Properti Dalam Tari Saman Yang Wajib Ada

Apa itu properti dalam tari saman? Seperti yang kita ketahui jika sudah membicarakan soal tari pasti membutuhkan perlengkapan yang biasa disebut properti yang menjadi pelengkap saat acara tari berlangsung dan bisa membuat tari menjadi lebih menarik, real dan menambah nilai estetis dalam gerakan dan yang lainnya, nah banyak properti yang harus digunakan dan wajib ada, seperti pada tari saman, merak, jaipong, kecak dan yang lainnya, lalu apa saja properti tari saman?
Pada dasarnya sebuah tarian tentunya harus memiliki ciri khas yang menonjol, misalkan tari saman, merak atau jaipong harus mengandung ciri khas dari daerah asal tari tersebut dibuat, nah salah satu cara untuk memunculkan ciri khasnya adalah dengan menambahkan pelengkap tertentu ( properti ) yang memiliki makna berbeda beda.
Properti Dalam Tari Saman
Pertunjukan tari tanpa dilengkapi properti rasanya kurang menarik dan mengandung ciri khas tertentu, tidak bisa dibilang tari kalo tidak dilengkapi dengan perlengkapan dan properti, seperti tari piring maka harus menggunakan piring bukan? Tari merak menggunakan properti yang dibuat seperti mirip sayap burung merak yang indah, nah semua ini memiliki makna masing masing, jadi properti itu wajib ada dalam sebuah tarian seperti saman.

Pengertian Properti Tari

Ada baiknya kita mengetahui dulu apa sih yang dimaksud dengan properti dalam tari? Properti adalah sebuah barang pelengkap yang dibuat bisa menyerupai tubuh hewan, benda atau yang lainnya sesuai makna yang terkandung dan masih berkaitan dengan tari yang ingin ditampilkan.
Jadi kesimpulannya properti tari adalah sebuah benda dan alat yang nantinya digunakan untuk sebagai pelengkap dalam acara tari, adapun tujuannya adalah untuk menambah nilai keindahan dan menyampaikan pesan dari makna makna dari properti yang digunakan tersebut, jadi ini wajib ada karena ini adalah pelengkap penting dalam pementasan tari.

Sejarah Tari Saman

Menurut wikipedia, tari saman adalah sebuah tarian yang berasal dari sebuah suku yang bernama Gayo dan biasanya dilakukan saat ingin memperingati peristiwa peristiwa tertentu, seperti asalnya, syair yang digunakan dalam tari saman adalah menggunakan bahasa Gayo.
Apakah Anda tahu bahwa tari saman juga sering ditarikan dalam acara memperingati kelahiran sang baginda Nabi Muhammad S.A.W. Tari saman pertama kali dikembangkan oleh seorang yang bernama Syekh Saman, beliau adalah seorang ulama yang berasal dari Gayo.
Setelah mengenal apa itu properti tari dan sejarah tari saman, sekarang kita kembali ketopik utama lagi, nah bagi Anda yang masih belum tahu properti apa saja sih yang ada dalam Tari saman itu? Nah untuk mengetahuinya yuk simak artikel ini sampai selesai.

Properti Dalam Tari Saman

Ada beberapa perlengkapan tari saman yang harus Anda ketahui, biasanya pertanyaan ini muncul disoal ulangan smp  atau bahkan SMA juga bukan tidak mungkin akan muncul pertanyaan sama seperti ini, Nah Admin akan bantu menjawabnya, berikut daftar propertinya:

1. Ikat Kepala

Ikat kepala adalah hiasan pada tari saman yang biasanya digunakan oleh penari laki laki dan cara penggunaannya adalah dengan melilitkan kain melingkar pada kepala penari laki laki.

2. Busana

Busana atau pakaian dalan tari saman terdiri atas bawahan berupa celana atau sarung yang wajib ada sebagai pelengkap saat pementasan tari.

3. Alat Musik

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, tarian saman identik dengan agama islam, nah alat musik yang biasa menjadi pelengkap dalam tarian ini adalah rebana yaitu salah satu alat musik khas islam yang mengidentikan budaya islam di timur tengah.

4. Jilbab

Atau penurup aurat ( rambut ) digunakan oleh penari wanita yang mengidentikan bahwa mereka adalah muslimah.
Itulah kumpulan properti dalam tari saman yang wajib kita ketahui sebagai pelajar dan warga negara indonesia, properti diatas wajib ada dan pasti ada, Admin akan membahas selain saman, seperti tari merak, jaipong dan yang lainnya pada lain waktu, jadi jangan lupa berkunjung kembali ke blog Tengku Tutorials! Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *