Rekening kas desa dan investasi jangka pendek termasuk dalam kelompok apa ?

Rekening kas desa dan investasi jangka pendek termasuk dalam kelompok apa ? Mari kita kupas tuntas dari pertanyaan tersebut. Banyak diantara kita yang salah tafsir terkait rekening kas desa dan investasi jangka pendek. Kedua hal tersebut tentu berbeda, namun juga memiliki kesamaan. Nah kesamaan inilah yang terkadang menimbulkan kesalahan karena 2 hal tersebut berbeda.

Definisi investasi jangka pendek

Investasi jangka pendek merupakan keikut sertaan modal kita yang diharapkan dapat memperoleh manfaat secara ekonomis dalam jangka waktu yang pendek / singakat (kurang dari 1 periode akuntansi). Sedangkan investasi jangka panjang bisa diartikan sama dengan investasi jangka pendek, namun memiliki jangka waktu yang panjang atau lebih dari 1 periode akuntansi.

Nah, maka dari itu investasi biasanya masuk dalam setara kas jika waktu tersebut mendekati jatuh tempo dalam waktu 3 bulan terakhir. Bisa diartikan bahwa setara kas adalah investasi jangka pendek dilakukan dengan komitmen untuk mendapatkan keuntungan.

Rekening kas desa dan investasi jangka pendek tersebut bisa dikategorikan masuk dalam bagian 26428101 . Untuk komposisi kas yang termasuk dalam kas, jika dilihat dari pengertian akuntansi merupakan alat pertukaran yang bisa digunakaan untuk mengembalikan utang / melunasi hutang.

Definisi rekening kas desa

Rekening kas desa merupakan salah satu tempat penyimpanan uang yang dimiliki oleh pemerintah desa. Dibeberapa tempat memang berbeda, karena untuk penyimpanan uang kas pemerintah desa bisa di bendahara atau juga rekening kas desa.

Beberapa jenis kas

Kas itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis

  • Uang tunai / uang kertas ataupun logam
  • Check (check yang status nya belum disetorkan)
  • Giro / Bilyet
  • Money order
  • Bank draft
  • Surat-surat berharga

Catatan kriteria kas

  • Kertas-kertas berharga yang bisa diterima kalangan masyarakat merupakan salah satu pembayaran, namun tidak setinggi nominalnya berarti tidak dapat diklasifikasikan sebagai kas
  • Uang kas yang memiliki keterbatasan penggunanya tidak dapat masuk dalam kategori kas
  • Simpanan di bank luar negri
  • Kas yang memiliki beberapa cabang serta kas kecil termasuk dalam kas

Laporan arus kas

Bagian arus kas sendiri terdiri dari penerimaan dan pengeluaran kas. Laporan tersebut juga disajikan oleh unit yang memiliki fungsi sebagai perbendaharaan (Menurut Par 15 PSAP01). Arus masuk dan keluar ini dikategorikan berdasarkan aktifitas operasi, investasi aset non keuangan, pembiayaan, serta non anggaran. Berikut penjelasan lebih detailnya.

  • Penerima kas merupakan keseluruhan aliran kas yang masuk ke Bendahara Umum Daerah ataupun Negara.
  • Pengeluaran kas merupakan keseluruhan aliran kas yang keluar melalui Bendahara Daerah maupun Bendahara Negara.

Laporan Finansial Keuangan

laporan finansial keuangan merupakan arus masuk dan keluar kas yang dikategorikan berdasarkan aktifitas operasi, pendanaan serta transitoris (Menurut Par 90 PSAP01).

Itulah sediki informasi mengenai rekening kas desa dan investasi jangka pendek termasuk dalam kelompok serta pembahasannya. Semoga tulisan ini bisa menambah sedikit wawasan teman-teman semua. Terima kasih sudah berkunjung.

Tinggalkan komentar