Cara Mudah Reset Speaker Bluetooth yang Error

1 min read

reset speaker bluetooth

Mungkin belum yang banyak mengetahui bahwa speaker bluetooth juga bisa direset ke pengaturan pabrik lho! ini bisa dilakukan jika terjadi kerusakan pada speaker tersebut, khususnya kerusakan pada software, bukan fisik, seperti sering hang maka bisa diperbaiki dengan reset speaker bluetooth.

Belum banyak yang membahas mengenai tutorial seperti ini, sekarang sudah banyak sekali merk speaker bluetooth yang bisa Anda temukan pada toko aksesoris smartphone offline maupun online, speaker bluetooth bisa didapatkan dengan harga yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai raturan ribu rupiah tergantung kualitas.

Alasan kenapa harus reset speaker bluetooth adalah jika mengalami masalah kerusakan seperti hang ketika sedang mendegarkan lagu, speaker bluetooth yang tidak bisa dicharger, atau bahkan baterai yang cepat habis padahal sebelumnya tidak seperti itu, ada beberapa cara untuk kembali kepengaturan pabrik.

Cara Reset Speaker Bluetooth yang Error

Penyebab speaker bluetooth error salah satunya adalah salah menekan tombol, karena ada beberapa speaker bluetooth yang dilengkapi dengan banyak tombol yang memiliki fungsinya masing-masing, jika salah tekan bisa saja masuk kemenu pengaturan yang membuat speaker menjadi error.

Dibawah ini ada dua cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi speaker bluetooth yang error, agar tidak salah paham, kami sarankan untuk membaca artikel ini sampai selesai ya!

Cara Pertama Reset Speaker Bluetooth

  • Pertama, Anda harus mematikan terlebih dahulu speaker bluetoothnya.
  • Kemudian, silakan tekan dan tahan tombol power selama 3-7 detik (jangan dilepas)
  • Setalah 7 detik, lepas tombol power lalu tunggu beberapa saat.
  • Terakhir, silakan coba untuk mengaktifkan speaker bluetooth kembali.

Anda bisa mencoba untuk menghubungkan speaker tersebut ke HP atau laptop dan mencoba untuk menyalakan lagu, jika masalah hang, tidak bisa dicharger atau baterai boros yang sebelumnya dialami sudah tidak ada, berarti cara yang pertama ini berhasil, tetapi jika tidak ada perubahan, Anda bisa mencoba tutorial kedua dibawah ini:

Cara Kedua Reset Speaker Bluetooth

  • Pertama, silakan matikan terlebih dahulu speaker bluetoothnya.
  • Biasanya, akan ada tombol kecil didekat port usb yang berfungsi untuk masuk ke reset pabrik, silakan cari lubang kecil itu, lalu tekan dengan menggunakan jarum atau benda kecil lainnya.
  • Sampai disini, seharusnya speaker sudah berhasil direset.
  • Terakhir, coba untuk melakukan test pada speaker bluetooth tersebut.

Baca juga: Cara Reset OPPO A37 dengan Mudah

Nah jika kedua cara diatas belum berhasil juga, kemungkinan besar masalahnya ada pada komponen hardware yang rusak, atau cacat pabrik, jika masa garansi masih berlaku, kami sarankan Anda untuk mengklaim garansi tersebut agar bisa segera diperbaiki atau bahkan diganti dengan speaker bluetooth yang baru.

Cukup sekian artikel singkat mengenai cara reset speaker bluetooth yang error, kesimpulannya, cara ini tidak bisa dilakukan untuk semua kerusakan yang terjadi pada speaker bluetooth, tetapi hanya beberapa saja. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di Inovatifku, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *