4 Solusi Pesan Whatsapp Tidak Masuk Jika Tidak Dibuka [AMPUH]

2 min read

pesan whatsapp tidak masuk jika tidak dibuka

Beberapa pengguna Whatsapp pada perangkat tertentu baru-baru ini mengeluhkan masalah pesan whatsapp tidak masuk jika tidak dibuka, artinya ada yang tidak beres pada aplikasi atau perangkat yang digunakan, kali ini admin akan membagikan pengalaman mengenai cara memperbaiki masalah tersebut.

Tentunya hal ini cukup mengganggu, pasalnya Anda harus membuka whatsapp selalu jika ingin menerima pesan tepat waktu, karena jika aplikasi whatsapp tidak dibuka, maka Anda tidak akan bisa menerima pesan, panggilan atau informasi lainnya pada Whatsapp.

Masalah ini biasanya terjadi pada perangkat Android, namun tidak menutup kemungkinan perangkat iOS juga bisa mengalami permasalahan yang sama, namun untuk kali ini kami hanya khusus membahas tutorial cara memperbaikinya di Android, jadi untuk pengguna iOS tentu tutorialnya berbeda.

Solusi Pesan Whatsapp Tidak Masuk Jika Tidak Dibuka

Kenapa masalah ini bisa terjadi? sebenarnya penyebabnya banyak sekali, namun yang sering terjadi adalah adanya kesalahan pengaturan terutama pada bagian jaringan, jika terjadi kesalahan maka pesan whatsapp, email atau notifikasi lainnya akan telat masuk.

Nah, agar pesan whatsapp tidak telat masuk lagi, kami sarankan Anda untuk menyimak artikel ini sampai selesai, dan mencoba trik lain, jika trik sebelumnya tidak berhasil, setuju?

1. Aktifkan Sinkronisasi Whatsappp

Alasan Admin menempatkan trik ini diurutan pertama adalah karena ini trik yang paling ampuh dan sudah dicoba pada beberapa perangkat. Yaps! sebenarnya masalah notifikasi telat masuk, baik itu Whatsapp, gmail atau sejenisnya disebabkan karena Sinkronisasi tidak aktif.

Secara singkat, fungsi sinkronisasi untuk whatsapp adalah agar mendapatkan update terbaru, yaitu berupa pesan atau panggilan yang masuk, jadi jika ini tidak diaktifkan, maka pesan whatsapp tidak masuk jika tidak dibuka.

Untuk cara mengaktifkannya sangatlah mudah, sebagai contoh Admin menggunakan ponsel xiaomi, perhatikan tutorial dibawah ini:

  • Pertama, buka pengaturan pada ponsel Android Xiaomi Anda.
  • Kemudian klik menu dengan tulisan “Sinkron”
  • Lalu cari aplikasi Whatsapp atau lainnya yang ingin disinkronkan, lihat gambar dibawah ini:
pesan whatsapp tidak masuk jika tidak dibuka
  • Klik aplikasi Whatsapp, lalu klik tiga titik ditengah bawah, dan pilih opsi “Sinkronkan sekarang”
pesan whatsapp tidak masuk jika tidak dibuka
  • Agar tidak ribet, Anda bisa mengaktifkan sinkronisasi otomatis, yaitu di Pengaturan > Sinkron > Aktifkan Sinkronisasi Otomatis.

Artikel lainnya: Cara Melihat Pesan Whatsapp yang Sudah Dihapus

Bagaimana tutorialnya, mudah bukan? seharusnya, hanya dengan mengikuti cara ini masalah pesan whatsapp yang telat masuk akan segera teratasi, tapi jika tidak berhasil, Anda bisa mencoba trik lainnya dibawah ini:

2. Izinkan Whatsapp Berjalan di Latar Belakang

Memang sih, semakin sedikit aplikasi yang berjalan dibelakang bisa bikin baterai ponsel menjadi lebih tahan lama, tapi, ada tapinya nih, dampak negatifnya adalah semua aplikasi yang tidak berjalan dilatar belakang tidak akan memberikan notifikasi jika tidak dibuka, termasuk whatsapp.

Penyebab lainnya kenapa pesan whatsapp telat masuk adalah karena Anda menginstall aplikasi pembersih RAM, penghemat baterai atau penambah performa Android, aplikasi sejenis ini dapat membatasi aplikasi lainnya yang berjalan dilatar belakang.

Jadi Anda harus tahu dampak negatif menginstall aplikasi sejenis itu, tapi tenang saja, Anda bisa mengizinkan whatsapp untuk berjalan dilatar belakang, ikuti cara berikut ini:

Artikel lainnya: Cara Mengatasi Whatsapp Web Error Tidak Bisa Dibuka

  • Pertama, buka pengaturan > aplikasi terinstall > pilih aplikasi whatsapp.
  • Kemudian klik opsi dengan tulisan “perizinan lainnya” seperti gambar berikut ini:
pesan whatsapp tidak masuk jika tidak dibuka
  • Terakhir, centang opsi “mulai di latar belakang”, selesai.

3. Izinkan Whatsapp Berjalan di Latar Belakang

Trik yang ketiga ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, Anda hanya perlu membuka pengaturan > aplikasi terinstall > kemudian pilih aplikasi whatsapp, lalu klik opsi dengan tulisan “Batasi penggunaan data” dan terakhir centang pada bagian Wifi dan Data seluler.

pesan whatsapp tidak masuk jika tidak dibuka

4. Nonaktifkan Penghemat Baterai

Pada beberapa perangkat Android, sudah terdapat fitur penghemat daya, dimana ketika kita mengaktifkannya, kecerahan layar, animasi dan hal lainnya yang berhubungan dengan daya baterai akan dibatasi, termasuk aplikasi yang berjalan dilatar belakang juga akan dibatasi.

Karena, semakin banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang, berarti penyimpanan RAM akan semakin sempit, inilah yang menyebabkan baterai cepat habis, handphone lemot dan mudah hang, jadi cara kerja penghemat baterai salah satunya adalah membatasi itu.

Dampaknya, notifikasi akan telat masuk, hanya masuk ketika aplikasi tersebut dibuka, termasuk Whatsapp, jadi bagi Anda yang mempunyai kebiasaan menyalakan penghemat daya, kami sarankan untuk menonaktifkannya, atau aktifkannya diwaktu tertentu saja, karena ini cukup mengganggu.

Artikel lainnya: Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Kirim File Foto & Video

Sekian artikel yang sudah kami buat mengenai solusi pesan whatsapp tidak masuk jika tidak dibuka, jangan lupa untuk membaca dan membagikan artikel menarik di Inovatifku, terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

[Berhasil!] Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Tanpa Arsip

Sampai saat ini Whatsapp masih menjadi aplikasi chatting favorit orang banyak, bisa dibilang tingkat keamanan pesannya pun cukup tinggi, namun tetap saja pesan pribadi...
Tengku Fauzi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *