Perintah Dasar SQL Basis Data Lengkap Di Sertai Contoh

SQL (Structured Query Language) adalaha bahasa yang di gunakan dalam pemrograman dan di rancang untuk mengelola data yang tersimpan dalam Sistem Manajemen Database Relasional (Relational Database Management System, RDBMS).

Banyak sekali fungsi database, salah satunya adalah meyimpan dan memelihara serta mengelola data, oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui dasar SQL yang digunakan untuk melakukan hal itu.

Database sama dengan basisdata adalah kumpulan nvofrmasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat di periksa menggunakan suatu program komputer untuk memperolej informasi. Sumber (wikipedia.org)

Ada 3 perintah dasar basis data yang harus anda ketahui yaitu DDL,DML, dan DCL. Kenapa perintah dasar karena ketika kita akan mempelajari basis data, hal ini adalah hal yang paling terlebih dahulu kalian pahami.

Perintah Dasar SQL Basis Data dan Contoh Pembuatan

1. DDL (Data Defination Language)

DDL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengna pendefinisian suatu struktur database, dalam hal ini database dan table. Beberapa perintah yang termasuk dalam DDL antara lain :

  • CREATE
  • ALTER
  • RENAME
  • DROP

2. DML (Data Manipulation Language)

DML merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi atau pengolahan data atau record dalam table. Yang termasuk perintah SQL dalam DML antara lain :

  • SELECT
  • INSERT
  • UPDATE
  • DELETE

3. DCL (Data Control Language)

DCL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi user dan hak akses (priviledges). Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain :

  • GRANT
  • REVOKE

Itu perintah yang sering digunakan ketika kita membuat sembuah perintah SQL Basisdata, Mari kita bahas dan langsung praktekan dengan CMD dan XAMPP MySQL.

Praktek Perintah Dasar SQL Basis Data Lengkap

a. CREATE

Perintah ini digunakan untuk membuat, termasuk diantaranya membuat database baru, tabel baru, view baru, dan kolom.

CREATE database nama_database;

CREATE table siswa (kolom 1(tipe data), kolom 2 (tipedata)…., kolom n(tipedata));

Contoh perintah Create dalam database

Silahkan anda pahami tentang perintah CREATE karena kita akan mempraktekannya. Kita akan membuat sebuah database dengan nama RPL, dan tabel siswa dengan isi NIS, Nama, Alamat, Orangtua.

CREATE database RPL;
CREATE table siswa(NIS int(5) PRIMARY KEY, nama varchar(50), alamat varchar(50), nohp int(12));

b. ALTER

Alter table adalah sutu perintah didatabase MySQL untuk merubah struktur table baik itu merubah nama table, merubah nama kolom, merubah tipe data, dan lain-lain.

  • Untuk latihan mari kita tambahkan kolom orangtua di tabel siswa
ALTER TABLE siswa ADD  orangtua varchar(20);

Silahkan anda tamahkan kolom baru dengan nama alumni varchar (50) . Silahkan perhatikan syntak diatas. Fungsi ADD disini adalah menambahkan. banyak sekali fungsi ALTER kami jelaskan selain ADD.

Mengubah Nama Kolom / Field pada tabel MYSQL
ALTER TABLE nama_tabel CHANGE nama_kolom_lama nama_kolom_baru varchar(50);

Merubah Tipe Data kolom MySQL

ALTER TABLE siswa CHANGE nohp varchar(12);

c. RENAME

RENAME adalah perintah SQL yang berfungsi untuk mengganti nama suatu field record di dalam tabel, pengimplementasian perintah rename pada SQL bisa menggunakan hal di bawah ini.

RENAME TABLE siswa to siswarpl;

d. DROP

Drop adalah perintah SQL yang berfungsi untuk menghapus suatu table, anda bisa menggunakan sintak berikut ini perintah syintak DROP. Silahkan hapus record atau file yang bernama alumni, atau dengan cara di bawah.

ALTER TABLE siswa DROP alumni;

Buatlah tabel database seperti di bawah.

Minggu depan kita akan bahas perintah DML lebih rinci.

Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *