Mengenal Perbedaan Investasi dan Trading

Perbedaan investasi dan trading – Banyak dikalangan masyarakat indonesia yang memandang bahwa investasi dan trading adalah hal yang sama. Sekilas memang terlihat sama, namun pada kenyataan kedua hal tersebut itu berbeda.

Jika berkaca dalam dunia pasar modal, kedua hal itu mempunyai keuntungan yang berbeda. Ada beberapa perbedaan yang sangat signifikan antara investasi dan trading. Apa saja perbedaan itu? Yuk simak ringkasan inovatifku mengenai perbedaan investasi dan trading.

Tujuan investasi dan trading yang berbeda

perbedaan tujuan investasi dan trading

Baca juga : Mari Kita Ketahui Trading Halal atau Haram

Perbedaan yang pertama ini sangat nampak jika sobat perhatikan. Secara garis besar investasi bertujuan untuk menciptakan kekayaan dengan jangka waktu panjang. Caranya, dengan membeli saham sebuah perusahaan bagus dan menyimpannya dengan jangka waktu yang panjang.

Berbeda dengan trading, dimana trading bertujuan mendapatkan keuntungan dengan jangka waktu yang pendek. Sehingga perputaran dalam dunia trading begitu cepat dengan tujuan mendapatkan profit yang maksimal dalam kurun waktu tersebut.

Karakteristik investasi dan trading

karakteristik investasi dan trading

Investasi bisa dikatakan sebagai kegiatan menanam modal pada sebuah perusahaan. Investasi tersebut terbilang pasif, karena sobat sebagai investor tidak menjalankan secara langsung usaha tersebut agar menghasilkan keuntungan. Mengapa demikian ?

Karena sudah ada pihak yang mengelolanya sehingga sobat tinggal menunggu keuntungan yang akan didapatkan. Dengan catatan, perusahaan yang sobat tanamkan modal tersebut memiliki kredibilitas yang tinggi serta rekam jejak nilai saham yang bagus.

Simak : Pahami Cara Menentukan Target Pasar Bisnis Yang Tepat

Jika berkaca pada trading, hal tersebut tentu berbeda disini. Trading bersifat aktif, sobat sebagai investor dan sobat juga sebagai pelaku usaha tersebut. Sehingga kalian harus aktif memantau pergerakan nilai saham pada perusahaan yang sobat tanamkan.

Jadi keberhasilan sobat sebagai trader dinilai dari keaktifan kalian membaca dan memahami faktor-faktor yang memperngaruhi nilai profitabilitas.

Perbedaan strategi

perbedaan strategi investasi dan trading

Karena investasi didasarkan pada jangka waktu yang panjang, tentu sobat akan memperhatikan dengan baik faktor-faktor yang mempengaruhi saham perusahaan tersebut.

Perusahaan tersebut tidak terpengaruh oleh fluktuasi harga. Oleh karena itu, Fokus membeli saham pada perusahaan yang benar-benar sehat.

Sedangkan dari sisi trading, sobat sebagai trader harus benar-benar memperhatikan kondisi pasar saat ini. Sehingga apabila pasar saham mengalami penurunan maka seorang trader tidak akan masuk dalam lingkup tersebut sebelum nilai saham kembali normal.

Fasilitas

Manfaat yang sobat terima baik sebagai pelaku investasi maupun trader pun juga berbeda. Jika sobat sebagai pelaku investasi tentu akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti bonus, dividen, pemecahan saham dan sebagainya. Berbeda dengan trading, sobat sebagai trader tentu tidak akan mendapatkan fasilitas tersebut.

Baca juga : 10 Peluang Bisnis Online Yang Memiliki Peluang Besar di Tahun 2021

Penutup

Itulah sedikit ringkasan mengenai perbedaan investasi dan trading yang bisa inovatifku bagikan kepada kalian. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kalian yang ingin mengetahui perbedaan antara investasi dengan trading.

Jangan lupa tinggalkan kritik dan saran kalian dikolom komentar ya, Terima kasih sudah berkunjung.

Tinggalkan komentar