Pengertian SEO dan Manfaatnya Secara Ringkas

SEO – Halo para pembaca dimana pun kalian berada, khususnya para blogger ataupun pegiat IM (internet marketing). Seperti tema atau judul kita di atas, kali ini penulis ingin sedikit menguraikan secara singkat tentang pengertian SEO dan manfaatnya, serta wajibkah kita untuk mempelajarinya, selaku orang yang bergelut di dunia blogging dan internet marketing?

Tentu kita tidak bisa pungkiri, bahwa beberapa tahun ini kita telah memasuki era digitalisasi, gimana hampir seluruh aspek kegiatan ekonomi dan sosial telah melibatkan sistem digital. Demikian pula peluang untuk mengembangkan bisnis, mereka yang menguasai teknik pemasaran secara online akan cenderung mampu meraup keuntungan lebih besar dibanding mereka yang hanya mampu menguasai pasar secara offline. Salah satu teknik yang penting untuk kita kuasai, agar mampu survive di dalam mengembangkan bisnis online yaitu menguasai teknik SEO. Lalu apa SEO itu sendiri?

Pengertian SEO

Istilah SEO merupakan singkatan kata dari search engine optimization. Adapun search engine optimization itu sendiri yaitu suatu teknik, rahasia, tips, serta rumus yang dipakai oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi satu atau beberapa halaman website di mesin pencari. Sejauh ini, populasi atau jumlah individu yang mampu atau menguasai Seo dengan benar jumlahnya masihlah sangat sedikit, bila dibandingkan dengan jumlah blogger secara umum. Mereka yang mampu ataupun menguasai teknik SEO ini umumnya cenderung merahasiakan, atau melakukan upaya komersialisasi terhadap teknik ataupun rahasia mereka terkait SEO ini. Beberapa diantaranya ada yang terang-terangan membuka jasa SEO ataupun kelas SEO berbayar alias premium.

Saya mau belajar SEO, apa yang harus Saya lakukan?

Tidak jauh berbeda dengan cabang ilmu pada umumnya, seluruh ilmu tentang SEO baik itu materi tertulis, konten video, maupun praktek secara langsung dapat kita pelajari, baik secara otodidak, ataupun dengan bimbingan langsung para expert yang telah berpengalaman. Namun disini kami ingin sedikit mengingatkan, apabila teman-teman para pembaca belum memiliki pengalaman sama sekali terkait dunia blogging, kami menyarankan Anda untuk mengikuti kelas premium, dimana Anda nanti akan mendapatkan bimbingan step by step materi apa yang harus dipelajari lebih awal. Sebab, tidak jarang mereka yang baru belajar mendalami ilmu SEO, sedikit mengalahkan kebingungan akibat konsep belajar yang salah.

Lebih buruknya lagi, kesalahan dalam memahami langkah optimasi ini, justru akan merusak nilai halaman website kita di mata mesin pencari, baik itu Google, Bing, Yahoo, yandex, DuckDuckGo, dan mesin pencari lainnya. Tetapi ada pengecualian di sini, bila kamu sudah memiliki basic meskipun sedikit di dalam dunia blogging, serta mengenal beberapa istilah dasar dalam ilmu SEO, mempelajari secara otodidak mungkin bisa menjadi pilihan sekaligus menjadi alternatif untuk menghemat pengeluaran.

Manfaat Belajar/Menguasai Ilmu SEO

Bisa dibilang menggeluti dunia blogging atau internet marketing tanpa memahami ilmu Seo ibaratkan makan sayur tanpa garam. Hasil yang akan kita dapat tidak akan maksimal dan akan membuat traffic menjadi semakin lesu. Berikut dibawah ini ini telah kita susun empat manfaat yang bisa kita peroleh ketika kita mampu menguasai ilmu Seo dengan baik dan benar.

1. Nangkring di Page One Bukan Lagi Mimpi

Bila kita aktif di komunitas blogger Indonesia, tentu kita menyadari bahwa ada banyak sekali blogger yang belum memahami bagaimana SEO itu bekerja. Alhasil, banyak diantara blogger yang hanya mampu menulis namun tidak mampu untuk nangkring atau mejeng di halaman pertama mesin pencari, khususnya Google. Oleh sebab itu, ketika seorang blogger telah mampu menguasai atau setidaknya telah faham bagaimana SEO itu bekerja, peluang dirinya untuk masuk ke halaman pertama Google tentunya akan menjadi lebih besar.

2. Panen Duit Melalui Internet

Ketika seseorang telah menguasai konsep ilmu SEO, dan mampu menerapkan ilmu yang dimilikinya, satu hal yang pasti, peluang dirinya untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah akan terbuka lebar. Seorang blogger yang mampu menciptakan konten dengan konsep full SEO, tentunya mampu menarik visitor, dan membuka celah untuk mendapatkan earning atau penghasilan, baik itu melalui advertising, native ads, jasa penulisan artikel, dan lain-lain.

3. Meningkatkan Penjualan Produk

Salah satu kegunaan dari ilmu SEO adalah berfungsi sebagai booster di dalam marketing atau pemasaran produk. Sebuah website jual beli, ataupun marketplace yang telah dioptimasi umumnya mampu menduduki rangking satu Google tanpa harus beriklan di Google ads. Tentu saja, hal ini akan semakin meningkatkan impresi trafik pada marketplace tersebut, yang secara tidak langsung telah memperbesar peluang terjualnya produk pada marketplace tersebut.

4. Membuka Kursus, Kelas, atau Menjadi Mentor SEO

Salah satu opsi yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari ilmu SEO yaitu mengajarkan apa yang kita ketahui kepada para pemula, yang mungkin membutuhkan bimbingan saat melakukan optimasi sebuah website. Tentu saja, kelas atau bimbingan yang akan kita tawarkan nantinya adalah sebuah penawaran khusus yang bersifat premium. Jadi, kelas ataupun bimbingan yang akan kita berikan hanya bisa diakses oleh para member premium.

Kesimpulan:

SEO memiliki sifat yang sangat dinamis. Search engine ataupun mesin pencari khususnya Google akan terus melakukan update algoritma. Oleh sebab itu, memahami bagaimana SEO dapat bekerja adalah sebuah hal yang wajib difahami oleh siapa saja yang menggeluti dunia blogging maupun internet marketing, bila memang menginginkan hasil yang maksimal.

Pengertian SEO dan Manfaatnya

Mungkin tidak banyak yang bisa kita sampaikan pada kesempatan kali ini seputar pengertian SEO dan manfaatnya, tapi semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat dan mampu menghadirkan informasi bermanfaat bagi para pembaca dimana pun berada. Terima kasih atas perhatiannya, dan sampai jumpa pada artikel kita lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *