tentu sudah wajar terjadi.

Namun ada beberapa kasus seperti memori internal penuh padahal masih kosong. Alias, tidak ada data yang terlihat didalam memori internal tersebut tapi kapasitas penyimpanan mendekati 100%.

Nah kali ini inovatifku.com akan membahas mengenai penyebab memori internal penuh padahal masih kosong baik file itu terlihat maupun tersembunyi.

Mengatasi memori internal penuh

Jika sobat mendapatkan notifikasi jika memori internal penuh itu sudah pasti ada data yang cukup banyak dalam memori tersebut.

File-file yang menyebabkan memori internal penuh terkadang memang tidak terlihat karena letaknya tersembunyi. File tersebut seperti data aplikasi, data cache, file kamera dan sebagainya. Berikut beberapa cara untuk mengatasi memori internal yang penuh baik file yang terlihat maupun yang tersembunyi.

Hapus data kamera

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi penuhnya memori internal yaitu menghapus data kamera. Foto ataupun video tentu memiliki kapasitas file yang cukup besar.

Baca juga : Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Terlebih di era modern saat ini, untuk satu file gambar yang dihasilkan dari kamera smartphone bisa mencapai lebih dari 1 mega byte. Jadi tak heran jika banyak file gambar ataupun foto dapat memakan ruang yang cukup besar di memori internal.

Sebagai alternatif untuk menyimpan foto maupun video, sobat bisa menggunakan google drive. Penyimpanan foto maupun video secara online tersebut cukup membantu kita dalam mengurai penggunaan memori internal hp kita.

Hapus Cache Aplikasi Penyebab Memori Internal Penuh

Cache aplikasi adalah sebuah data yang disimpan sementara pada memori internal hp kita jika aplikasi tersebut juga tersimpan pada memori internal. Cache sendiri berfungsi untuk mempercepat kinerja sebuah aplikasi yang telah kita gunakan sebelumnya.

Jadi jika sobat membuka sebuah aplikasi pertama kali membutuhkan waktu 5 detik, maka sobat akan lebih cepat membuka aplikasi tersebut untuk kedua kalinya mungkin bisa kurang dari 5 detik karena adanya data cache ini.

Nah masalahnya, terkadang ada beberapa bagian dari data cache yang cukup besar sehingga memakan ruang memori internal yang cukup banyak. Nah cache aplikasi ini tidak bisa sobat lihat melalui penyimpanan memori internal. Kalian hanya bisa melihat melalui data cache untuk setiap aplikasinya.

Cara Menghapus Data Cache

Untuk menghapus data cache sobat bisa masuk pada setelan hp kalian masing-masing. Kemudian masuk pada menu aplikasi dan sobat bisa pilih aplikasi mana yang akan di hapus data cachenya. Jika dirasa memori masih terasa penuh, kalian bisa hapus beberapa data cache pada aplikasi yang mungkin jarang atau tidak pernah digunakan. Agar lebih menghemat penggunaan memori internal hp kalian.

Hapus Data Menggunakan Aplikasi Cleaner

Bagi sobat yang merasa ribet untuk menghapus data cache secara manual, kalian bisa menggunakan aplikasi cleaner. Aplikasi cleaner adalah aplikasi yang memiliki fungsi mengoptimalkan hp kita. Beragam fitur juga banyak ditawarkan untuk mengoptimalkan penggunaan memori hp kita. Seperti fitur menghapus foto duplikat, menghapus data cache aplikasi yang jarang digunakan dan lainnya.

Sobat bisa menemukan aplikasi cleaner di google play store, kalian bisa memilih aplikasi cleaner yang memiliki rating tertinggi. Karena biasanya aplikasi yang ratingnya tinggi pasti memiliki banyak feedback positif dari para penggunanya.

Pindah Aplikasi ke Memori Eksternal

Ada banyak smartphone yang memiliki slot memori eksternal. Nah bagi sobat yang hp nya memiliki slot memori eksternal bisa mencoba hal ini. Agar kalian dapat mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong dengan cukup mudah.

Cara Memindahkan Data Memori Internal ke Memori Eksternal

  • Masuk ke pengaturan hp kalian
  • Pilih aplikasi
  • Ketuk manager aplikasi
  • Pilih aplikasi selain aplikasi bawaan hp kalian
  • Kemudian pilih pindah aplikasi ke kartu SD (memori eksternal)

Hapus File Aplikasi Penyebab Memori Internal Penuh

Meski kita sudah menghapus aplikasi yang jarang kita gunakan atau tidak pernah kita gunakan. Ternyata data cache pada aplikasi tersebut terkadang masih tersimpan di hp kita. Nah untuk mengatasi hal tersebut sobat bisa ikuti langkah ini agar aplikasi yang sudah di unistall sebelumnya, datanya juga terhapus di smartphone kita.

Cara Menghapus Data pada Aplikasi yang Sudah di Unistall

  • Masuk pada pengaturan hp kalian
  • Temukan pilihan file saya
  • Ketuk pada penggunaan penyimpanan dibagian bawah
  • Ketuk rincian
  • Masuk pada file campuran
  • Hapus file cache aplikasi yang sudah di unistall sebelumnya

Rekomendasi anda : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Hp Xiaomi

Penutup

Itulah sedikit rangkuman inovatifku.com mengenai memori internal penuh padahal masih kosong yang bisa kami paparkan kepada pengunjung setia kami. Kalian bisa coba beberapa cara diatas agar dapat mengoptimalkan penyimpanan data pada memori internal hp kalian.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa tinggalkan kritik dan saran kalian, agar inovatifku.com dapat berkembang menjadi lebih baik di kemudian hari. Terima kasih.





Tinggalkan komentar