Mengetahui Ponsel Android Terkena Virus dan Cara Pencegahannnya

Cara Mengetahui Jika Ponsel Kita Terkena Virus Dan Cara Penjegahan Serangan Virus Pada Android. Android adalah sistem operasi seluler yang paling banyak digunakan di dunia. Saat ini memegang lebih dari 65 persen pangsa pasar secara global dengan lebih dari satu miliar pengguna.

Sebagaimana dibuktikan oleh virus spasial baru-baru ini, peretas terus-menerus mengubah taktik untuk perangkat Android, mereka untuk mengelabui pengguna agar memasang malware.

Secara keseluruhan, Android sedikit lebih terbuka daripada produk Apple. Kemampuan mereka untuk mengunduh membuat ponsel dan tablet Anda secara langsung lebih rentan, dan peretas dapat dengan mudah memanfaatkan ini.

Pengguna Android juga dapat mengunduh, menginstal, dan menghapus aplikasi pihak ketiga dari sumber yang tidak dapat diandalkan.

Beberapa gadget yang terinfeksi dengan malware akan mengalami pelambatan tiba-tiba, lonjakan penggunaan data, gangguan, munculnya iklan, dan pengurasan baterai.

cara mengetahui ponsel terkena virus atau melwere

Mengetahui Ponsel Android Terkena Virus atau Malwere Berbahaya

1. Lonjakan penggunaan data

Salah satu hal pertama yang perlu diperiksa adalah penggunaan data bulanan kalian. Jika kalian melihat lonjakan tiba-tiba dalam penggunaan data kalian meskipun kalian belum benar-benar mengubah pola penggunaan kalian, maka kemungkinan ponsel kalian terinfeksi.

Ponsel yang terinfeksi Adware biasanya melakukan klik tanpa diminta di latar belakang untuk menghasilkan keuntungan bagi penjahat cyber. Semua taktik tersembunyi ini menggunakan bandwidth dan data tidak sah.

Baca : Gunakan Antivirus Ini Untuk Mengamankan Ponsel Anda

2. Penagihan biaya yang tidak jelas

Satu lagi tanda pasti bahwa terdapat virus malware yaitu tagihan tiba-tiba pada ponsel kalian melalui SMS. Ini terjadi ketika gadget kalian terinfeksi malware yang mengirim pesan ke nomor tingkat premium dan menagih kalian.

Tentunya ini sangat merugikan yah, apa lagi ada sms masuk yang menyebabkan pulsa menjadi hilang, itu akan sangat merugikan.

3. Munculnya iklan pop-up

Jika kalian mulai mendapatkan iklan pop-up yang mengganggu dan pemberitahuan, pengingat yang tidak diinginkan dan peringatan “sistem” yang tidak akan hilang, maka ponsel Android kalian mungkin telah terkena malware.

Malware juga dapat menambahkan bookmark yang tidak kalian inginkan, pintasan situs web ke layar beranda yang tidak kalian buat dan pesan spam yang memikat kalian untuk mengklik. Selain memperlambat ponsel kalian dan menggerogoti data kalian, notifikasi mengganggu ini juga dapat menginstal lebih banyak malware di ponsel kalian.

4. Aplikasi yang tidak diinginkan

Mengawasi aplikasi yang kalian tidak ingat menginstalnya. Malware Trojan, terutama adware, dikenal secara otomatis mengunduh aplikasi berbahaya lebih lanjut tanpa sepengetahuan kalian.

Juga, penjahat dunia maya mencoba untuk meniru dan mengkloning aplikasi yang sah untuk mengelabui pengguna agar menginstalnya tetapi mematikannya dengan malware melalui pembaruan aplikasi otomatis.

5. Menguras baterai

Seperti yang dapat kalian bayangkan, semua aktivitas latar belakang yang tidak sah ini tidak hanya berdampak buruk pada penggunaan data kalian, namun juga dapat memengaruhi masa pakai baterai kalian.

Virus penghisap baterai ini mungkin disamarkan di aplikasi pihak ketiga dan unduhan yang tidak dapat diandalkan, dan begitu kalian menginstal program ke Android, kalian akan mulai melihat salurannya hampir secara instan.

Jika kalian mulai melihat pengurangan drastis pada masa pakai baterai kalian dan telepon kalian memanas bahkan saat idle, itu mungkin terinfeksi virus.

Baca : Ponsel Anda Terkena Virus dan Ingin Di Flash, Anda Harus Tau Apa Itu Flashing dan fungsinya
Mencegah ponsel android terserang virus atau malwere

Dan berikut cara untuk mencegah ponsel kalian dari terjangkitnya infeksi virus malware :

Hindari Pemasangan Aplikasi Di Luar Google Play

Jangan memasang aplikasi dari luar Google Play kecuali kalian tahu apa yang kalian lakukan: Fungsi ini seharusnya dinonaktifkan secara default, tetapi lakukan pengecekan.

Dalam versi terbaru Android kemampuan untuk menginstal aplikasi dari lokasi yang tidak diketahui telah berubah dari izin seluruh sistem ke izin khusus aplikasi.

Sekarang masuk di Setting > Aplikasi & Pemberitahuan > Lanjutan > Akses Aplikasi Khusus > Instal/sumber aplikasi yang tidak dikenal.

Jika Anda memasang aplikasi di luar Google Play, seperti dari toko aplikasi lain atau file APK yang datang sebagai lampiran pada email atau pesan lain, yakinlah bahwa itu aplikasi berasal dari sumber yang sah.

Hindari aplikasi yang dikloning

99 persen aplikasi yang di pasang dari sumber tidak di ketahui atau yang bukan dari Google Play, sudah di tanam kode yang berbahaya yang digunakan untuk menyebar virus atau malwere.

Hindari mengunduh aplikasi yang dikloning dari pengembang yang tidak dikenal, atau aplikasi yang tidak melakukan apa yang mereka katakan. Jadi sekarang hindari aplikasi yang tersebar di internet.

Perikasi Izin Aplikasi

Tidak peduli dari mana kalian menginstal aplikasi, periksa izin yang diperlukan sebelum menekan Instal. Jangan pernah izinkan izin admin perangkat aplikasi, yang mencegahnya dihapus.

Misal aplikasi pemutar video anda instal dari luar, dan aplikasi tersebut meminnta ijin untuk melihat kontak anda, tentu hal itu sungguh tidak wajar dan kalian harus pahami itu ketika menginstal aplikasi.

Kalian juga dapat memeriksa ulasan secara online dan meramban situs web pengembang untuk melihat apakah itu asli atau hanya kepentingan bisnis atau yang lainnya.

Perbaru Android

Versi terbaru sistem operasi Android tidak akan selalu tersedia untuk ponsel atau tablet kalian, tetapi kalian harus memeriksa apakah versi android anda sudah usang, dan segeralah di perbarui.

Lain kali kalian meningkatkan versi, pertimbangkan sebuah merek yang dikenal dengan pembaruan sistem operasinya yang tepat waktu.

Instal Aplikasi Antivirus

Pasti banyak orang yang tidak ingin menginstal aplikasi anti virus di ponsel androidnya, banyak sekali antivirus yang menyebabkan ponsel menjadi lambat dan mudah panas.

Tapi jangan kawatir kebanyakan aplikasi antivirus lainnya memberikan rasa aman si pemilik ponsel, karena mampu mendeteksi adanya virus di ponsel android tersebut.

Jika anda masih bingung silahkan baca artikel ini tentang Aplikasi Antivirus Terbaik 2019

Perlu di ingat terkadang aplikasi antivirus melaporkan beberapa aplikasi bermasalah, tapi anda juga harus paham jika itu masih wajar maka bukan berarti aplikasi yang kamu pakai terkena virus atau malwere

Opsi antivirus favorit kami untuk Android adalah Bitdefender, tetapi ada juga banyak opsi lain untuk perangkat lunak keamanan seluler.

Mungkin cuma itu yang admin berikan tentang cara mengetahui Ponsel android terkena virus dan cara untuk melakukan pencegahannya. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Ponsel terkena virus sangat tidak menyenagkan bukan apa lagi virus malwere yang sangat mengganggu, lakukana cara pencegahan virus atau malwere di atas agar ponsel anda aman.

Share artikel ini semoga bermanfaat untuk semuanya, terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *