10 Skill Data Entry Yang Harus Anda Kuasi

Skill Data Entry – Data di dunia bertumbuh sangat pesat, bahkan dunia bisnispun menjadi tempat pusat dari berbagai data di berbagai penjuru dunia.

Ini kesempatan yang lebar untuk anda yang sudah menguasi skill data entry, karena banyak sekali lowongan lowongan yang membutuhkan data entry di masing-masing peerusahaan.

Ini di buktikan ketika anda mengetik di pencarian google dengan kata kunci “Lowongan data entry” itu sekitar 1 juta lebih post artikel lowongan yang berkaitan denan data entry.

Dengan banyaknya lowongan data entry anda juga harus bersaing dengan kandidat lain untuk dapat bekerja di data entry, baik di perusahan besar maupun perusahan kecil.

Pekerjan data entry juga banyak di cari oleh banyak freelancer atau bisa di katakan pekerjan tambahan untuk para senior data entry, karena pekerjaan data entry ini dapat memudahkan pekerjan adminstrator.

Apa yang membuat pekerjan Spesialis Data Entry sangat bagus, karena dalam spesialis data entry mempunyai cakupan yang sangat luas yang berisi kompetensi, tanggung jawab, kemampuan, dan pemahaman.

Wajar saja jika perusahan mempunyai spesialis data entry bisa di pastikan dapat memangkas biyaya dalam adminstrasi dan keefiktifan kinerja dalam perusahan tersebut.

Sebelum membaca lebih dalam tentang skill yang harus di kuasi oleh data entry, anda harus tahu terlebih dahulu apa itu data entry :

Apa Itu Data Entry ?

Data entry adalah sebuah proses memasukan data dan memperbarui data ke dalam formulir elektronik, website atau database perusahaan. Dengan bekerja sebagai data entry anda perlu memahami perangkat keras untuk membantu nya seperti komputer, laptop, bahkan hp atau smartphone anda.

Pekerjan data entry ini juga berfariasi, seperti : memperbarui akun pelanggan, memindai dokumen untuk di simpan dalam file, menemukan informasi, mengedit dokumen, dan masih banyak lagi.

Tentunya pekerjan data entry tergantung yang di butuhkan di masing-masing perusahan, jadi wajar saja jika pekerjan di satu perusahan dan di perusahan lain berbeda.

Jika anda beranggapan menjadi data entry adalah pekerjan yang sangat membosankan, tentunya admin berkata tidak, karena peran dari data entry ini sangat fital karena membantu banyak sektor seperti pemasaran, analis, dan pengambilan kontak atau informasi dari konsumen atau target pasar kita.

Oleh karena itu sebagai entry data kita harus terampil, cekatan dan memenuhi syarat untuk melakukan pekerjan yang di butuhkan masing-masing perusahaan.

Oleh sebab itu admin akan memberikan sedikit gambaran tentang skill dari data entry, disini kami mengambil data dari teman kampus yang sudah bekerja sebagai data entry, baik di perusahan maupun sebagai freelancer.

Berikut tentang Skill Yang Harus di Kuasi Untuk Menjadi Expert Data Entry. Baca baik-baik ya !

10 Skill Data Entry Yang Wajib Anda Kuasai

1. Mengtik Cepat dan Tepat

Tidak dipungkiri lagi jika mengetik cepat sangat di perlukan oleh banyak karyawan di perusahaan, khususnya data entry kearena kita akan menulis ulang data atau memasukan data dari data 1 ke data yang lain.

Jika anda tidak menguasi skill mengetik cepat maka kinerja anda sangat menurun dan kurang efektif. Jika perusahan menginginkan anda mengetik 300 kata dalam 5 menit anda hanya mendapatkan 200 kata saja.

Untuk menguasai skill ini anda harus benar-benar sering yang namanya mengetik atau membuat cerita dengan mengetik cepat. Oh ya pastikan perangkat yang anda gunakan juga memberikan kenyamanan ya.

Seperti keyboard yang anda gunakan untuk mengetik harus nyaman, ketika keyboard tidak nyaman bisa di pastikan akan menghambat kinerja kalian dalam mengetik cepat dan tepat.

2. Menguasai Program Aplikasi Yang Di Gunakan

Mungkin anda berfikir jika anda bekerja di data entry hanya berkutat di program aplikasi excel atau word saja, tentunya itu tidak benar. Sebenrnya buka cuma itu saja yang harus anda kuasi untuk menjadi data entry

Semua tergantung kebijakan perusahan, intinya aplikasi yang digunakan untuk mengelola data entry setiap perusahan berbeda beda, tapi tidak jauh dari aplikasi Pengolah kata, angka, database, dan cloud computing.

Jadi kemampuan dalam menguasi program aplikasi baru sangat di perlukan untuk anda yang ingin bekerja menjadi data entry di perusahaan.

3. Ketrampilan Komunikasi Berbicara dan Tertulis

Keterampilan berikutnya yang harus anda kuasai untuk menjadi data entry adalah kemampuan komunkiasi baik secara langsung atau berbicara ataupun tertulis.

Kemampuan tertulis termasuk ejaan dan kesalahan typo menjadi sangat di perhitungkan di dalam pengerjan data entry, dengan kualitas ketepatan data yang di inputkan membuat kesalahan makin tidak ada.

Sebagai spesialis data entry yang bekerja dengan teks dan informasi, anda tidak boleh memberikan kesalahan ejaan dan tata bahasa yang ceroboh.

Justru anda harus lebih banyak lagi dalam menambah kosa kata, dalam mengimplemntasikannya.

Selain itu, anda juga di tuntut untuk lebih dalam kemampuan berintraksi tambah kosa kata dengan rajin-rajin membaca dan mencari referens, karena anda akan di hadapakn dengan anggota tim, atasan atau pelanggan.

4. Mengoprasikan Peralatan Kantor

Dengan menjadi data entry anda tidak boleh tabu dengan peralatan kantor ini, karena dapat menunjang produktifitas kinerja dalam pengelolan data entry.

Apa lagi pasti banyak sekali kantor yang sudah melengkapi peralatan standar yang semakin modern untuk menunjang produktifitas kinerja perusahaan.

Peralatan Kantor Tambahan :

  • Print dan Scanner
  • Mesin Foto Copy
  • Mesin Ketik

5. Keterampilan Organisasi dan Manajemen Waktu

Sebagai seorang data entry anda di haruskan mengerjakan pekerjan yang banyak dengan waktu yang lebih singkat. Dari sinilah kemampuan menejemn waktu dan kemampuan berorganisasi mu di perlukan.

Keahlian berorganisasi dengan baik mampu memproritaskan mana hal yang di dahulukan terlebih dahulu mana yang di kerjakan nanti.

Dengan adanya kemampuan menejemn waktu anda juga bisa memilih pekerjan yang di kerjakan terlebih dahulu mana yang di kerjakan nanti.

6. Keterampilan Dasar Penelitian dan Pengumpulan Data

Menjadi spesialis data entry di haruskan untuk mempunyai skil pengumpulan data, baik data yang belum jadi dan di olah menjadi data yang sudah jadi.

Bukan cuma pengumpulan data saja anda juga di wajibkan untuk mempunyai pengetahuan dasar penelitian yang cukup dan anda juga wajib mengembangkan.

Karena permintaan akan data juga bervariasi maka data entry disini di wajibkan untuk mengetahui atau meneliti mana data yang cocok dan data yang tidak relevan.

Apa lagi jika data itu berkaitan dengan riset data yang di lakukan untuk kemajuan perusahan, anda harus hati-hati dalam mengolah data tersebut.

7. Pengetahuan Dasar Struktur Basis Data

Jadi data entry harus paham struktur basis data, ya jawaban yang tepat. Anda di wajibkan mengetahui bagaimana mengolah data dengan struk basis data.

Baik DDL, DML, dan DDL itu struktur dasar yang harus anda kuasi terlebih dahulu dalam basis data sebelum mengetahui lebih dalam tentang data entry.

Tenang saja kami juga sudah membuat artikel tentang, Perintah dan Struktur Dasar Basis Data SQL Lengkap dengan Contohnya

Dengan anda memahami struktur basis data membuat pengolahan data entry makin cepat selesai, apa lagi sudah paham dengan model dan jenis yang di inginkan perusahan maka akan lebih cepat lagi.

8. Akurasi

Database harus selalu benar benar akurat, seperti yang anda ketahui database adalah kumpulan dari banyak data, jadi anda tidak boleh salah sedikit pun dalam membuat database.

Jika ada satu kesalahan dalam penginputan data bisa jadi data yang anda inputkan error atau tidak bisa di akses. Tentunya memperbaiki data yang error akan lebih susah dari pada membuat data lagi kan.

Jadi harus teliti dan hati-hati ketika ingin menjadi spesialis data entry.

9. Perhatikan Detail

Detail sekecil apapun anda harus perhatikan, bisa jadi data yang anda inputkan salah atau mengalami error karena anda tidak memperhatikan hal-hal sekecil ini.

Fokus ini merupakan hal yang sangat menjengkelkan tapi bisa anda latih dengan beristrahat yang cukup dan hindari hal hal yang membuat anda tidak fokus dalam pengerjaan.

Secara alami, pekerjaan entri data melibatkan perhatian tinggi terhadap detail. Ini memungkinkan Anda untuk bekerja lebih baik dan meminimalkan risiko kesalahan.

Perusahaan dari semua industri menghargai dan membutuhkan kekuatan yang berorientasi pada detail, terutama di bidang data.

10. Ketrampilan Kerjasama Tim

Tidak masalah jika Anda bekerja di kantor atau Anda berada di posisi jauh yang bekerja online dari rumah. Anda adalah bagian dari tim. Semakin Anda berorientasi pada kerja tim, semakin efektif pekerjaan Anda.

Setiap perusahaan mengharapkan karyawan menjadi pemain tim.

Contoh terbaik dari keterampilan kerja tim termasuk keterampilan mendengarkan, komunikasi yang tegas, menghargai orang lain, membantu mereka, berbagi, kesediaan untuk melihat sudut pandang yang lain dan lain-lain.

Daftar keterampilan dan kompetensi untuk menjadi data entry lainnya :

  • Keterampilan mengetik yang baik
  • Kemampuan membaca, memahami, dan mengikuti instruksi
  • Kemampuan untuk menerjemahkan informasi penting untuk dimasukkan ke dalam perangkat lunak basis data
  • Memahami prosedur transkrip
  • Menganalisis informasi
  • Penyortiran informasi
  • Kerahasiaan
  • Sumber persiapan data
  • Eliminasi informasi yang digandakan
  • Keterampilan pemecahan masalah dan dokumentasi yang efektif
  • Ketrampilan mengoperasikan keyboard alfanumerik
  • Keterampilan berhitung
  • Motivasi diri

Jika ada kemampuan yang lainnya yang belum admin sebutkan silahkan di tulis di komen yah supaya admin juga update dan artikel ini bisa lebih bermanfaat lagi.

Terimakasih share artikel ini !! dan jangan lupa baca artikel yang lain tentang freelance yah !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *