Properti Yang Digunakan Dalam Tari Jaipong

Properti Yang Digunakan Dalam Tari Jaipong – Hallo kawan! Selamat datang di blog Tengku Tutorials! Nah kali ini Admin akan membahas seputar tarian jaipong dan properti apa saja yang digunakan dalam tari jaipong? Banyak sekali tarian yang khas di indonesia, bukan hanya satu atau dua, tapi ada puluhan yang tidak akan Admin sebutkan satu per satu disini, namun Admin akan membahas seputar Tari jaripong dan properti yang digunakannya.
Properti Tari Jaipong adalah segala benda atau alat perlengkapan yang digunakan untuk menjadi kostum atau alat tambahan saat tarian berlangsung dengan tujuan untuk membuat orang yang menonton menjadi lebih tertarik dengan adanya properti properti yang digunakan dan terkadang memang unik, serta dapat menambah ciri khas dalam tarian tertentu, salah satu perlengkapannya adalah pakaian atau kostum yang wajib ada dan memiliki corak yang khas, unik dan istimewa yang nantinya dipakai oleh penari baik itu lelaki ataupun wanita.
Properti Yang Digunakan Dalam Tari Jaipong

Fungsi Properti Tari Jaipong

Sebelum lanjut ke daftar daftar kostum dan perlengkapan lainnya, lebih baik kita mengetahui dulu nih sebenarnya apasih tujuan properti itu digunakan dan apakah ada fungsinya atau sekedar hanya untuk hiasan saja? Tentunya penggunakan alat dan kostum tambahan tidak hanya sebagai hiasan saja, itu juga memiliki fungsi masing masing, diantaranya seperti yang Admin sebutkan sebelumnya, yaitu dapat menambah daya tarik penonton yang melihatnya serta dapat membuat ciri khas pada tarian tertentu dengan properti yang berbeda beda dan sudah dirancang sebelumnya biasanya memiliki makna tertentu yang terkandung didalamnya.

Sejarah Tari Jaipong

Tentunya tarian ini memiliki sejarah, Jaipongan berasal dari provinsi jawa barat , didalam tariannya tersebut mencampurkan beberapa seni tradisional lainnya seperti pencak silat, ketuk tilu, wayang golek dan seni yang lainnya, tarian ini biasanya ditampilkan saat ada tamu besar atau acara festival lainnya seperti acara kebudayaan daerah.
Tari jaipong sering disebut banyak orang dengan kata ” Jaipongan ” biar nggak ribet jadi sering dibilang begitu, nah sebenarnya tarian ini bukanlah tarian yang sudah lama, namun masih dibilang tari baru yang diciptakan oleh jiwa seni H. Suanda yang berasal dari daerah karawang.
Perkembangan tari jaipong awalnya melalui media video ( CD ) dengan nama yang tidak asing lagi yaitu ” Suanda Grup ”  dan tari jaipong mulai dipopulerkan sejak tahun 1976, karena masih zaman yang jadul, waktu itu tarian ini masih menggunakan instrument musik yang sederhana sebagai penggiringnya, seperti, Gong, Rebab, Sinden dan yang lainnya. Tak sampai disini, tari jaipongan ini mulai dikembangkan lagi oleh seorang seniman bernama Gugum Gumbira yang mengenalkan kepada masyarakat bandung dengan tujuan memberi tahu tarian asal karawang kepada semua masyarakat bandung.

Gerakan Dalam Tari Jaipong

Ada beberapa gerakan yang harus di lakukan pada saat menari jaipongan, hanya ada 4 gerakan saja yaitu gerak bukaan, gerak pancungan, gerak ngala dan gerak mincit. Gerak Bukaan adalah gerakaan yang pertama kali dilakukan saat tarian dimulai dengan memainkan slendang yang ada dilehernya.
Gerak Pancungan adalah gerakan yang dilakukan dengan sangat cepat dan diiringi instrument musik dengan tempo musik yang cepat pula. Gerakan  Ngala adalah gerakan patah patah yang dilakukan sebelum melakukan gerakan pancungan atau gerakan yang dilakukan secara cepat.
Yang terakhir adalah Gerakan Mincit yang memiliki pengertian yaitu sebuah gerakan transisi atau perpindahan yang dilakukan setelah penari melakukan gerakan Ngala atau patah patah. Nah jadi ada empat gerakan dalam tari jaipong yang harus kita ketahui, dan diatas adalah penjelasan singkatnya.

Properti Yang Digunakan Dalam Tari Jaipong

Setelah mengenal asal usul, fungsi properti tari jaipong dan gerakan gerakan yang harus dilakukan, sekarang Admin akan memberi tahu apa saja sih perlengkapan yang harus ada saat ingin tampil diatas panggung dengan tarian jaipong? Yuk simak apa saja kostum dan perlengkapan lainnya…

1. Sinjang

Sinjang adalah salah satu perlengkapan dalam jaipongan yang termasuk kedalam kelompok Kostum yang memang harus digunakan oleh setiap penari, sebenarnya pakaian atau kostum pada tari jaipong sangatlah beragam dan dirancang dengan berbagai kreasi yang berbeda beda, selain memakai pakaian yang hampir mirip dengan daster, penari jaipongan juga menggunakan celana panjang, dan yang dimaksud Sinjang adalah celana panjang ini.

2. Sampur

Sampur tidak asing lagi bagi orang yang sering melihat penampilan panggung tari jaipong, namun bagi Anda yang belum pernah melihat langsung pasti kebingungan dan bertanya tanya apasih yang dimaksud sampur itu? Lalu bagaimana bentuknya? , nah Sampur bisa dikatakan juga Slendang yang biasanya dipakai dengan cara diikatkan ke leher para penari, dan terbuat dari bahan kain yang panjang, sampur juga biasanya sering dipakai oleh wanita jawa, sudah bisa membayangkan?
Jika tidak ada sampur maka tidaklah lengkap, karena ini adalah salah satu properti kostum yang harus dan wajib ada atau perlengkapan utama dalam jaipongan, kostum ini sangat penting karena dapat menimbulkan efek gemulai saat penari mulai melakukan gerakan gerakannya yang membuat para penonton lebih puas dan menikmati tarian itu.

3. Apok

Selain sampur, ada kostum lainnya yaitu Apok atau kostun yang biasa disebut bagian atas para penari, hampir mirip seperti kebaya, Apok juga sama seperti baju baju biasa yang dipakai banyak orang dengan dilengkapi kancing, namun pada pakaian apok ini ditambah hiasan hiasan seperti bunga yang dibordir dan diletakkan dibeberapa sudut pakaian tari jaipong ini.
Ada tiga ( 3 ) properti yang digunakan dalam tari jaipong, semuanya adalah kostum yang menjadi salah satu hal penting yang menciptakan daya tarik penonton dan menambah keindahan tari jaipong ini. Nah tari ini ditampilkan bukan tanpa tujuan, sebenarnya ada tujuan dari tari jaipongan. Apa saja tujuannya? Yuk simak artikel dibawah ini:

Tujuan Tari Jaipong

Ada beberapa tujuan dari jaipongan yaitu menjalin media komunikasi pada individu dengan individu atau kelompok dengan kelompok dan menjadi salah satu wahana untuk menghibur masyarakat asing yang datang dari luar negeri ke indonesia sembari mengenalkan kebudayaan kebudayaan dan tarian yang ada di indonesia dan sebagai media hiburan untuk masyarakat yang menontonnya.
Sekian artikel singkat mengenai properti yang digunakan dalam tari jaipong dan beberapa pengertian lainnya seperti sejarah, fungsi, gerakan, tujuan yang ada dalam tari jaipong, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda, jangan lupa baca artikel menarik lainnya hanya di Tengku Tutorials! Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *