Mengatasi Tidak Bisa Factory Reset Atau Gagal Wipe Data Android

Banyak yang kebingungan dengan kejadian aneh ini, tidak biasanya gagal factory reset di Android padahal sebelumnya lancar lancar saja, tapi ingat ingat dulu, apakah Anda pernah memodifikasi Android sehingga tidak bisa melakukan factory reset?

Pada setiap ponsel Android kita bisa menggunakan fitur pengaturan pabrik yaitu mengembalikan settingan ponsel menjadi seperti semula lagi, semua data akan terhapus dan semua tampilan ponsel kembali seperti baru.

Mengatasi Tidak Bisa Factory Reset Atau Gagal Wipe Data Android

Banyak yang merasakan kelebihan hard reset Android ini, biasanya orang melakukan hal ini rutin beberapa bulan sekali ataupun karena ada masalah pada ponsel Androidnya, misalnya selalu hang, lemot ataupun booting lama yang seharusnya bisa diatasi dengan melakukan wipe data atau pengaturan pabrik agar kinerja Android menjadi lebih baik lagi.

Tetapi ternyata ada masalah yang jarang terjadi pada Android yaitu selalu gagal saat melakukan factory reset? kenapa ini bisa terjadi? dibalik masalah pasti ada penyebab dan jalan keluarnya, jujur saja, Admin juga pernah menemukan beberapa ponsel Android yang bermasalah mirip seperti judul Artikel ini.

Awalnya Admin juga agak kebingungan, karena biasanya lancar lancar saja bahkan tidak sampai 5 menit saat mengembalikan Android ke versi pabrik, tetapi ada ponsel yang malah tidak mempan dihapus datanya, atau sudah berhasil factory reset namun data tidak hilang, akhirnya Admin mencari tahu penyebabnya dan mencari informasi mengenai masalah ini.

Penyebab Tidak Bisa Factory Reset di Android

Akhirnya setelah lumayan lama mencari apa penyebabnya, ternyata cukup mengkhwatirkan, kerusakan ini bukan karena softwarenya yang error, tetapi sudah mengenai perangkat hardwarenya (perangkat keras) yaitu IC EMMC.

IC EMMC Adalah memori internal yang menyimpan banyak data, diantaranya adalah OS yang diinstal, Boatloader, Recovery dan data data penting yang paling berpengaruh pada sebuah ponsel atau perangkat lainnya, kerusakan EMMC ditandai dengan beberapa tanda yang mungkin Anda alami, apa sajakah itu?

Tanda Tanda IC EMMC Android Lemah

1. Selalu Gagal Saat di Flash

Flashing atau bahasa terkenalnya adalah di Software dalam artian menginstall sistem baru untuk menggantikan sistem lama yang sudah rusak atau error, tetapi ternyata flashing Android tidak selalu berhasil, terkadang tidak ada pengarunya, dan itulah salah satu tanda IC Emmc mulai melemah.

2. Gagal Hard Reset Atau Factory Reset

Permasalahan ini sedang dibahas sekarang, selalu gagal saat melakukan factory reset adalah salah satu gejala kerusakan ic emmc tersebut, kerusakan seperti ini biasanya sudah memasuki peringatan siaga, dan hampir sulit untuk diperbaiki lagi kecuali diganti dengan yang baru, namun IC Emmc yang baru juga tidak akan bertahan lama dibandingkan IC yang original.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Terhenti di Xiaomi

3. Kesalahan Aplikasi Sistem

Pernahkah Anda mendapatkan perinagatan saat membuka aplikasi di Android, peringatan itu bertuliskan kurang lebih seperti ini “Sayangnya aplikasi telah berhenti” pernah mengalami seperti itu?

Jika aplikasi terus menerus keluar sendiri maka bisa dipastikan komponen hardware ponsel tersebut mulai melemah ataupun sudah rusak, biasanya kasus seperti ini walaupun sudah diflash tetap tidak akan berhasil, dan malah ponsel bisa menjadi Bootlop.

Baca Juga: Mengatasi Ponsel Xiaomi Booting Lama Dengan Cepat

4. Ponsel Mati Total (Hardbrick)

Akibat yang paling fatal karena kerusakan icnya yang sudah terlalu parah dapat menyebabkan ponsel Android kesayangan Anda tidak bisa menyala lagi, atau bisa dibilang menjadi mati total dan sulit untuk diperbaiki kecuali ic diganti dengan yang bau.

Jadi kita bisa mengambil kesimpulan, Tidak bisa factory reset atau wipe data Android disebabkan karena kerusakan pada IC Emmc yang termasuk bagian penting di hardware ponsel, baik itu sudah rusak ataupun sudah melemah.

Solusinya Anda bisa mengganti IC tersebut dengan yang baru, memang harganya lumayan mahal, bahkan bisa setengah harga ponsel Anda, jadi fikirkan matang matang, banyak kasus, ic emmc yang tidak original (pernah diganti) sangat mudah sekali rusak, jadi jangan sampai menyesal.

Itulah penyebab dan cara mengatasi gagal wipe data Android, semoga Anda merasa puas dengan artikel yang Admin buat, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang lain, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *