3 Perbedaan Antara Menabung Dengan Berinvestasi

jangan sampai salah langkah dan mengartikan anatara menabung dengan investasi

3 Perbedaan Antara Menabung dengan Berinvestasi – Sebagian dari Anda mungkin mengira bahwa menabung sama dengan berinvestasi, padahal nyatanya tidak. Memang jika dilihat secara sekilas, kegiatan menabung dan juga investasi sama-sama kegiatan untuk menyimpan uang.

Namun nyatanya menabung dan juga investasi merupakan kegiatan yang berbeda. Lalu, dimanakah perbedaan antara menabung dan juga berinvestasi?

Jika dilihat dari defenisi, menabung merupakan kegiatan yang dilakukan dengan memisahkan sejumlah uang untuk disimpan dan uang yang disimpan tersebut masih dapat digunakan sewaktu-waktu jika diperlukan.

Kegiatan menabung biasanya dilakukan untuk tujuan jangka pendek. Sangat berbeda sekali tentunya dengan investasi yang dilakukan untuk tujuan jangka panjang. Orang yang melakukan investasi disebut juga investor.

Jadi jelas berbeda makna antara menabung dengan berinsvestasi, intinya menabung itu untuk jangka pendek dan berinvestasi untuk jangka panjang.

Di dunia nyata kegiatan investasi dilakukan dengan cara menanamkan modal dengan harapan akan mendapatkan bagi hasil lewat keuntungan yang didapatkan oleh pihak yang diberikan modal.

Baca : 13 Sukuritas Saham Online Untuk Berinvestasi Dengan Aman

Dan biasanya orang yang melakukan investasi baru bisa mendapatkan bagi hasil sesuai dengan persetujuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Untuk memperjelas perbedaan antara menabung dengan investasi mari kita simak ulasan selengkapnya!

Perbedaan Antara Menabung dan Investasi

1. Menabung Lebih Mudah Diakses Ketimbang Berinvestasi

Menabung Lebih mudah di lakukan dan investasi perlu ilmu untuk mendalami.

Faktanya, menabung jauh lebih mudah diakses ketimbang berinvestasi. Dengan menabung, Anda bisa mengakses uang Anda kapan saja dan dimana saja.

Apalagi ketika Anda sedang membutuhkan dana darurat. Anda bisa menggunakan tabungan Anda sebagai dana talangan. Sangat berbeda sekali tentunya dengan berinvestasi.

Anda tidak dapat mengakses uang Anda kapan saja Anda mau karena ada waktu tertentu untuk Anda dapat mengkases kembali uang yang telah Anda investasikan sesuai dengan priode waktu yang telah disetujui oleh kedua belah pihak. dalam konteks ini antara investor dengan perusahaan yang diberi modal.

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa menabung lebih mudah diakses ketimbang berinvestasi.

Baca :  4 Jenis Investasi Yang Sangat Menguntungkan Di Tahun 2020

2. Keuntungan Yang Akan Didapat

Perbedaan lain antara menabung dengan berinvestasi yaitu terletak pada keuntunga yang akan didapat. Jika Anda menabung, Anda hanya akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan jumlah uang yang Ana tabung saja, sangat berbeda sekali tentunya dengan berinvestasi.

Dapat dikatakan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan berinvestasi akan sangat banyak, bahkan anda tidak bisa memperkirakan keuntungan yang akan di peroleh ketika berinvestasi.

Dan banyaknya keuntungan yang akan Anda dapatkan sesuai dengan jumlah yang Anda investasikan. Semakin banyak uang yang Anda investasikan maka semakin banyak pulalah keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Dalam konteks keuntungan, investasi jauh lebih unggul ketimbang menabung.

3. Resiko

Resiko menabung lebih sedikit dan resiko berinvestasi tidak diperkirakan

Dapat dikatakan bahwa resiko yang akan didapat dari menabung relatif kecil ketimbang berinvestasi. Karena jika sewaktu-waktu bank tempat dimana Anda menyimpan uang mengalami pencurian maka anda tidak perlu khawatir.

Karena pihak bank tentunya akan bertanggung jawab penuh terhadap seluruh masalah yang dialami oleh para nasabahnya. Hal ini disebabkan karena sistem keamanan yang dimiliki oleh bank sangat canggih dan terpercaya.

Sehingga untuk menyelesaikan masalah seperti ini sangat mudah dilakukan oleh pihak bank.

Baca : 7 Model Bisnis Yang Bakal Naik Daun di Tahun 2020

Sangat berbeda sekali tentunya dengan investasi. Karena keuntungan yang didapatkan dari investasi tergolong sangat banyak, maka resiko yang akan didapatkan juga tergolong sangat besar.

Semakin besar potensi keuntungan yang akan didapatkan maka semakin besar pulalah resiko yang akan didapatkan. Bahkan, dalam investasi saham ada kemungkinan dana yang diinvestasikan hilang seluruhnya jika perusahaan yang kita jadikan sebagai tempat untuk berinvestasi bangkrut.

Maka dari itu jika Anda berniat untuk berinvestasi bersiaplah dengan segala resiko yang akan didapat. Dalam konteks ini resiko yang didapat dari investasi jauh lebih besar ketimbang menabung.

Jadi anda harus lebih pintar lagi menganalisis perusahan mana yang cocok untuk meletakan modal investasi anda. Silahkan anda baca artikel 3 Tips Jitu Memilih Perusahan Untuk Berinvestasi

Jika anda berniat untuk berinvestasi intinya anda harus benar-benar dalam menggali ilmu dalam investasi karena itu kunci awal untuk memulai investasi. Jika anda kurang ilmu dan belum mantap dalam berivestasi sebaiknya tunda dulu keinginan kamu untuk berinvestasi.

Itulah 3 perbedaan antara menabung dengan investasi. Semoga Bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *