Penyebab & Solusi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul

1 min read

notifikasi whatsapp tidak muncul

Pengguna Whatsapp sampai saat ini masih terus bertambah, hampir semua kalangan sudah memiliki akun whatsapp diponselnya, jadi tidak heran kenapa whatsapp bisa menjadi salah satu aplikasi populer, namun permasalahan notifikasi whatsapp tidak muncul seringkali terjadi, kebanyakan dari mereka belum mengetahui solusinya.

Whatsapp sendiri akan memberikan notifikasi setiap ada pesan yang masuk, penggunanya bisa dengan mudah mengatur notifikasi, mulai dari suara untuk pesan pribadi dan grup, mengatur warna lampu notifikasi dan masih banyak lagi lainnya.

Notifikasi whatsapp sangatlah penting, karena kita bisa mengetahui pesan yang masuk tanpa harus membuka aplikasi whatsapp itu terlebih dahulu, karena memang banyak orang yang hanya mengintip notifikasi whatsapp melalui status bar.

Sebenarnya, ada beberapa penyebab kenapa notifikasi whatsapp tidak muncul, untuk mengatasinya tentunya Anda harus mengetahui apa penyebab masalah tersebut, nah untuk mengetahuinya silakan baca artikel ini sampai selesai, karena kami akan membahas masalah itu sampai tuntas!

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul

1. Aktifkan Sinkronisasi Data

Hampir semua smartphone saat ini sudah menyediakan fitur Sinkronisasi, fitur ini memiliki fungsi untuk menyesuaikan data yang ada diserver dengan data yang ada di Android. Sebagai contoh ketika ada pesan whatsapp masuk, maka ponsel akan menyimpan dan menerima pesan tersebut.

Umumnya, sinkronisasi akan diaktifkan secara otomatis, namun tidak jarang orang yang menonaktifkan fitur ini, ntah karena tidak paham atau kenapa, padahal ini merupakan penyebab utama hilangnya notifikasi pada whatsapp.

Untuk mengaktifkannya, silakan buka Pengaturan > Akun Google dan Sinkronkan data, baik itu Gmail, Drive, Dokumen dan termasuk aplikasi Whatsapp.

2. Izinkan Whatsapp Berjalan Dilatar Belakang

Solusi yang kedua adalah izinkan whatsapp berjalan dibackgroud, jadi walaupun Anda sudah keluar dari aplikasi Whatsapp, semua notifikasi akan tetap masuk selama Anda menyalakan data seluler.

Agar bisa berjalan dilatar belakang, Anda harus memberi izin aplikasi whatsapp, dengan cara buka Pengaturan > Whatsapp > Data Seluler > Izinkan penggunaan data latar belakang.

Walaupun begitu, Anda tidak boleh mengizinkan semua aplikasi berjalan dilatar belakang, karena akan membuat baterai cepat habis, kinerja ponsel menjadi melambat dan tentunya cepat panas, jadi pilihlah beberapa aplikasi saja ya!

3. Restart Ponsel

Setelah mencoba langkah-langkah diatas namun belum juga ada yang berhasil, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menyalakan ulang ponsel (restart), karena tidak jarang permasalahan pada Android atau smartphone lainnya bisa teratasi hanya dengan restart saja.

Alasannya, seringkali sistem smartphone mengalami Malfungsi yang menyebabkan beberapa fungsi Android tidak berjalan semestinya, nah masalah seperti ini biasanya langsung selesai hanya dengan restart, unik bukan?

4. Pastikan Jaringan Internet Lancar

Notifikasi whatsapp tidak muncul juga bisa disebabkan karena jaringan seluler yang lambat atau sedang ada gangguan, sehingga membuat semua pesan whatsapp lambat masuknya, atau bahkan sudah masuk duluan namun tidak ada notifikasi yang muncul.

Biasanya, tanda jaringan lambat adalah selalu ada notifikasi distatus bar dengan tulisan Memeriksa Pesan Whatsapp, itu tandanya sudah ada pesan yang masuk namun terhambat karena jaringan internet yang lambat.

Demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan mengenai cara mengatasi notifkasi whatsapp tidak muncul, jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat agar orang lain juga tahu, terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat.

[Berhasil!] Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Tanpa Arsip

Sampai saat ini Whatsapp masih menjadi aplikasi chatting favorit orang banyak, bisa dibilang tingkat keamanan pesannya pun cukup tinggi, namun tetap saja pesan pribadi...
Tengku Fauzi
1 min read

One Reply to “Penyebab & Solusi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *