Pahami Cara Menentukan Target Pasar Bisnis Yang Tepat

Menentukan target pasar – Banyak hal yang perlu kita persiapkan sebelum memulai sebuah bisnis ataupun usaha. Salah satu hal tersebut yaitu menentukan target market ataupun pasar untuk bisnis kita. Sobat perlu melakukan analisa pasar secara mendalam agar bisnis ataupun usaha tersebut dapat terarah pada konsumen yang tepat. Dengan mendapatkan banyak konsumen yang tepat sasaran pun tentu akan meningkatka daya jual dari bisnis maupun usaha kita.

Target pasar adalah hasil segmentasi dari kelompok masyarakat. Nah, data segmentasi tersebut kalian dapat menentukan mana yang cocok untuk karakteristik bisnis ataupun usaha yang hendak kalian mulai. Agar sobat bisa lebih memahami bagaimana cara menentukan target pasar yang tepat dengan karakter bisnis kalian, pahami beberapa point penting berikut.

Apa itu target pasar ?

Target pasar adalah sekelompok konsumen ataupun pelanggan yang dijadikan target bisnis untuk dilakukan pendekatan secara perlahan. Tujuan dari hal itu tentunya, agar para konsumen tersebut tertarik dan membelim produk ataupun jasa yang kalian tawarkan.

Memahami kebutuhan konsumen

Kita perlu mengetahui dan memahami kebutuhan konsumen yang sering dicari ataupun yang sedang trend di saat ini. Hal ini penting dilakukan, agar produk ataupun jasa kita dapat tertarget pada konsumen yang benar-benar mencari barang atau jasa yang sobat sediakan.

Kebutuhan konsumen berdasarkan wilayah

Melihat kebutuhan konsumen berdasarkan wilayah penting juga untuk dianalisa. Tentu hal tersebut dikarenakan setiap wilayah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Sebagai contoh seperti ini :

Apabila sobat menjadi salah satu penjual ban motor di daerah pedesaan. Tentu akan banyak pembeli yang datang apabila kalian menjual ban motor yang berjenis biasa ataupun standart. Dibandingkan dengan kalian menjual ban motor yang berjenis racing atau untuk motor balap.

Kebutuhan konsumen berdasarkan umur

Memahami kebutuhan konsumen berdasarkan umur juga perlu diperhatikan. Pasalnya setiap tingkatan umur jika digolongan menjadi remaja, dewasa dan orang tua pasti memiliki kebutuhan yang berbeda. Sebagai contoh seperti ini :

Sobat menjadi penjual kosmetik yang produk tersebut berguna untuk menunda penuaan dini. Kalian perlu memahami bahwa penuaan dini bisa dimulai pada rentan usia 30 tahun ke atas. Sehingga penjualan produk kalian perlu ditargetkan pada orang yang memiliki rentan usia tersebut.

Evaluasi target pasar

Setelah sobat memulai bisnis ataupun usaha, penting dilakukannya evaluasi terhadap target pasar yang telah ditentukan sebelumnya. Mengapa hal ini penting ? Tentu saja apabila kita sebagai pembisnis ataupun pengusaha jika tidak mendapatkan hal yang sepadan dengan penghasilan pasti memiliki potensi untuk berhenti di tengah jalan.

Jadi poin ini perlu dilakukan secara berkala, agar target pasar yang kita tuju bisa berkembang seiring dengan usaha atau bisnis kita yang tersebut berkembang.

Menyusun strategi pemasaran

Strategi pemasaran juga perlu kita terapkan pada jalannya bisnis kita. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang cocok pada target kita, tentu akan menambah daya tarik kepada konsumen. Ada banyak strategi pemasaran yang bisa kita lihat disekitar kita.

Contoh strategi pemasaran secara langsung

Sobat pasti pernah mendapati sebuah konter hp yang menjual berbagai smartphone, pulsa maupun kuota internet bukan ? Pasti diantara mereka ada yang menggunakan pengeras suara, untuk menginformasikan promo-promo yang sedang berlangsung di konter tersebut. Kita perlu memahami bahwa hal tersebut adalah salah satu contoh strategi pemasaran secara langsung.

Contoh strategi pemasaran media sosial

Jika sobat memliki target anak remaja maupun pemuda-pemudi, tentu sosial media adalah hal yang cocok sebagai media pemasaran. Karena pada usia remaja maupun pemuda-pemudi, mereka masih sangat aktif menggunakan media sosial setiap harinya. Berbeda dengan orang tua, meskipun ada banyak orang tua yang masih aktif menggunakan media sosial saat ini.

Mencermati respon konsumen

Hal penting berikutnya setelah konsumen datang dan melihat produk ataupun jasa yang anda tawarkan adalah mencermati respon konsumen. Hal ini juga sangat penting dilakukan agar para konsumen yang telah berhasil anda tarik untuk melihat produk / jasa bisa closing (membeli produk / jasa anda).

Karena dengan mencermati repon konsumen, sobat bisa mengetahui warna, bentuk ataupun jenis yang diminati konsumen tersebut. Karena mungkin saja konsumen anda tertarik dengan produk anda dari segi kualitas, namun tidak menyukai warna ataupun bentuk dari produk tersebut. Alhasil konsumen membatalkan untuk membeli produk / barang yang telah sobat tawarkan sebelumnya.

Rekomendasi : Macam – Macam Ide Peluang Usaha Di Desa

Kesimpulan

Nah itulah beberapa poin penting mengenai cara menentukan target pasar secara tepat untuk bisnis yang sudah dimulai ataupun belum dimulai. Banyak hal yang perlu dipelajari dalam dunia bisnis, poin-poin penting ini mimin dapatkan oleh beberapa kerabat yang telah melalui perjalanan bisnis mereka. Tentunya ada banyak kekurangan dari rangkuman inovatifku ini, apabila sobat memiliki kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah ini. Terima kasih.

Tinggalkan komentar